Ngaku Doyan Kurma? Yuk, Kenali Manfaatnya

manfaat kurma


Sepertinya pertama kali mengetahui ada kurma waktu saya SD dan ikut les mengaji di TPA yang cukup besar di Jember. Saat bulan puasa, di tempat mengaji saya, semua muridnya diberi bungkusan takjil dan salah satu isiannya ada kurma. Waktu pertama kali melihat kurma, saya ragu mau makan hahaha. Mungkin saya kira agak aneh gitu rasanya.

Sampai gede seperti sekarang ini, bisa dibilang saya hampir nggak pernah makan kurma. Pernah icip sekali aja karena penasaran. Kalau orang tua ngobrolin soal kurma, saya auto roaming. Awalnya saya mengira kalau jenis kurma ya hanya ada satu macam aja, ternyata perkiraan saya salah. 

Kenali Jenis Kurma 
Kurma yang dijual di pasar Indo ternyata banyak juga, ini nih beberapa diantaranya yang cukup terkenal :

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa sendiri merupakan salah satu jenis kurma favorit, karena memiliki banyak manfaat. Seperti membantu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung dan diabetes mellitus.

Kurma yang pada umumnya berwarna hitam pekat ini juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita supaya selalu bugar tiap hari. Tapi memang sepengaruh itu ya, teman saya ada yang ketika berpuasa dan memilih untuk sahurnya dengan kurma. Katanya sih tahan banget buat nahan lapar.

Kurma Safawi
Kurma Safawi ini pas banget buat dikonsumsi saat Ramadan seperti sekarang. Tekstur yang dimiliki kurma Safawi ini seperti daging dan memiliki rasa yang sangat manis. Kurma jenis ini dibudidayakan di Madinah dan dikenal karena khasiat penyembuhannya.

Kurma Mazafati
Untuk kurma Mazafati mempunyai daging yang sangat lembut ketika dimakan dan memiliki rasa manis lumayan banget. Kurma Mazafati ini berasal dari Iran dan dapat membersihkan perut kita dari beberapa bekas makanan agar perut dapat kembali berfungsi maksimal.

Kurma Barhi
Barhi atau disebut juga barhee merupakan jenis kurma yang paling terkenal. Biasanya memiliki daging yang tebal dan kaya rasa. Dan jenis kurma ini konon katanya lebih enak dimakan saat fresh daripada dikeringkan.

Manfaat Kurma
Hayo selain saya siapa yang masih suka skip makan kurma hehehe. Ternyata makan kurma memiliki banyak manfaat seperti :

1. Mengandung Antioksidan
Antioksidan punya peranan yang besar dalam sel tubuh dari radikal bebas. Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam kurma adalah Flavonoid, Karotenoid dan Asam Felonik.

Flavonoid adalah antioksidan kuat yang bisa membantu mengurangi peradangan dan dinilai mampu mengurangi resiko diabetes, Alzheimer dan kanker. Sementara, Karotenoid dan Asam Felonik mampu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Tinggi serat
Yang nggak disangka-sangka, ternyata kurma adalah salah satu buah dengan kandungan serat terbaik. Kandungan serat yang ada pada kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Pada saat kita mengkonsumsi kurma, serat di dalamnya bekerja dengan memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

3. Meningkatkan kesehatan otak
Yuhuu, siapa coba yang pengen pinter. Lah apa hubungannya sama kurma? Ada guys.

Konsumsi kurma dapat membantu menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak yang pada gilirannya mampu mencegah penyakit Alzheimer. 

Nahh, sudah tahu manfaat dari mengkonsumsi kurma kan. Kira-kira akan dijadikan santapan tiap hari atau gimana nih teman-teman?

Comments

  1. tahunya mmalah kurma ajwa aja mba yang lainnya aku jarang nemuin, di rumah adanya yg medjool paling aku suka ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku malah nggak paham jenis kurma, aku liatnya kayak sama semua gitu mbak
      wahh di rumah mba Herva selalu sedia kurma ya mbak

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang