5 Kegiatan Bermanfaat di Bulan Ramadan

kegiatan bermanfaat bulan puasa


Apakah kegiatan teman-teman selama bulan Ramadan dan hari biasa sama aja atau malah tambah sibuk?

Kalau saya kok rasanya sama aja ya. Untuk kegiatan sehari-hari nggak ada perubahan istimewa, dari hari Senin sampai Jumat aktivitas berangkat ke kantor juga masih berlangsung seperti biasa. Malam hari disambi ngeblog atau mengerjakan PR lain yang belum sempat dikerjakan. Hanya saja, sejak covid acara keluar rumah sedikit berkurang, nongkrong juga sesekali aja, itupun kalau ada ajakan dari sohib.

Selama memasuki bulan Ramadan tahun ini, saya pribadi memang mempunyai beberapa target keinginan atau hobi yang ingin dilakukan, harapannya management waktu juga masih bisa dilakukan dengan seimbang antara bulan Ramadan dan hari-hari sebelum memasuki bulan Ramadan.

Tentunya kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di bulan puasa sekarang ini yang sifatnya positif ya hehehe.

1. Lebih Rajin Belajar Agama
Saya sendiri kalau mengaji selama ini bisa dibilang nggak rutin, mungkin semaunya aja. Kali ini diusahakan bisa membaca Al-Quran lagi meskipun ya masih nggak tiap hari juga. Selain itu ada doa-doa yang memang saya nggak hapal, pengennya di waktu senggang, saya juga bisa membagi waktu antara pekerjaan lain dengan menghafal doa-doa.

2. Konsisten Membaca 
Yang saya inginkan disini adalah konsisten membaca buku, sering perpanjang aplikasi langganan e-book tapi dibacanya nanti-nanti aja hahaha. Inilah akibat nggak konsisten sama pendirian diri sendiri hehehe.

Tapi, kalau urusan membaca majalah, saya malah lebih cepat dibanding membaca buku tebal. Kalau majalah, sehari bisa selesai. Kalau buku, kudu diniatin betul kalau nggak mau selesai nggak sampai seminggu.

3. Update Tulisan Terbaru
Beberapa bulan terakhir ini agak susah untuk menepati plan blog yang saya targetkan. Banyak molornya, akhirnya lebih mengarah ke “biarkan mengalir aja”. Tapi diusahakan untuk selalu Blogwalking ke rumah teman-teman blogger, silahturahmi gitu. 

Dengan ikutan komunitas blogger, saya jadi tahu ternyata masih banyak blog dari teman-teman blogger yang belum saya ketahui. Saya jadi bertanya-tanya sendiri, di Indonesia ini ada berapa juta blogger yak, buktinya belum semua blogger pernah saya ketahui.
Seneng aja kalau main ke rumah teman-teman blogger, saya jadi merasa banyak kenalan di pelosok negeri ini. Meskipun belum pernah ketemu langsung, tapi sudah berasa kenal lama aja.

4. Rutin Berbagi
Seperti biasa di bulan Ramadan ini nggak melupakan untuk mengurus soal zakat. Keinginan saya yang lain yaitu berbagi di hari Jumat dengan membagikan konsumsi di masjid. Sebenarnya keinginan ini sudah ada dari lama dan pengennya nggak hanya dilakukan di bulan Ramadan aja.

5. Lebih Dekat dengan Keluarga
Saya ini kalau urusan silsilah keluarga besar dari Ibu atau Bapak memang nggak hapal. Sudah dijelasin berkali-kali ya masih suka nggak hapal juga hahaha.

Silsilah yang bikin nggak hapal bukan dari saudara kandung orang tua, tapi dari saudaranya nenek, sepupunya nenek, besannya nenek. Nah lho panjang kan. Sampai di grup keluarga buesar pun, saya masih nggak ngeh nama ini itu bude dari anaknya siapa. Saking panjangnya silsilah keluarga.

Kalau urusan silahturahmi ke saudara-saudara jauh, saya kasih jempol buat orang tua saya yang kadang naik motor dari Jember ke Nganjuk, Kediri, Jombang,  dimanapun itu biar bisa kumpul sama sepupu-sepupunya itu. Kalau saya malah nggak pernah di usia yang gede seperti sekarang berkunjung ke rumah saudara jauh yang sama sekali belum pernah ketemu.

Pengennya, sedikit-sedikit bisa hapal silsilah keluarga dan berkunjung juga ke rumah saudara secara langsung. Memang karena pandemi 2 tahun ini, keluarga saya jarang banget keluar kota kalau nggak ada acara tertentu. 

Semoga saya bisa memenuhi 5 keinginan tersebut dan pastinya lagi-lagi kuncinya kudu konsiten. 

Comments

  1. Semangat, Mbak Ainun! Semoga bisa konsisten! 💪🏼💪🏼💪🏼

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang