Hobi, Just Do It

hobi



Siapa yang dulu waktu sekolah sering tukeran biodata sama teman-teman sekolahnya?

Tulisannya simple biasanya, seperti nama, alamat, tanggal lahir, kata-kata mutiara, hobi.
Dari zaman saya duduk di bangku SD, setiap ada biodata yang meminta apa hobi saya, jawabannya selalu itu dan itu saja, membaca.

Memang dari kecil bahkan SD bacaannya selalu Bobo, beli komik, beli buku cerita rakyat. Jadi yang saya tahu kalau hobi saya itu membaca. Zaman sekolah masih belum paham istilah traveling. Maklum ya, waktu SD masih belum ada pelajaran bahasa Inggris. Oya, saya juga nulis kalau hobi saya filateli. Dulu sering banget kirim surat ke teman-teman baru yang alamatnya didapatkan dari majalah. Random aja. Dari sini malah suka koleksi perangko-perangko. Eits kalau sekarang sudah nggak lagi, album filatelinya juga sudah hilang.

Sampai sekarang pas sudah gede begini, kalau diminta untuk mengisi biodata dan dibagian “hobi” saya akan menulis kalau hobi saya membaca dan traveling. 
Koleksi buku, majalah, komik dari saya SD kalau dikumpulkan sampai sekarang, pasti sudah menuhi lemari. Beberapa majalah favorit malah ada yang dibuang adik tanpa sepengetahuan saya. 

Ada yang tahu buku tokoh dunia yang ada di Gramedia? 

Nah saya dulu suka membaca komik toko dunia, seperti Marie Curie. Dengan membaca serial tokoh-tokoh dunia, saya jadi membayangkan kalau perjuangan mereka dulu luar biasa sekali untuk bisa mendapatkan Nobel Dunia.

Buku-buku lain yang sering saya beli yaitu cerita rakyat. Entah sudah punya berapa banyak buku. Membaca buku bergenre seperti ini, membuat saya antara percaya dan nggak percaya “ini cerita beneran ada nggak ya”.

Ada lagi buku yang bisa dibilang penting nggak penting, saya dulu suka membeli buku seperti biography artis cilik. Tahun 90-an pamor artis cilik kan lagi ramai banget tuh, saya beli buku di Gramedia yang khusus menceritakan biodata dan perjalanan karir mereka. Sampai segitunya hahaha.

Bercerita soal hobi saya yang lain yaitu traveling, apakah traveling ini bisa disebut hobi? Saya anggap hobi saja selama ini.

Dari kecil, terutama SD karena ingatan saya hanya mampu mengingat masa SD, saya sudah sering road trip bareng Bapak, misalnya sampai ke Jakarta, Bogor. Dan sudah lupa berapa kali bolak balik Jember – Jakarta. Dulu waktu tahun 90-an ketika di Jakarta, melihat suasana Blok M, jadul banget. Yang saya ingat ada banyak bis di terminal dan ada bis tingkat juga kayaknya. Suasana jalan juga nggak sepadat sekarang ini. 

Ketika duduk di bangku sekolah SMA sampai kuliah, frekuensi traveling saya nggak begitu sering. Palingan waktu SMA dulu pernah ke Bromo itupun acara perpisahan kalau nggak salah, sampai-sampai niat dalam hati nggak pengen lagi ke Bromo saking dinginnya hahaha.

Waktu kuliah kalau urusan pergi jauh juga jarang, ke Jakarta itupun dalam rangka studi banding dan beberapa kali ke rumah saudara. Masih belum kenal yang namanya solo traveling.

Saat jadi mahasiswa akhir, melihat teman sudah pernah ke Singapura, sampai berpikir besok-besok kudu kesana juga dan baru kesampaian pas sudah kerja. Ini seperti dream come true.
 
Sepertinya yang paling sering saya lakukan sampai saat ini adalah membaca dan jalan-jalan, sayangnya frekuensi membaca saya nggak serajin waktu masih sekolah hahaha.

Kalau hobi teman-teman apa nih?


Comments

  1. Hobi jalan-jalan sis :) tapi akhir2 ini semangat nulis blog lagi!!

    ReplyDelete
  2. Waktu zaman sekolah aku suka banget tukeran biodata sama teman-teman 🤣. Hampir setiap ada buku baru yang lucu pasti isinya biodata dan tiap tahun selalu minta isi padahal yang isi ya orangnya itu-itu lagi 🤣. Tapi lucu waktu dilihat kembali, ternyata hobi dan kesukaan orang tiap tahun ada yang berubah wkwk. Kalau hobiku sekarang mungkin baca sama nonton ya 🙈. Sekarang nonton drakor sih lumayan seringnya wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang