Kemeriahan Yang Tiada Akhir di BloggerDay 2022 Bloggercrony Community

scale up your skill bloggercrony


Perjalanan ngeblog buat saya, awalnya sebagai wadah untuk sharing cerita kuliner, traveling atau review buku yang sering saya lakukan saat itu, tepatnya di tahun 2008. Panduan untuk mengutak-atik blog sebagian besar saya dapatkan dari buku blog yang saya beli dan sesekali mencari panduan melalui mbah Google.  Siapa sangka kalau ternyata blog saya bisa bertahan sampai sekarang ini, meskipun sempat hiatus selama 1 tahun.

Awal ngeblog pun saya nggak mencari informasi apakah ada komunitas yang menaungi blogger-blogger pemula seperti saya saat itu. Ngeblog ya nulis, ngeblog ya bercerita melalui media website pribadi, ngeblog ya suka-suka saya. Itulah yang saya lakukan ketika memutuskan ngeblog sampai akhirnya ketemulah dengan Bloggercrony Community di Facebook Group.

Yuk, Kenalan Dengan Bloggercrony Community

Bloggercrony adalah komunitas blogger berbasis di Jakarta dengan anggota yang tersebar di lebih dari 25 kota di Indonesia.

Bloggercrony lahir pada tanggal 24 Februari 2015 dengan founder yaitu Mbak Wardah Fajri atau yang biasa dipanggil Mbak Wawa dengan co-foundernya yaitu Mas Satto Raji dan Anesa Nisa.

Tujuan didirikannya Bloggercrony yaitu untuk memfasilitasi blogger berjejaring untuk menambah pengetahuan, berbagi pengalaman dan juga memberikan kesempatan untuk berkolaborasi melalui berbagai kegiatan daring dan luring. Tujuan berdirinya Bloggercrony Community juga disematkan dalam Tagline komunitasnya yaitu Blogging, Networking dan Empowering.

Asal muasal pemberian nama crony juga melalui proses yang cukup panjang. Jadi Mas Satto memberikan alasan kata “crony” berasal dari kata kroni yang artinya kawan atau sahabat. Dan untuk menghilangkan persepsi pengertian yang negative dari kata kroni, diubahlah menjadi “crony”, dan penulisannya juga digabung yaitu Bloggercrony. 

Harapannya komunitas Bloggercrony ini bisa menjadi payung dari blogger-blogger di seluruh Indonesia dan antara blogger satu dengan blogger yang lain, kita semua adalah kawan dan juga sahabat. Seneng mendengarnya. Blogger yang awalnya hanya sendirian, bisa dapet kawan dari seluruh Indonesia.

Pertama kali bergabung di Facebook Group Bloggercony Community, saya pelan-pelan memahami “cara kerja” di komunitas blogger ini. Seperti misalnya, untuk share artikel jangan lupa untuk menuliskan hashtagh #UpdateBlog.

Dan setiap minggunya, di Facebook Group, admin Bloggercrony Community akan mengshare ulang artikel blog dari BCC Squad, sebutan untuk member Bloggercrony Community, dalam tagar #InspirasiKamis. Bukannya tujuan menulis untuk berbagi ya? Bener nggak?

Nah itulah yang saya lakukan ketika selesai menulis sebuah artikel, saya coba share di Facebook Group Bloggercrony dan yang nggak disangka-sangka, salah satu artikel yang pernah saya kirimkan ternyata dishare ulang oleh Admin Facebook Group Bloggercrony Community.

Perasaannya? Tentu saja senang, artikel saya bisa menjangkau semua member yang tergabung dalam Facebook Group ini. Syukur-syukur kalau cerita saya bisa menginpirasi teman-teman yang lain.

Kemeriahan di Selebrasi Blogger Day 2022

Beberapa tahun lalu, saat sebelum pandemi, Bloggercrony pernah mengadakan kegiatan Anniversary-nya secara offline, sayang sekali karena saya tinggal di Kabupaten Jember, yang cukup jauh untuk ke Jakarta, saya hanya bisa menikmati cerita dari blogger-blogger lain secara online dan berharap suatu saat bisa bergabung saat perayaan ulang tahunnya lagi.

Dan di tahun 2022 ini, Bloggercrony Community kembali merayakan anniversary-nya yang ke-7 dalam perhelatan akbar secara online yaitu “Selebrasi Virtual BloggerDay 2022”, tepatnya dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 27 Februari 2022 lalu.

bloggercrony community


Ketika Tim panitia #7 thBloggercrony  mulai menyebarkan informasi dan form pendaftaran peserta, saya antusias banget buat ikutan, soalnya nih peserta yang bisa ikutan Selebrasi Virtual BloggerDay2022 terbatas hanya untuk 100 orang saja. Yang bikin tambah semangat dan penasaran tentu saja karena tema yang diangkat di tahun 2022 ini yaitu #ScaleUpYourSkill.

Gelaran Selebrasi Virtual BloggerDay 2022 diisi dengan materi yang daging alias padat dan informatif banget, yaitu webinar yang terbagi menjadi 3 sesi, seperti “Bisa yuk! Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu” bersama Mbak Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,Sp.Psi.,M.A, kemudian ada webinar dengan tema “Dunia Digital: Metaverse & Kejahatan Berbahasa” bersama Bapak Anwari Natari dan Bapak Tuhu Nugraha, lalu yang ketiga ada webinar dari Bapak Matahari Timoer dan Mas Joe dengan materi “Blogging: Organik vs Monetisasi”.

Dari informasi materi di flyer iklannya saja sudah bikin di awal-awal pengisian formulir pendaftaran semangat, apalagi nanti ketika acara sudah mulai. Oya, pagelaran #7 thBloggercrony  tahun 2022 ini diketuai oleh Mas Akbar Muhibar, ngebayangin sibuknya Ketua Panitia dan tim mempersiapkan acara ini pasti hectic banget, tapi demi kesuksesan acara, semua panitia bekerja penuh semangat. Nggak heran kalau jalannya acara, happy semua dari panitia dan peserta. 

Menimba Ilmu di Selebrasi Virtual BloggerDay 2022

Sesi pertama webinar diisi oleh pemateri dari Bapak Anwari Natari yang berprofesi sebagai editor dan dosen Bahasa Indonesia serta Bapak Tuhu Nugraha yaitu seorang Digital Business Consultant and Trainer. 

Beberapa bulan terakhir ini, memang lagi heboh banget sama istilah Metaverse. Saya sendiri awalnya juga nggak ngeh, memangnya akan seheboh apa sih dunia ini dengan Metaverse.

Jadi nih, Metaverse merupakan kombinasi dari beberapa elemen teknologi, seperti virtual reality (VR) sampai video, dimana pengguna seakan-akan hidul dalam dunia digital. Kata Metaverse mulai ramai disebut-sebut usai CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan nama raksasa media sosial menjadi Meta.

Arti kata Metaverse merupakan sebuah dunia virtual, dimana orang dapat saling berinteraksi tanpa harus tatap muka secara langsung dan keberadaan fisiknya digantikan oleh sebuah karakter atau avatar.

komunitas bloggercrony indonesia


Inti dari materi yang disampaikan oleh Bapak Tuhu dan Bapak Anwari yaitu, manusia bebas menggunakan teknologi apapun, asalkan tetap dalam koridornya, apalagi khusus untuk anak-anak yang masih harus dalam pengawasan orang tua.

Sesi kedua dari webinar di BloggerDay 2022 beberapa waktu lalu, yaitu dari Bapak Matahari Timoer, pemilik dari web mataharitimoer.com dan Mas Joe Candra pemilik dari blog joecandra.com. Kedua blogger senior ini memberikan informasi terkait seluk-beluk dunia blogging seperti misalnya paparan mas Joe yang menjelaskan mengenai cara monetisasi blog, dari bagaimana menghadapi client dan bagaimana proses pencairan fee blogger.

Di dunia blogging, blogger juga dituntut untuk bisa menguasai semua aspek digital marketing dan juga mampu belajar hal-hal baru seperti kemampuan mendesain yang memang diperlukan di dunia digital marketing.

blogger day


Untuk bisa menghasilkan pendapatan dari blog, seorang blogger juga pantang menyerah, jika mengikuti lomba dan kalah, jangan langsung patah semangat, tapi jadikan kekalahan itu sebagai motivasi kita untuk menulis lebih baik dan pastinya belajar dari blogger-blogger yang lain juga, yang nggak kalah bagusnya.

Lanjut ke webinar di sesi ketiga yaitu diisi oleh pemateri dari Mbak Tsurayya Syarif Zain, seorang praktisi pendidikan yang saat ini tinggal di Palembang. 

Di webinar ini, Mbak Ayya memberikan pengertian mengenai minat dan kepribadian. Pada dasarnya kepribadian seseorang terbagi menjadi 6 kelompok, yaitu Conventional, Realistic, Investigative, Artistic, Social dan Enterprising.

Secara nggak langsung, dengan mengikuti webinar dari Mbak Ayya ini, membuat saya jadi berpikir flashback lagi, sebenarnya apa minat saya dan sebenarnya apa bakat saya. Dan intinya, kita nggak perlu takut untuk mencoba hal-hal baru semisal kegiatan itu agak kurang kita senangi, tapi paling nggak kita sudah berani mencoba untuk melakukannya.

Kadang nih, kita suka mikir “lemah” duluan atau takut duluan untuk mencoba hal-hal baru dan inilah yang membuat kita nggak berkembang. Nah, Mbak Ayya juga menjelaskan mengenai perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset. Tipe mindset ini sangat mempengaruhi pola pikir kita sendiri, Growth Mindset dengan intinya yaitu melihat situasi sulit sebagai tantangan dan Fixed Mindset yaitu situasi sulit tidak dapat diubah dengan cara apapun. Semua kembali ke personal masing-masing.

Bertabur Kemeriahan di Selebrasi Virtual BloggerDay 2022

Serunya waktu acara selebrasi BloggerDay 2022 lalu, tim panitia seneng banget bagi-bagi hadiah, lahh apalagi saya sebagai peserta, otomatis seneng juga kan. Misalnya seperti pengumuman pemenang IG Feed dan IG Stories. Kemudian ada juga penghargaan untuk Most Wanted Blogger 2022 yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta dan tahun ini penghargaan diberikan kepada Mbak Dewi Puspasari pemilik blog dewipuspasari.net. 

Semua peserta di perayaan BloggerDay 2022 ini kebagian hadiah, saya sendiri gimana? Ya tentu dapat dong, berupa e-wallet. Lumayan banget nih buat beli salad, ya kan. Sebelum kegiatan berlangsung, beberapa peserta juga sudah mendapatkan kiriman gymick sebagai kenang-kenangan berupa masker, pin dan sticker. Kebetulan, gymick saya datang pas di Hari H ketika pelaksanaan selebrasi virtual ini. 

Pin dan sticker yang cantik mendarat dirumah saya dengan selamat, nggak kurang satu apapun dan baru tahu kalau semua gymick ini diproduksi oleh Cera Production. Nggak hanya pin dan sticker saja yang diproduksi oleh Cera Production, tapi juga kaos cantik yang diberikan kepada beberapa pemenang tertentu juga diproduksi oleh Cera Production.

Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam productive service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi dan saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia. 

Sudah nggak perlu diragukan lagi, jika beberapa perusahaan mempercayakan seminar kit kantor di Cera Production ini. 

komunitas bloggercrony indonesia


Sayangnya, kegiatan Selebrasi Virtual BloggerDay 2022 ini hanya berlangsung sekitar 5 jam, pengennya 24 jam ya, tapi kok nggak mungkin gitu hehehe. Nggak rugi pokoknya kemarin bisa ikutan BloggerDay 2022 dari Komunitas Bloggercrony Indonesia. Seru banget.

Sampai jumpa lagi di tahun 2023 Komunitas BloggerCrony Indonesia


Comments

  1. Mbak mbak mau ngapain ngezoom 24 jam mbak? kalau acaranya offline it's ok lah, pasti seru kalau 24 jam wkwkwk.

    Pinnya seger banget diliatnya mbak, suka banget perpaduan kuning, ijo, orange kaya gitu, seger aja diliat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha 24 jam bisa pingsan mungkin ya mbak
      iya pinnya warnanya colorfull, aku sukak, pas perpaduan warnanya

      Delete
  2. Mbak Dewi Puspasari itu kompasianer juga kan ya?

    BTw aku kok selalu ketinggalan info ultah blogger crony ya, sementara seingatku, aku member grup FB ...

    ReplyDelete
  3. Seru bangeeettt

    Akupun ikut komunitas blogger di sumbar, plus kau bikin agensi blogger di kota ku Mbak
    Tapi belum pernah bikin acara online sihh

    Pas offline dulu ngumpul2
    Pas gabisa offline yasudah tak ada kegiatan hihihi

    ReplyDelete
  4. serunya di acara bloggerday.
    Eh tapi bener sih kak, teknologi itu memang harus dipaki untuk hal yang bermanfaat, sehingga feedbcknya juga positif

    ReplyDelete
  5. Aku malah tertarik dengan ulasan tentang metaverse. Jadi jika nanti metaverse ada, aku dan mbak Ainun bisa ketemu langsung biarpun cuma lewat Avatar ya.

    Jadi ingat dengan film Avatar malah.😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang