Yuk Support UMKM : Brand Lokal Favorit

support-umkm

 
Pasti teman-teman nggak asing dengan slogan 

“cintailah produk-produk Indonesia”

Dari zaman saya masih SD, iklan dari produk yang memiliki slogan ini sudah sering saya dengar.

Ngomongin soal “cintailah produk-produk Indonesia”, saya mempunyai beberapa tas brand lokal favorit yang nggak ditemui di mall-mall besar. Brand lokal ini tentu saja memiliki kualitas oke dan harga terjangkau alias murah. Biasanya nih, untuk bawaan ketika kerja, seringnya saya pakai tas yang ukurannya agak gede, bukan agak lagi sih ya, tapi gede hahaha.

Entahlah, padahal isi tas adalah pouch make-up, dompet, pouch hape. Tapi itu udah bikin sesak space tas. Saking seringnya bawa beban tas yang aduhai bikin pundak lumayan capek menanggung berat isian tas, kalau misalkan pas jalan tas terasa enteng udah merasa seperti ada barang yang pasti ketinggalan.

Sovlo
Pertama kali tahu Sovlo secara nggak sengaja gara-gara browsing aja, yang bikin tertarik adalah gambar ilustrasi yang dijadikan material pada tasnya. Gambarnya cute semua. Asli dah lucu-lucu. Tas pertama yang bikin saya suka adalah edisi Indonesian Strong Woman. Iya, ilustrasinya adalah beragam profesi seperti seorang dokter, perawat, guru dan masih banyak lagi ilustrasi profesi lainnya yang dijadikan dalam satu desain. Tas tote bag ini ukurannya cukup gede, laptop 14 inch aja muat di dalamnya. 

Beberapa tas cute lain yang saya beli, adalah pouch mini yang berbentuk sekat-sekat di dalamnya, atau lebih tepatnya disebut bag organizer. Jadi bisa digunakan untuk naruh printilan-printilan  di dalam tas supaya nggak berantakan juga. Desainnya juga nggak kalah cute, serba Indonesia pokoknya.
produk-lokal


Saking gemesnya sama gambar-gambar yang dipakai di desain produk-produknya, saya juga kepincut sama maskernya, lagi-lagi karena gambarnya Indonesia banget pokoknya.

Sovlo juga ngadain kompetisi gambar untuk illustrator berbakat dan bagi yang menang karyanya akan dipakai untuk desain Sovlo berikutnya. Gimana nggak bangga tuh kalau hasil karyanya bisa dijadiin background desain tas yang bisa dipakai semua orang.

Terus, beberapa bulan terakhir ini, Sovlo mulai merambah ke produk fashion seperti bikin kemeja atau outer dan gambarnya lucuuu semua.
Di saat pandemi, banyak pekerja illustrator yang kehilangan pekerjaannya, sehingga Sovlo memberdayakan illustrator lokal dalam program #BanggaIlustrasiLokal untuk berkolaborasi di produk-produknya.

Oya, beberapa minggu lalu SOVLO membuka store juga di Urban Farm PIK, tempat yang lagi rame banget itu. Dari online store berkembang ke offline store dan makin banyak yang tahu.

Adorable Projects
Awal mula saya tahu ada brand Adorable Projects karena dulu saya demen baca majalah GADIS. Di majalah Gadis selalu ada rubrik fashion atau gaya dan dibagian keterangannya sering ditulis nama-nama produknya dari toko mana aja. Dari situ saya penasaran sama brand Adorable Projects ini dan mulai kepoin dulu aja.

Sampai suatu saat, kebetulan pas lagi nyari jaket dan saat itu lagi happening sama yang namanya Jaket Parka. Model jaket atau fashion dan alas kaki produksi Adorable Projects ini menurut saya keceh ya, kekinian gitu. Saya lupa persisnya punya berapa model jaket yang saya beli disini. Kemaruk hahaha. Bahkan awet sampai sekarang, mungkin 2 tahun lebih kayaknya.
ilustrator-lokal


Saudara saya sampai naksir jaket yang saya punya dan setelah saya racuni dia dengan produk Adorable Projects ini ternyata produk jaket yang mirip sama saya sudah nggak produksi lagi.

Untuk tas, biasanya saya memilih model tote bag, karena space-nya gede dan itu yang lagi saya cari. Ada satu tas dengan desain yang cukup menarik, lagi-lagi temen teracuni juga dan pengen beli samaan. Akhirnya kembaran hahaha.

Saking sukanya sama desain produk di sini, nggak hanya jaket dan tas saja yang saya beli, tapi sepatu juga. Bener-bener kemaruk dah. Untuk range harga, terjangkau banget dari puluhan ribu untuk model tote bag sampai ratusan ribu, baik itu tas, jaket atau sepatu. Paling tinggi nih harganya di angka 250ribuan. 

This! by Alifah Ratu
Kali ini saya teracuni sama beauty vlogger kondang yaitu Alifah Ratu. Jadi, si Ratu ini punya usaha produksi tas sendiri dengan nama brand This! by Alifah Ratu. Saya coba kepoin dulu dong dan kebetulan pengen beli tas lagi. Lagi-lagi modelnya adalah tote bag ya.
brand-lokal


This! by Alifah Ratu juga ada offline store-nya yaitu di Balubur Town Square Bandung. Pilihan model tasnya cukup banyak dan harganya ada yang dibawah 100ribu. Awalnya saya heran, tumben gitu ada youtuber terkenal, lalu bikin brand dan dijual nggak mahal-mahal amat. 

Sekarang ini banyak banget brand lokal yang kualitasnya bagus dan harga yang affordable. Kalau saya nemuin produk dengan kualitas oke, nggak ragu juga untuk saya beli. Seperti kata mbak Eno, untuk support produk UMKM karena produk buatan dalam negeri juga nggak kalah kecehnya.

Setuju?

Comments

  1. Suppport barangan local adalah terbaik. Yang pentingnya value dan quality..

    ReplyDelete
  2. Aku pencinta sejati brand lokal..
    Ya, cuma sesekali ada beli brand luar jg😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku juga iya mbak, kalau ada brand luar yang menarik mata, ya kadang aku beli hahaha

      Delete
  3. yang familiar di telingaku cuma adorable projects aja.. hehe
    karena memang sejak kuliah kalau beli sepatu ya di adorable..
    modelnya bagus, kualitasnya juga oke.. hehe..

    semoga umkm makin maju ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh mba Thya juga tau adorable ya, aku setujuu sama model adorable ini, bagus-bagus semua

      Delete
  4. Saya tau Adorable jugak mba Ainun, karena dulu sering baca majalah 😂

    Salut dan bangganya semakin ke sini, ada semakin banyak local brands yang produknya bagus-bagus dan menggemaskan 😍 Semoga ke depan, local brands bisa tambah maju, yaaaah. Kita doakan 🧡

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mba Eno tau juga ya sama Adorable
      setuju mbak, local brand sekarang ini banyak banget dan bagusss baguss semua, kreatif gitu pemiliknya, memang kudu pinter baca market dan minat konsumen ya
      aminn semoga banyak brand local ya mbak dan siap bersaing dengan brand luar juga

      Delete
  5. banyak banget mbak brand lokal sekarang yang oke punya
    dan bahkan ga kalah sama produk luar
    feed IG mereka juga keren
    beberapa produk lokal juga sering dipakai oleh peserta kontes kecantikan saat mereka bertanding
    banyak yang dikomentari positif oleh portal pageant luar karena unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh setujuuuuuuu
      kualitas nggak kalah sama brand luar ya mas Ikrom
      dan kadang kalo ada acara fashion show, malah kayak di-blunding gitu kan ya, misal kebaya anne avantie x tas elizabeth. Misal nih, tapi aku memang pernah liat kalau banyak desainer fashion yang kerjasama juga sama brand aksesoris, jadi kayak sepaket gitu. bagus juga ini triknya, jadi orang juga nggak sekedar liat nama besar desainer fashionnya juga, tapi juga liat-liat produk aksesorisnya

      Delete
  6. Waaah aku jadi tahu 3 merk ini setelah baca tulisan mba Ainun 👍. Ntr aku cek2 produk2 mereka.

    Aku ga pernah nolak barang local, asal memang bagus dan berkualitas. Kalo aku ya lebih milih, mending beli barang lokal yg murah, drpd beli barang KW produk impor yg hrgnya selangit 🤣🤣. Maluuuu kalo ketahuan pake KW mah.

    Biasa barang lokal utk tas yg aku srg beli Mudagaya. Kuat banget dan awet. Krn ga rusak2, sementara aku pengen beli tas baru, akhirnya dihibah2kan🤣

    ReplyDelete
  7. Setujuuuuuuu, Mbaaaaaak 😆. Sekarang produk lokal bagus-bagus B.G.T. 😳

    Aku juga suka pakai produk-produk lokal. Dari produk fashion sampai produk kecantikan. Ada dua hal yang aku masih pakai produk luar: motor sama barang elektronik.

    Ngomong-ngomong, aku juga suka produk-produknya adorable project, Mbak Ainun. Gemoy-gemoy banget semuanya. Belakangan ini aku lagi ngiler banget sama sepatu Oxford nya mereka.😍

    ReplyDelete
  8. Dr list di atas, baru tau yg Adorable Project, Mba Ainun. Adorable project itu bs dibilang brand lokal favorit akuu 😍. Pas baca judul post mba ainun aja aku lngsng inget brand ini, eh pas mba ainun jg masukin list 😁 tp aku baru pernah nya sepatu n sendal. Blm pernah beli jaket n tas malah. Kayanya udah 5 lbh sepatu aku yg beli di situ. Hehehe.. Nyaman lagi, dan pelayananny jg ramah. Walau sebenernya ga yg tahan lama bgd jg sih sepatunya, tp aku selalu tergoda sama model2nya 😆

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang