Yuk, Cobain Kimchi

makanan kimchi


Sekitar tahun 2005 saya mulai mengambil les Bahasa Korea, tahun segitu kayaknya lagi ramai-ramainya drama korea Full House, Princess Hours atau My Girl. Paling nggak waktu nonton drama, sedikit-sedikit jadi paham apa yang diomongin, meskipun kalau kalimat panjang yang ngomongnya cepet masih agak susah dicerna kalau melalui listening.

Tenaga pengajar les Bahasa Korea adalah asli wong Korea, iya Native Speaker-nya asli dari Korea dan memang sudah lama juga tinggal di Indonesia, jadi sesekali juga ngomong campur Korea-Indo. Native speakernya seingat saya ada dua, satu orang bapak-bapak dan satu orang ibu-ibu.  Model orangnya ya kayak di drama-drama korea gitu. Yaiya namanya juga orang korea hehe.

Dari pengajar saya ini, saya jadi tahu kalau tahun segitu di Korea, warganya kalau mau nyetor duit ke Bank nggak perlu repot antri melalui teller, tapi cukup melalui mesin aja. Tahun 2003 atau 2005-an di Indonesia masih belum saya temui ada mesin atm yang bisa setor otomatis kayak sekarang ini.  Sampai-sampai si ibu ini geleng-geleng kepala mengetahui kalau di Indo masih so jadul hahaha.

Waktu saya dan teman-teman yang lain dikasih cerita gini aja, kita semua udah “wowww”, emang canggih bener di Korea sana. Rasanya tinggal di Indo aja kayak ketinggalan teknologi. 

Suatu hari, pengajar yang ibu-ibu ini ngajakin semua muridnya yang memang nggak banyak itu, buat main ke rumahnya di daerah Jalan Galunggung Malang, untuk diajarin dan dikasih tahu secara langsung makanan khas dari Korea, Kimchi.

Yess, itu pertama kalinya saya cobain Kimchi. Dan di rumah si ibu ini juga ada baju Hanbok dan kita bebas mau foto-foto dan pakai bajunya. Se-happy itu pokoknya.

Kenalan Sama Kimchi
Kalau mengingat lagi belasan tahun lalu, bahan apa aja yang dimasukkan ke dalam adonan kimchi, jelas saya lupa. Jadi saya googling aja soal history-nya ya.

Awal pembuatan kimchi, pada zaman dulu,  dicelupkan dalam garam di dalam sebuah kendi tembikar, yang kemudian dikubur dibawah tanah.  

Jadi, kimchi adalah makanan tradisional Korea berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabe merah.

Sayuran yang umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Sampai sekarang, kimchi menjadi hidangan yang wajib ada di meja makan orang Korea dan merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat Korea.

Menurut sejarah, konon kimchi sudah ada sejak zaman Three Kingdoms of Korea. Catatan sejarah menunjukkan bahwa kimchi ditemukan sekitar 4000 tahun lalu menurut Sigyeong.

Saat itu, orang Korea makan kimchi dengan cara dirobek-robek, kurang lebih sama dengan sekarang.

Hal unik lainnya soal kimchi ini adalah adanya sebuah budaya yang dinamakan “kimjang”, yaitu saat dimana masyarakat membuat kimchi bersama-sama. Para tetangga akan membuat kimchi bersama, yang juga bertujuan untuk menjaga solidaritas serta rasa saling memiliki.
kimjang


Pengalaman Icip Kimchi
Saya melihat pengajar Bahasa Korea saya dengan semangatnya menguleni adonan sayuran di sebuah wadah yang cukup besar. Meskipun sudah ibu-ibu tapi tetep semangat ya kalau soal aduk-mengaduk kimchi. Semangat 45.

Setelah adonan jadi, mari kita icip. Dannnnn asem rasanya menurut saya. Itu kesan saya waktu pertama kali mencoba memasukkan kimchi ke dalam mulut. Jadi makannya nggak banyak-banyak juga.

Berikutnya, kalau mau cobain makan kimchi lagi sudah ada gambaran soal rasanya dan sedikit terbiasa juga. Lama nggak masuk ke restoran Korea, pas nulis ini kok ya jadi pengen makan kimchi hahaha. Hitung-hitung menghidupkan memori lama gitu.

Gimana nih cerita Kimchi versi teman-teman?



Source :
Seoulkoreatour.net


Comments

  1. Wow! Saya suka bangat ni kimchi. Dimaka bersama instant noodle aje sudah ngam. Nasi goreng juga sedappppppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh nasi goreng lebih sedap ya mbak
      jadi mba Nur kalau makan kimchi suka dicampur sama instant noodle ya mbak? aku belum pernah cobain kalau dicampur begitu

      Delete
  2. ya ampun full house itu ikonik banget sama memories of bali
    tapi aku liat adegan banyak kimchinya pas di serial you are my destiny yang jang sae byuk
    yang dimarahin mertuanya yang jahat banget haha

    kimchi ini banyak banget emang mbak ya asam cukanya makanya asem
    tapi sehat kok karena sayurnya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. serial you are my destiny ini aku kok lupa ya hahaha, tahun berapa itu, kayaknya lama banget ya mas ikrom?
      eh iya kimchi ada cukanya ya, aku makan acar aja kadang sampe nyengir nyengir kalau nemu yang terlalu asem
      tapi katanya kimchi emang bagus ya buat kesehatan, isinya sayur semua
      pantesan hidangan ini selalu ada ditiap sajian orang korea ya.

      Delete
  3. Saya biasa makan kimchi setelah diolah jadi nasgor, mba 🤣

    Selain itu, kadang saat makan menu-menu olahan ikan, oh dan untuk buat sundubu jigae juga sama mba saya dimasukkan kimchi ke dalamnya 😆 Wk. Sayang mba Ainun jauh, kalau di Bali sudah saya kirimkan kimchi yang ada di rumah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oemjii nasi goreng kimchi emang enak sekali Kak Eno 🤤🤤🤤. Aku juga prefer makan kimchi dengan nasi goreng. Kadang-kadang saja kalau lagi random, baru penginnya makan kimchi digado wkwkwk

      Btw respon pertama Kak Inun saat makan Kimchi sama seperti aku 🤣 asem terus kaget sih aku karena rasanya unik banget wkwk. Baru setelah 2-3x coba malah ketagihan 🤣

      Delete
    2. wowww nasgor kimchi ini yang mana lagi hahaha, aku belum pernah cobain
      berarti kalau dicampur sama nasgor enak ya? asemnya nggak begitu berasa ya, ehmmm penasaran


      mba enooo, aku roaming sama sundubu jigae wkwkwkwk, ini apaan yak, makanan korea taunya kimchi, kimbab, snack snack aja, kuper amat daku hahahaha


      uhuyyyy, iya mbak kalau dikirim ke jember, bisa basi mungkin ya di perjalanan, nggak tahan lama kalau dikemas ya.
      berarti buatan mbak nya mba eno dirumah enakan ya? atau kurang lebih sama kayak rasa kimchi aslinya. atau mungkin ada modifikasi bahan bahan gitu ya. kepo wkwkwkk

      Delete
    3. tosss dulu sama Peri Kecil Lia, asem asem gimana gitu ya hahahaha
      kayak kalau lagi minum es jeruk yang acemm gitu
      iya awalnya aneh,kok gini ya, tapi ternyata emang gitu rasanya :D

      kudu dibiasain makan kimchi kayaknya, kali aja ntar pindah ke korea :D

      Delete
  4. Duh, baca ini jadi terkenang masa-masa nonton full house sama princess hours
    Then, kalau di Sukabumi dulu suka ada cici-cici yang suka jualan Kimchi di pinggiran Pasar Pelita, tapi saya belum pernah nyobain sama sekali, eh pas baca tulisan ini, koq jadi penasaran ya dengan rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe full house pas lagi jaya-jayanya dulu mas Yonal. Rame bener pokoknya
      ternyata ada yang jualan kimchi dengan mudah di area pasar ya di sukabumi, di jember susah mas Yonal. Kudu ke resto korea kalau kesini.
      yess untuk rasanya memang agak asam mas Yonal, tapi boleh tuh kalau nemu penjual kimchi dicobain biar nggak penasaran juga

      Delete
  5. Mbak Ainun berarti sekarang bahasa koreanya udah jago banget dong, kalo nonton drakor udah ga perlu subtitle segala 😁
    Kalo dulu kan masih agak2 bingung kalo dialognya panjang ..

    Btw, saya udah pernah nyobain makan kimchi, tapi ga cocok Mbak 😄😄
    Istri pernah nyoba beli, tapi saya cukup sekali makan, abis itu nyerah 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha lama nggak dibuka buku koreanya mas Edot, jadinya ya banyak lupanya daripada ingatnya.
      ini aja buka buka buku catetannya, kok ya merasa lemot wkwkwk. Dulu pas masih les, sok nulis dibuku dan besoknya masih inget artinya apa
      sekarang pas aku buka lagi bukunya, malah bingung ini apaan wkwkwk, kalau baca masih bisa, kosakatanya banyak lupanya

      xixixii cukup sekali makan dan tau ya mas Edot, yang penting udah tau rasanya dan nggak bikin penasaran ya

      Delete
  6. Terus terang, saya belum pernah coba. Kalau rasanya memang cenderung asam, kayaknya bakal kurang suka deh. Ada makanan Korea yang pernah saya lihat di suatu film namanya Jajangmyeon dan kelihatannya enak banget, tapi begitu saya coba sendiri kok biasa aja, ya? Cita rasa manisnya juga cukup aneh. Atau ya sesimpel kurang cocok di lidah saya. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe kalau liat di acara teve terlihat enak ya mas Yoga, aku sendiri belum terlalu banyak cobain makanan korea. kudu sering maen ke korea kayaknya wkwkwkw

      Delete
  7. Dulu aku sama pak suami suka makan nasgor kimchi, skrg boleh dibilang jarang. Apalagi aku udah gak samasekali, karena ada asem2nya. Soalnya cuka, Pak suami masih sering makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih yang tadi disebut mba Eno, nasgor kimchi.
      aku sendiri belum pernah cobain nasgor kimchi, wahhhhh sumprit jadi penasaran mbak wkwkwk

      Delete
  8. pertama kali makan kimchi ditraktir temanku. Belin via aplikasi karena ada lagi ada diskonan. Sendokan pertama berasa aneh. Ini sawi kok rasanya asam. Setelah itu rasanya segar-segar asam dan sedikit pedas.

    berhubung temanku sudah pindah kantor, jadinya jarang makan kimchi lagi...hiiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada temennya enak juga ya mas Vay, kan yang lebih doyan si temen, jadi kitanya cuman icip icip aja hehehehe
      aku awal cobain kimchi juga gitu, aneh karena belum terbiasa ya
      mungkin kalau dari dulu aku tinggal di korea udah jadi makanan pokok mungkin si kimchi ini :D

      Delete
  9. Kesan pertama aku makan Kimchi juga asem mba tapi kenapa aku malah suka karena rasa asemnya seger dan ada sensasi pedas. Ouh iya karena sering nonton drakor atau variety show Korea aku jadi tahu ada budaya Kimjang yaitu hari di mana membuat Kimchi secara bersama-sama dan dalam jumlah banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh pengetahuan mba Fira soal Korea banyak juga ya
      mungkin kalau udah terbiasa makan Kimchi, besok-besoknya udah bisa adaptasi sama rasa ya mbak
      kudu sering njajan kimchi nih aku

      Delete
  10. Belum pernah nyobain kimchi mbak. Cuma pas aku liat tutorial bikinnya malah aku jadi penasaran, kimchi jaman dulu atau yg dibikin si ibu pengajar mba nun itu cabenya usah pake bubuk instan atau bikin cabe bubuk sendiri?

    Aku kira dulu asinan itu ya asin, tp ya agak kecut ya. Eh tapi asinan jakarta jg skrg pake bahan sawi putih ya. Apa mgkn karena bisa menghasilkan air yaa.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh tuh dia mbak, waktu diajarin bikin kimchi sama guru lesku, aku nya ga begitu merhatiin dan otomatis lupa sekarang hehehe
      owhhh jadi asinan jakarta juga sudah ada sawi putihnya mbak? terasa aneh nggak mbak?

      Delete
  11. Saya pernah buat kimchi sendiri karena kimchi yang saya beli rasanya asem banget gak kuat jadinya ke perut, pas bikin rasa gak banyak berubah dan pastinya lebih hemat karena bisa makan berkali2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wowww mba Yanie bisa bikin sendiri ya kimchi ini, sebenernya mudah ya mba
      dan kalau bikin sendiri makannya bisa puassss

      Delete
  12. pengalaman pertama ku makan kimchi membagongkan banget mbaa.. hahaha..
    waktu itu belinya order online sih, entah emang si penjual yang mengolahnya kurang enak atau emang aku yang gak doyan ya. pokoknya aku eneg banget waktu itu.. terus jadi ga berani cobain lagi deh sekarang :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe pengalaman yang nggak terlupakan nih
      jadi sejak itu sudah nggak pernah order lagi ya mba thya
      ya daripada nggak dihabisin juga kan ya

      Delete
  13. Belum pernah nyobain sih, pengen sebenarnya, tapi belum sempat gitu nyarinya di mana yang enak.
    Giliran dapat yang enak tapi mihil, mikir juga belinya, dasar si Rey, hahahaha.
    Tapi bener ya, kebanyakan saya baca dan dengar orang-orang yang pertama kali makan kimchi, katanya asem :D
    Ya iya sih, orang itu di fermentasi ya, tapi pedes ya katanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada harga ada kualitas ya mbak, tapi rasa kimchi dimana-mana kurang lebih sama
      iya ada asem dan ada pedesnya juga mbak, tapi ga pedes-pedes banget

      Delete
  14. Nggak suka kimchi, sukanya topokki :D

    ReplyDelete
  15. Pertama kali makan kimchi tuh pas makan nasgor kimchi di Kimbap Rina Malang mba Ainun hahahahhaah. Rasanya asem banget tapi ya aku habisin aja soalnya enak. 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kimbab Rina, wokeee noted kali aja pas ke Malang sempet cobain juga, penasaran juga soalnya
      aku belum pernah cobain nasgor kimchi soalnya

      Delete
  16. Pertama kali makan kimchi kayaknya tahun 2010 apa ya, lupa juga. Yang jelas waktu itu image di aku kimchi itu bauuu wkwkwk *dikeplak*
    Tapi setelah dicoba ga sehoror yg dibayangin. Malah enak, fresh gitu, kan...
    Sekarang saya milih kimchi kalau pengen makan sayur tapi malas masak sayur. Simple banget tinggal beli (belum berniat bikin) dan disantap hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bau bau asem gitu kah mbak?
      sejak pertama icip dulu waktu kuliah, sekarang udah ga pernah konsumsi kimchi, tapi kalau nemu lagi mungkin mau aku beli, reunian sama kimchi hahahaha

      ehh iya kimchi bisa jadi penyelamat juga ya mbak, pengganti sayur gitu

      Delete
  17. iya nih kak ainun katanya kimchi di kebanyakan lidah orang Indonesia asem ya 😄, cuma farah belum pernah makan karena gak beraniii setelah tau review reviewnya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe asem asem mbak, buat yang pertama kali mungkin perlu adaptasi juga di mulut

      Delete
  18. suka sih kimchi mbak tp sejak pindahan ke pedalaman susah dapatin Korean pastenya, mau beli jadi apalagi.. ga ada supermarket gede. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh semoga besok-besok kalau ke ibukota bisa reunian lagi sama kimchi ya mba Nisa

      Delete
  19. meski asem pedes semriwing aku suka banget kimchi xixixiix...aku nek khimci ga kelingan fullhouse mba ai tapi malah serial janggeum ^^ sama film thriller korea mother hahhaha...

    jalan galunggung malang...wah asyik banget bisa ada experience ngliat pembuatan kimchi dengan live and areanya uda so korean banget dengan baju adatnya hehehe...eh tapi aku jadi keinget makan di resto korea yang ada kimchinya loh mba ai, nek ga salah di bonchon apa ya...lupa....lumayan bikin seger hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh Janggeum ini juga baguss, yampun sumpah ini drama keren banget, kolosal tapi bagosssss
      dulu ngebayangin bisa ke lokasi syutingnya pokoknya

      Delete
  20. Kalo aku sepertinya belum pernah makan kimchi mbak, bahkan baru tahu setelah dibahas di blog mbak Ainun, maklum bukan penggemar Drakor jadi yang serba bau Korea tidak terlalu paham.

    Tapi keren juga mbak Ainun belajar bahasa Korea, jadi sekarang kalo nonton Drakor tidak usah baca subtitle lagi ya mbak.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe aku kalau soal makanan Korea juga nggak sepenuhnya ngerti mas Agus, taunya biasanya kalau baca-baca aja dan review temen-temen yang lainnya

      hahahaha tetep liat subtittle-nya mas agus,aku ga begitu paham kalau sudah ngomong cepet-cepet
      hanya kata-kata tertentu yang pengucapannya jelas, baru aku ngeh

      Delete
  21. I loveee Kimchii.. meskipun nggak sering makan juga sih.. wkwk 🤣
    Yess bner kata mba Eno.. kimchi enak banget kalau dibikin Nasgor.. kuyy coba Mba Inun.. enak bangeeeeetttt 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa kenapa banyak yang bilang nasgor kimchi enak ya, aku kan penasaran

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang