Tips Menghilangkan Penat Bagi Karyawan

tips-karyawan-anti-penat


Ketika masih SD saya sudah terbiasa dengan namanya komputer meskipun hanya untuk bermain game saja. Permainan yang sering saya mainkan adalah Pac Man, itu lho permainan yang wujud pemainnya kayak mau “menerkam” lawannya. Tahun 90-an, game anak-anak yang menjamur saat itu adalah gamebot, waktu adik saya mempunyai permainan ini, saya kepengen punya juga. Padahal isi permainannya yang hanya batu bata bersusun itu aja. 

Permainan lainnya yang cukup terkenal di era 90-an yaitu Minesweeper dan herannya bertahun-tahun memainkan permainan ini nggak pernah menang. Setelah tahu triknya pun, juga nggak pernah menang. Heran.

Sampai sekarang di handphone juga masih tersimpan beberapa game untuk mengusir kebosanan, dulu demen banget kalau main game balapan, hape sampai dimiring-miringin dan bahkan badan juga ikutan miring, karena stir mobil balapnya dikendalikan dari gerakan handphone.

Cara Karyawan Menghilangkan Penat
Saya rasa nggak cuma anak-anak aja yang butuh main game, karyawan seperti saya juga butuh, kadang nih di kantor suka curi waktu main game, tapi pas jam istirahat aja. Dulu pernah ada teman yang nekat main game di komputernya, ehh dari belakang ketauan bos, akhirnya semua akses main game di komputer dimatikan hahaha.

Kalau liat kantor-kantor gede di Jakarta yang ada fasilitas santai seperti tersedianya beberapa permainan untuk karyawannya suka pengen aja pindah hahaha, tapi nggak mungkin juga.

Banyak cara untuk karyawan seperti saya menghilangkan stress dengan pekerjaan, seperti game ini :

Kartu uno
Di kantor saya menyimpan kartu uno, di jam istirahat cukup sering saya mainkan bareng teman-teman. Yang ada kalau main ini, teriak-teriak dan ketawa mulu, karena hanya beberapa yang paham cara mainnya.

Sebenarnya simple aja cara bermainnya, yaitu 
  • Kocok kartu dan keluarkan 7 kartu untuk setiap pemain
  • Simpan sisa kartu di tengah meja dan pastikan kartu-kartu tumpukan ini diletakkan dengan posisi menghadap ke bawah. Saat permainan berlangsung, tumpukan kartu ini akan digunakan pemain untuk mengambil kartu baru.
  • Keluarkan kartu sesuai warna, nomor atau symbol pada kartu yang dibuka. Pemain disisi kiri pengocok harus mengeluarkan kartu dengan warna, nomor, symbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja. Minta si teman tadi untuk menempatkan kartunya di atas kartu buangan pertama tersebut. Pemain berikutnya kemudian melihat kartu-kartu yang ia miliki untuk mencari kartu yang bisa dikeluarkan.
Minecraft
Permainan ini memiliki ciri khas balok-balok 3D yang bisa disusun sesuai dengan kebutuhan pemain. Untuk pemula, karena belum memiliki satu balok, adalah dengan menebang pohon yang ada disekitar. Dengan begini kalian akan mendapat balok kayu, kemudian tabrak pasir dan tanah agar menjadi persediaan untuk membuat bangunan.

Zuma
Yuhuu, ini termasuk permainan favorit saya dari pertama kali ada game Zuma. Sekarang sudah banyak versinya, yang penting cara mainnya sama, saya oke aja.
Zuma sendiri merupakan permainan menembak menggunakan bola berwarna berbeda dan nggak berurutan dengan tujuan menghilangkan semua bola yang berjalan di sebuah labirin.

Aturan permainannya, pemain perlu menyusun bola yang warnanya sama, kemudian tembakan bola berwarna sama sampai bola habis. Permainan ini memiliki jumlah level yang cukup banyak dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Plant vs Zombie
Permainan ini menceritakan tentang sebuah serangan para zombie ke sebuah rumah. Penggunanya akan berperan sebagai pemilik rumah yang harus melindungi tempat tinggalnya dengan cara menempatkan tanaman untuk menyerang zombie yang berjalan di halaman menuju rumah.

Pizza Frenzy
Ini dia game yang terinstal dengan setia di computer PC saya, sayang komputernya sekarang off hahaha. Dari zaman kuliah seneng banget main game ini, lumayan buat ngilangin stress. Anak kuliah ternyata bisa stress ya, enggak deng kayaknya karena gabut aja waktu itu.
permainan-online-90an


Game pizza frenzy ini soal bisnis kuliner gitu, buat yang suka masak-masakan, kayaknya memang terhibur main ini. Setelah level sekian, nanti view tempatnya berubah nama menjadi Bora-Bora. Gara-gara game ini, dulu saya pengen suatu saat bisa ke Bora-Bora. Padahal waktu itu, saya nggak tahu beneran ada pulau bernama Bora-Bora apa nggak.

Game Online Masa Kini
Hari gini kemana-mana bawa gamebot kok ya nggak mungkin ya, yang ada malah bikin tas tambah sesak. Salah satu cara untuk menghilangkan penat dari kerjaan, ya main game online. Ada banyak penyedia game online, seperti yang saya pilih yaitu di plays.org

Kali ini, saya memilih game yang ringan-ringan aja, seperti :
Classic Solitaire
Permainan sepanjang masa yang masih bertahan sampai sekarang. Cara mainnya juga gampang. Kalau misalkan ditengah-tengah permainan, saya merasa sudah nggak mungkin menang, saya langsung ganti ke new sheet alias mulai dari awal lagi. Secara maunya menang kalau main kartu ini hahaha.
permainan-online


Mahjong
Permainan Mahjong juga termasuk permainan lawas, dengan main di Plays.org jadi teringat zaman dulu aja. Mainnya juga tinggal mencocokkan ubin yang sama sampai semua habis nggak tersisa.

Pac Rat
Game Pac Rat ini terinspirasi dari game Pac Man yang eksis di tahun 90-an. Bedanya, yang ini serinya adalah seekor tikus. Jadi, si tikus tinggal berjalan mengikuti jalur labirin sambil menghindari beberapa musuhnya dan melahap keju yang tersebar di area labirin.
games-online


Daftar permainan yang tersedia di Plays.org ini ada banyak kategori, mau kategori balap, menggambar, masak-masakan sampai star wars juga ada.

Lumayan juga sih main game ringan seperti ini untuk menghilangkan penat, saya kalau main juga nggak lama-lama biar nggak kebablasan gitu.

Jadi, apa teman-teman punya kenang-kenangan game waktu kecil dulu? Pasti seru ya.


Comments

  1. Omg Zumaaaa 😍 Sudah lama banget banget bangettt nggak main Zuma hahahaha. Dulu kalau sudah main Zuma sampai nggak ingat waktu, mba. Seru banget nembak-nembak bola 😂

    Kayaknya dari list atas yang masih sama mainkan cuma Plants VS Zombie saja, terus habis lihat beberapa rekomendasi mba Ainun, jadi ingin main Pac Rat untuk mengingatkan memories permainan Pac Man pada masanya 😁🍀

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe pernah main Pac Man juga ya mba Eno, ini jaman bahula banget ya
      sumpah ini permainan jaya banget saat itu, nggak ada lagi yang seru selain menghindar dari musuh musuhnya yang ngeselin pengen nyaplok gitu hahaha

      Delete
  2. Salam kenal Kak, blognya cute banget.
    Aku suka main di Plays org karena gamenya macam-macam, ga ada pop-up iklan, dan ga usah download di HP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak Vina :)
      iya bener mbak, main di Plays.org ini cuman modal internet lewat komputer aja, jadi nggak perlu makan space memori di hape juga ya
      terus pilihan kategorinya juga buanyak banget

      Delete
  3. OMG mba Ainun aku cinta Plant vs Zombie hahahaha. Dulu waktu masih kuliah aku sering juga main games komputer kayak Super Cow, Feeding Frenzy, sama games fashion itu lho tapi aku lupa namanya. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha feeding frezy ya,ini legend banget, yampun dulu aku sampe lupa waktu lho main ini,seruuu. padahal bukan anak anak juga waktu itu hahaha

      games fashion ini ehmmm aku penasaran deh,

      Delete
  4. Saya benci sama Minesweeper haha susah ya amat!! Salam malam dari seberang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak Nur, main Minesweepeer ini ngeselin ya, aku nggak pernah menang

      Delete
  5. Aku juga main pacman waktu duluuu 😍😍 sama mario bros. Hehehe.. klo minesweeper aku jg berkali2 nyoba ga menang2 🤣🤣 ternyata emang ada triknya ya. Suami aku dulu sejak kecil udah tau caranya, jd dia sering menang dulu pas kecil. Aku bengong dengerny, maklum blm pernh menang 🤣🤣
    Klo zuma aku sempet main dulu pas kuliah, sempet hits bgd waktu itu.
    Game2 ringan gini emang lumayan sih buat ngilangin penat ya mbaa 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mario Bros, ehh iya ada game ini ya mbak Thesa, sampe lupa aku, kalau mario juga hits waktu itu
      malah kayaknya banyak pernah pernik serba Mario ya

      hiks aku sedih kalau tiap main Minesweeper ini, kesel aja gitu mbak wkwkwkwk. makanya jarang aku mainin sekarang ini, daripada tambah sakit ati ya kan

      Zuma ini astagahhh seneng aja main lempar lempar hahaha, apalagi kalau bisa buka kunci sampe level kesekian yang jalannya makin cepet dan kalau kalah suka sebel wkwkwkwk

      bener mba Thesa, main games yang ringan aja lumayan ya buat refresh pikiran bentar gitu dari kerjaan atau sumpeknya waktu kuliah dulu

      Delete
  6. Itu list gamesnya kok samaan sih mbak. Jangan2 kita seumuran. Wkwkwk

    Tapi dulu aku masih SD, dan main gitu pas akhir2 pas ayahku keterima kerja yg dapat fasilitas komputer. Sukanya rebutan sama kakak kalau mau main game. Alhasil aku cuma seringnya nontonin dia main aja.


    Tapi kangen jg sih main game jadul. Aku kmrn main di plays dah bnyk yg berubah, atau mgkn akunya yg udah lupa cara mainnya yaa. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga banyak lupa cara mainnya mbak hahaha
      lama ga pernah main game online yang model di plays, tapi jadi seru juga bisa mengingat masa-masa kecil dulu

      hahahaha bisa jadi kita seumuran ya

      Delete
  7. Solitare adalah jalan ninja saya hahaha.
    Dulu sering banget main ini pas di kantor, pas lagi penat-penatnya.
    kadang bahkan seharian malah main, apalagi kalau lagi bete dengan tugas menumpuk.
    Bagoes betul yak, orang lain tugas menumpuk ya dikerjain, ini malah ditinggal main game :D

    Selain solitare, apalagi ya namanya yang isinya klik-klik ada bomnya gitu, saya bisa dong sampai level tinggi :D
    Trus sama game yang warnanya ijo, duh lupa namanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha puas main game ya mba Rey
      apaan nama gamenya mbak yang ijo ijo, aku kan jadi penasaran
      sama klik klik ada bom itu yang kotaknya nya mini bukan sih, yang nebak angka, terus kalau zonk malah dapet bom?

      Delete
  8. Samaaa ga jago main minesweeper hahaha.. Kalau kartu uno sekarang mainnya sama anak. Game yang palinng dikangenin itu super mario bross. Yang sekarang versi Mario run di android kurang sreg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampunnn mario bros ya mbak, aku lupa gimana cara mainnya, saking lamanya
      dulu hits banget ini si Mario

      Delete
  9. ya Alloh dolananku kabeh kih hahahahha

    feeding freenzy gemes ama ikan ikannya wkwkwk...palagi kalau ikannya membesar nyaplok nyaplok

    plant vs zombie suka ama senjata walnut, sing murah tapi sakti

    onet...walau kadang mripatku jadi sliwer soale cilik cilik buanget tapi seruuuu n past levele naik terus semangat pol aku ngrampunginnya wkwkw...solitair kartu juga hahahahah...aduh games games kesukaanku semua ini wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ikannya kalau nyaplok nyaplok bikin kesel yo mbak, tapi seru seh mainnya
      emang kenangan waktu masih cilik dulu selalu membekas ya, main game aja sampe inget lho, karena emang seseru itu pada zamannya
      solitaire ini dulu waktu pertama main, aku ga paham, kan bikin capek hati, sekarang udah ngerti aja triknya, kalau udah bau-bau mau kalah auto restart ahaha

      Delete
  10. Halo mbak...
    Wah sama nih, aku juga waktu SD (atau mungkin sebelum SD ya?) udah mengenal komputer. Komputer itu miliik om ku. Belio pake buat kerja. Dan kalau aku pake nya buat maen game ahaha. Game nya itu Solitaire, kemudian game tembak-tembakan pesawat, ada juga game tembak-tembakan, yg posisi nya kita jadi polisi. Aku lupa nama game nya apa.

    Kalau untuk game yang skrng2, aku waktu SMA dan kuliah itu mainnya Zuma dan Plant vs zombie. Kalo skrng, udah ga sempat lagi maen game ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zuma yess ini kesukaan banyak orang ya, soalnya simple mainnya
      hahaha kita samaan nih mas Joe, kalau orang gede make komputer buat kerja, lahh kita kita buat main dong ya

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang