Thank You Card

kartu-ucapan-terima-kasih


Mana suaranya yang pernah belanja online?

Terkadang waktu kita beli barang melalui online, pasti ada selipan thank you card kan. Kadang nemuin yang desainnya cute, lucu dan gemes. Kalau yang lucu dan spesial biasanya saya simpan.

Thank you card atau kartu ucapan terima kasih biasanya digunakan untuk ketika memberikan kenang-kenangan kepada client atau tamu undangan. Makin kesini, thank you card nggak hanya diselipin di souvenir acara tertentu, tapi juga di toko online langganan kita.

Penjual memberikan sebuah thank you card supaya memberi kesan tertentu kepada pembeli dan membuat pembeli merasa dihargai. Tentu saja hal ini akan membuat pembeli merasa senang membeli produk yang penjual tawarkan. 

Disatu sisi, thank you card juga memberi kepercayaan kepada konsumen sehingga akan memberikan dampak positif dan konsumen akan memberikan feedback yang baik untuk produk si penjual tadi.

Dulu tuh, kadang beberapa thank you card saya buangin, terus pas iseng sosmedan nemu komen netizen yang bilang “thank you card yang dia dapat selalu disimpan dengan baik”. Saya jadi teringat thank you card dari online shop yang beberapa sudah saya buang.

Dipikir-pikir memang bener sih tujuan penjual memberikan thank you card memang sebagai bentuk ucapan terima kasih yang mendalam karena sudah support dan membeli produk mereka. 

Seperti contoh, waktu saya membeli sticker journal, dimana bungkusannya cuma sebesar amplop ukuran sedang, tapi dikemas rapi, dibungkus kertas dorslag dan diselipin thank you card yang manis. Seneng liatnya, apalagi dibungkusnya rapi.

Nih, saya simpulkan beberapa manfaat kecil dari thank you card :
Sebagai bentuk apresiasi
Selain sebagai kenang-kenangan dan souvenir, thank you card juga bisa diberikan kepada seseorang sebagai bentuk apresiasi. 

Begitu juga dengan bisnis yang memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pelanggan. Dengan ucapan terima kasih secara nggak langsung, si penjual sedang membangun komunikasi secara personal dengan pelanggan.

Memberikan kepercayaan
Kepercayaan pelanggan nggak selalu dengan produk yang berkualitas, kalau produk bagus tapi service kurang maksimal pasti akan ditinggalkan pelanggan.
Thank you card bisa memberikan rasa percaya bagi pelanggan ketika membeli suatu produk.

Terlihat lebih spesial
Siapa coba yang nggak mau diperlakukan spesial, iya kan? Sama seperti ketika kita membeli barang online tadi, pembeli berasa diberlakukan spesial oleh penjualnya. Ibarat pembeli adalah raja.

Mempercantik kemasan
Kartu ucapan terima kasih biasanya mengikuti warna dan tema dari toko tersebut atau tema dari suatu acara. Dan kalau ditemuin di dalam paketan online shop, membuat tampilan kemasan menjadi lebih indah. Kartu ini terkadang dipadukan dengan tali rami atau pita sehingga menjadikan paketan jadi lebih cantik.

Membuat kenangan baik
Sebuah hubungan bisa  terbangun karena adanya pengalaman yang positif dan mendukung. Hal ini juga berlaku dalam bisnis. Dengan adanya thank you card saat kita menerima produk, kita juga bisa membantu memperkuat identitas brand yang kita beli tadi.   

Gimana dengan teman-teman, ada yang punya kenangan dengan thank you card?

Comments

  1. ternyata jeli juga mba ai sampai nyimpan thank you card yang kertasnya unik dan lucu...aku sering sih tapi kalau pas lagi dikado ultah sama kakakku aja hehe...selain itu kalau belanja online jarang dapat apa ya hahahah...apa karena aku ga gitu ngematin ya...jangan jangan ada sebenernya. Tapi emang kalau mau kirim bingkisan ke sanak saudara, klien atau apa dikasih kartu ucapan yang manis sih kelihatan niat ya dari kitanya as yang ngasih...jadi lebih kelihatan tulus..iya ga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kadang kalau ga jeli, juga katut kebuang mbak Nit.
      iya mbak Nit, memang ada maksud tertentu dibalik sebuah thank you card ya, contohnya ya dari olshop. sebagai ungkapan thanks for support gitu ke si olshopnya

      Delete
  2. Eh iya yaaa, buanyak banget dong saya dapat thank you card gitu, apalagi dari produk-produk endorse, sayangnya udah capek-capek saya kumpulin, eh ditemukan si Adik, dan serta merta dia jadikan mainan, dan berakhir di got atau kolam lele mungil depan rumah huhuhuhu

    Tapi beneran loh, thank you card ini ngaruh banget ya, saya barusan beli sepatu, kekecilan, tapi nggak terlalu dongkol setelah baca thank you cardnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan langsung lunak pas baca thank you cardnya ya mbak :)
      kayak dirayu-rayu sama si kartu. Memang bener juga ya, thank you card ini mewakili visual atau lisan dari si penjual gitu, dan disampaikan melalui selembar kartu sederhana yang bermakna

      Delete
  3. Aku seneng juga simpenin thank you card dari gift yang dikasih temen-temen ato keluarga. Tapi kalo dari supplier tempat aku belanja online, aku malah ga pernah simpan. HAHAHA. Cuma aku mendapat kesan hangat dan senang liat thank you card dari olshop. Tapi aku ga buang kok thank you cardnya. Aku simpan di kotak isinya karton-karton gitu yang nantinya akan aku setor ke bank sampah yang nerima sampah karton. Jadi nanti akan diolah lagi menjadi barang lain, ga dibuang ke TPA ato malah berakhir ke laut. #pembelaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe salut buat mbak Frisca, ngumpulin kartu atau kertas bekasnya dan disalurin ke bank sampah ya.
      aku malah berakhir di tempat sampah mbak, dan nambah-nambahi pencemaran udara juga di TPA
      kudu pinter mengolah limbah kayak kertas atau kartu kartu bekas gini ya
      biasanya si tangan kreatif bisa mengubah suatu barang sederhana kayak gini jadi multifungsi

      Delete
  4. Aku jadi inget, semua thank you card yg aku dpt dr olshop kayaknya dibuang semua 😅. Kecuali dari temen Yaa. Itu sebagian ada . Tapi dipikir2 memang sebaiknya disimpen ya mba. Toh orang yg ngirim udah berusaha lebih dengan memberi kartu ucapan terimakasih gitu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang