Nikmatnya Pepes Tuna di Warung Pepes Kedawung

ikan pepes


Akhir-akhir ini saya termasuk jarang mengexpose kuliner di kota sendiri, Jember. Padahal dulu, awal ngeblog termasuk cukup sering membagikan informasi tempat makan di Jember. Entahlah, kok kayaknya lebih seru bercerita tempat makan baru di kota sebelah atau ketika traveling saja.

Jadi, kemarin teman ngajakin saya buat makan siang. Awalnya saya tolak, karena memang menghindari makan di tempat umum yang terlalu ramai. Setelah dijelaskan, kalau tempatnya sepi dan nggak banyak pengunjung, akhirnya saya mengiyakan tawarannya.

Kali ini, saya diajakin ke Warung Pepes Kedawung. 

Selamat Datang di Warung Pepes Kedawung
Ada yang pernah makan sajian menu ikan pepes? Biasanya menu ikan pepes dibungkus dengan daun pisang dan dilumuri bumbu merah layaknya sambal tapi nggak pedas.
makanan jember


Sampai di lokasi, ternyata sepi beneran, padahal saat itu adalah jam makan siang. Kebetulan sekali kan kalau sepi begini, nggak terlalu ramai orang dan pastinya makanan akan cepat sampai di meja makan.

Teman bilang, menu andalan disini tentu saja menu ikan pepesnya. Saya nurut saja apa kata teman, padahal tadinya mau pesen ayam lalapan. Dan saya mencoba memilih menu pepes ikan tuna dan minumannya wedang jahe ditambah sere. Sepertinya kok seger ya.
wisata kuliner jember

kuliner jember


Nggak perlu nunggu waktu lama, akhirnya sampai juga menu yang kita pesan. Dan baru tahu dong, kalau ternyata menu pepes tuna juga disajikan dengan sayur asam yang ditaruh di dalam wadah kecil.

Suapan pertama ke dalam mulut saya, omaigodd beneran seger sayurnya plus ditambah lauk ikan pepes. Sayurnya seger manis gitu dan masih hangat pula. Tumben juga, saya habis makannya padahal takaran nasinya buanyak banget untuk ukuran cewek.

Untuk ikan pepes tunanya, bumbu merahnya nggak pedas, jadi buat yang nggak suka pedas, pas banget makan disini. Ukuran ikannya juga cukup besar. Dan untuk sayur asamnya kalau untuk ukuran cowok sepertinya kurang banyak, karena hanya ditaruh di dalam wadah plastik kecil gitu.

Sumpah ini enak, saya saja sampe heran lihat nasi yang awalnya nggak sanggup buat habisin, lahh kok ternyata ludes juga.

Untuk minumannya sudah pasti seger ya, wedang jahe plus sereh dan ketika saya seruput seperti ada asem-asemnya dikit, mungkin diberi perasan jeruk nipis sedikit. 

Soal harga pastinya nggak bikin kantong mahasiswa kering. Untuk paket pepes atau botok yang terdiri dari nasi + lauk + sayur dihargai 15 ribu saja. Sedangkan untuk minuman dari harga 5 ribu rupiah.

Area Warung Pepes Kedawung
Warung ini berdiri di atas lahan yang cukup luas, seperti masuk ke dalam sebuah kebun di pinggir jalan. Area parkirnya saja luas banget. Dan pemilihan tempat duduknya bisa indoor atau pun memilih gazebo di luar ruangan. Kebetulan saya memilih area outdoor di gazebo dan cukup adem juga disini.
warung makan jember

kuliner jember


Buat alternatif makan siang ketika berada di Jember, boleh juga nih warung sederhana ini dicobain. Teman saya sampai berkali-kali kesini dan memang waktu itu sengaja ngajak saya karena dia tahu kalau di warung ini sudah pasti enak. 


Warung Pepes Kedawung
Jl. Merak 27 Jember



Comments

  1. owalah aku kok baru engeh pos terbarunya ternyata ini ya mba ai...takdelok seko henpun sik paling nduwur yacth dan yang review hotel...berarti templatenya kalau diliat via mobile kudu takpantengin dulu tanggal publishnya

    aku ngebayangin pepes tuna kok enak men ya mba ai....walau porsinya terbilang dikit tapi ngebaca deskripsi bumbu merahnya yang ga overpedes ini pas ama lidahku
    soalnya kalau pedes aku biasanya justru pesen yang level nol kwkwkwk,

    nasi segitu emang kelihatan pol waregnya ...tapi mba ai habis ga mba?

    wedang jahenya bagus banget warnanya...ada sensasi jeruk nipisnya juga...warnanya ungu ...bagus tone fotonya..Suasananya bener bener pewe buat nongkrong ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tampilan dari henpon beda ya mbak, jadinya kudu liat dari tanggal aja ya

      yang pepes ini mbak nit, widihh mantap betul mbak, nggak pedes ini, kadang kan ada tuh yang jualan pepes tapi bumbu merahnya pedes, sebenernya pedes juga enak ya, cuman kalau orang jualan rata rata tingkat pedesnya dibuat standart.
      nah kecuali mau buat sendiri bisa bebas banyakin lombok

      hahahaha ada ya pedes level nol alias ga pedes yo mbak
      nahh kok ya kemarin ini, abis aku nasi segitu, awalnya ga yakin, lahh panas panas makan sayur asem seger dan ikan pepes, ga terasa nasinya ikutan abis, heran aku tuh

      dannnn wedang jahe dicampur bunga telang ini nggak nyangka kalau warnanya bakalan cantik kayak gini, dan suasananya kayak dihalaman atau kebun mbak,, dan menurutku ini memang di dalam kebun gitu, milik owner warung ini jelasnya, soalnya ga ada tetangganya hahaha, kecuali tetangga diluar kebun atau pager kebun ini

      Delete
  2. Wedang jahenya pakai bunga telang ya, mba?
    Paket pepesnya murah banget ya, mba... padahal udah pake sayur asem. Nyari ke mana makan segitu bisa 15ribu di Jakarta XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik yo mbak Hicha wedangnya, aku juga nggak nyangka
      betull mbak Hicha harga makanan di jember kalau warung rumahan rata rata ya cuman belasan ribu gini aja
      di Jakarta susah ya mbak, gado-gado kaki lima kayaknya 20ribuan ya mbak

      Delete
  3. ampuuunn udah lama bangeeet aku gak makan pepes.. jadi pengen masak ikan pepes jugaa.. haha #latah
    enak ya mba kalo tempatnya sepi, jadi leluasa makan di kondisi ppkm gini..
    eh tapi kasian juga pedagangnya sih kalo sepi.. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss masak pepes mbak, buat makanan dirumah, udah kangen kan hehehe

      nahh enaknya kalau sepi pas ppkm ya nggak terlalu banyak bertemu banyak orang
      pas aku nyampe sini kesannya kayak sepi ga ada pengunjung, dan aku ngiranya mungkin hanya rombongan aku aja
      ehh ternyata pas aku dateng, nggak lama kemudian muncul lagi rombongan semobil mbak

      Delete
  4. Ini makanan favorit suamiku, Mbak Ainuuuuun. Favoritku juga sih. Ehehehe. Biasanya kalau masak sendiri, aku bikin pedes. Biar lebih nendang πŸ˜†.

    Aku kepo nih, tuna dipepes rasanya kayak apa ya. Pastinya enak 🀀. Apalagi kalau makannya sama sayur asem. Duh nyesel main ke sini pas belum makan, Mbak. Jadinya ngiler gini. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mbak Roem, piye kabare rek, aku kangen lho :D

      enaknya kalau bikin sendiri bumbunya bisa dibuat pedes atau enggak sesuka hati
      kalau beli rata-rata ga pedes, karna selera orang yang beli beda-beda

      ahahaha cuss makan sek mba

      Delete
  5. Suka sama tempat warung makannya, sederhana tapi asri dari kayu kayu semua ya mbak..

    Btw itu minumnya jahe sama kembang telang ya mbak? Perpaduan warnanya cakep.

    Aku pun ada rncana mau bikin pepes nih. Udah tak masukin daun dari bekas tempe ke kulkas biar dipake pepes kapan kapan πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess mba Ghin tempatnya adem dan bangunan indoornya juga kayu kayu gitu, banyak pohon juga, jadi ga terasa panas

      nah tuh dia mbak, aku baru tau perpaduan bunga telang kalau dijadiin minuman ternyata bisa warna ungu cantik hahaha, katrok banget aku

      trus jadi dibuat bungkus pepes nggak nih mbak sekarang daunnya, ahhh seger tuhh dimakan sama sayur asem

      Delete
  6. Kalau saya ke Jemberi lagi ajakin dong makan disini, btwe ikan pepes sama botok beda kan ya? Oh iya itu wedang jahe warnanya agak ungu-ungu gitu kayak dikasi bunga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayokkk mbak mampir Jember lagi ya hehe

      pepes sama botok beda mba Siti, botok ada macem macem juga, rata-rata ada campuran parutan kelapanya

      nahh wedang jahe yang bisa warna ungu itu, perpaduan dengan bunga telang, bunga telang aslinya berwarna ungu

      Delete
  7. Kalau di sana pepes itu udah pasti sambal merah ya, Mbak Inun? Soalnya kalau di tempatku, bumbu pepes itu malah kuning. Tapi baunya khas banget, wangi kemangi. Masalahnya nyari pepes yang enak itu susah, karena menurutku cara buatnya susah juga.

    Jadi penasaran sama pepes di sana, rasanya kira2 gimana yaaa. Mengingat ini makanan susah (menurut akuuu), jadi pasti enak sih. Ha ha ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh di jatim yang sering aku temuin kalau pepes disini bumbu merah mbak, tetep dari cabe. Kadang ada yang dikasih kemangi juga mbak
      terus kalau ditempat mbak Mega bumbu kuning dari apa ya mbak? kunyit, kunir atau apa

      soal rasa enak ya menurut aku, jadi ikan tuna nya dilumuri bumbu cabe merah, ikannya juga cuman di rebus aja mba

      Delete
  8. Huaa tempat makan yang kayak begini tuh yang aku suka banget! Dinding bambu-bambu gitu, hatiku rasanya adem banget lihatnya! Apalagi menunya ada sayur asem, beuh lengkap banget wkwk.
    Aku baru pertama lihat pepes ikan tuna lho! Biasanya yang paling sering aku temui di Bekasi tuh pepes ikan teri, tahu atau jamur πŸ˜‚
    Kak Inun pernah coba pepes jamur? Aku paling suka pepes ini :D
    Asli, lihat makanan lokal gini bikin ngiler banget πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya tempatnya adem disini, serba kayu dan ala ala rumah nenek di desa
      pepes teri, kayaknya kalau di tempatku bukan dibuat pepes kalau teri, tahu atau jamur ya, lebih dibuat campuran untuk botok.
      jadi ada botok tahu, botok teri, kadang ada yang jual botok jamur

      kapan kapan aku buat tulisan botok kali ya, mungkin ada yang belum kenal sama botok
      ini bukan botok wajah ya, ehh itu totok ya wkwkwkwk

      Delete
    2. Boleh boleh Kak Inun. Kapan-kapan buatkan tulisan tentang botok ya :D
      Aku termasuk yang baru tahu menu makanan yang bernama botok wkwk

      Delete
  9. Tempatnya baguss mba...
    Itu minumannya. Tak sangka minuma rasa blueberry karena warnanya ungu.. Tapi ternyata itu wedang Jahe ya..? Wahh pasti seger tuh Mba.. Apalagi kalau minumnya malem2.

    Makanan Pepes enak banget si.. Sayang aku nggak bisa bikin karena susah bikinnya. Nyari daun pisangnya juga.. wkwk
    Pepes Tuna aku malah baru dnger,, Biasanya yg sring aku makan pepes ikan Mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatnya adem, tenang kak Bay
      hahaha jauh juga ya dari wedang ke blueberry

      wihh kayaknya mantap tuh kalau diminum pas malem malem ya, badan jadi anget kann

      teruss kayaknya aku belum pernah makan pepes ikan mas, ada ya hahaha, ehh kayaknya pernah tau juga sih, tapi di jember jarang bangett tuh ada pepes ikan mas

      Delete
  10. Aku sekilas baca, tak kira kedaung nya cirebon, eh padahal kedawung. Beda tulisannyaπŸ˜‡

    Aku pokoknya yang namanya ikan ikanan syukaaa... apalagi pepes..

    Tempatnya cakep, terbuka, legaaa..
    Cocok di masa pandemi begini..
    Thanku infonya yg udah meracunikuπŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe nama kedawung ada banyak kembarannya ya mbak, di malang ada kelurahan kedawung malah setauku

      wahh mbak febby penyuka ikan ya mbak, aku ada ikan tertentu yang nggak begitu doyan, lebih tepatnya ga doyan banget, kadang kalau nemu ikan yang banyak durinya suka males mbak mau makan :D

      Delete
  11. Aku juga suka pepes ikan mbak tapi ikan kembung. Kalo ikan tuna belum pernah ngerasain kecuali kalo beli sarden.

    Warungnya luas juga ya, enak lokasinya di pinggir jalan, tapi kok sepi padahal waktu makan siang, apa karena pandemi ya, duh.πŸ˜”

    ReplyDelete
    Replies
    1. pepes ikan kembung baru tau aku mas Agus, ada ya ternyata ?

      ehhh aku lama ga pernah konsumsi sarden hahaha,, kangen juga sama bumbu sarden

      betul sekalee mas Agus, lokasinya pinggir jalan tapi pas aku dateng sepi, padahal jam makan siang, dan kayaknya orang yang nggak doyan kulineran nggak bakalan tau ada warung ini, tempatnya juga agak jauh dari kota sebenernya

      Delete
  12. Ngiler dooongggg!

    Pepes Tuna pula, pake sayur asem pula, peduli amat perut membuncit ������

    Saya paling suka ikan-ikan an sih, meski pertama kali kenal pepes di Jawa, tapi tetep ada saya suka.

    Apalagi pepes nya agak pedas, bercampur sayur asem dan nasi putih hangat.

    Masha Allahhhh... Selamat datang lemak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaa yuk dibuat mbak pepesnya hehehe
      kalau bikin sendiri emang agak ribet, nyiapin daun pisang, terus mbungkusi juga

      betulll tuh mbak, makan pepes plus sayur asem panas plus nasi hangat, yaampunnn lahapp benerr

      Delete
    2. hahahaaha, males dan saya kalau bikin sendiri, kayaknya ribet banget, udah dimasak kudu didaunin dulu, enakan beli yang enak hahaha.
      Dulu bumer sering bikin, tapi sekarang udah sepuh, jarang masak dianya :D

      Delete
  13. Wedang jahe pakai sereh wuiiiih, asiknyaaaa nih mimi nini abis mamam pepes tuna :) Unik banget ya kok waranya jadi keunguan gitu, mbak? Btw tempat makannya pas lagi sepi ya ini? Kelihatan bersih apik ya pemilik rumah makannya. Menu pepes memang suka ngangenin, apalagi kalau bumbunya melimpah dan pedas, hmm nyam3x!

    ReplyDelete
  14. Pepes? Udah lama ga makan pepes nih. Kalau bahasa Minangnya Palai kak. Di tambah wrdang plus sereh jadi makin mantap nih.

    ReplyDelete
  15. Pepes mah enak banget, apalagi pedes. Pepes tuna apalagi ya, jarang ini. Pake sayur asem plus sambal, makin maknyuss deh...

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ngerasain pepes tuna saya mba palingan pepes ikan bandeng tapi jadi penasaran, btw wedang jahenya jadi cantik ya karena bunga telang ini dari warna biru ke ungu :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang