Les Online Terbaik Ada di Ruangbelajar

les online terbaik ruang belajar


Sejak diberlakukan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), memang nggak asing lagi dengan pemberitaan seperti murid yang kesulitan mengakses internet sampai harus ke tengah hutan atau mencari lokasi yang agak tinggi untuk mencari sinyal. Sedih tiap kali melihat beritanya.

Apalagi kalau ada siswa yang tipikalnya susah belajar sendiri dirumah, orang tua bisa stress menghadapi anak yang seperti ini. Nggak perlu jauh-jauh, adik saya sendiri yang cowok susahnya minta ampun kalau disuruh belajar. Kadang ibu saya  sampai heran kalau misalnya nilai ujian dapat nilai bagus, padahal di rumah nggak kelihatan kapan belajarnya.

Hampir setahun menjalani rutinitas belajar online, biasanya kalau jadwal pelajaran berhitung, adik saya agak susah nih belajarnya, seperti fisika. Apalagi kalau dirumah, panduan dari guru hanya melalui layar handphone, jadi nggak bisa memantau anak didiknya secara personal.

Sebagai kakak yang baik, saya mencoba mencari informasi mengenai tempat les secara online yang bisa membantu adik saya untuk belajar. Jauh sebelum ada penerapan Pembelajaran Jarak Jauh, adik sudah ditawari untuk diikutkan les, tetapi menolak. Entahlah, ibu saya sampai heran kenapa dia malas les.

Sampai pada akhirnya, ramai diperbincangkan di media sosial mengenai keberadaan ruangbelajar dari Ruangguru. Saya telusuri lebih lanjut lagi, fitu fitur yang ada di aplikasi Ruangguru ternyata cukup friendly dan mudah dipahami untuk anak sekolahan.

Kenalan dengan Ruangbelajar

Ruangbelajar merupakan inovasi baru yang diluncurkan oleh Ruangguru. Ruangbelajar sendiri merupakan platform yang dilengkapi dengan ribuan video materi dan pembahasan dengan lebih dari 1.200 total sub topik untuk semua jenjang. Di platform ini, siswa dapat memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang diminati serta sub topik yang ingin dikerjakan.

layanan belajar online di ruangguru


Ruang Belajar by Ruangguru Pilihan Terbaik Les Online

Saya mencoba mencari tahu lebih lanjut di aplikasi ini, ternyata banyak banget pilihan mata pelajaran yang disediakan, dilengkapi dengan kuis, latihan soal dan rangkuman pelajaran berbentuk infografis yang menarik.

Adanya fitur video rekomendasi juga memudahkan adik saya untuk belajar pelan-pelan mengenai pelajaran sekolahnya, seperti pengenalan piutang pada pelajaran akuntansi keuangan karena kebetulan adik saya mengambil tingkat pendidikan jalur SMK.

Fitur bank soal juga sangat lengkap, adik saya bisa memilih tema pelajaran yang dimau, tinggal download dan taraa dia bisa belajar dengan mudah dari materi yang di didapatkan di ruangbelajar tadi.

les ruangguru


Dengan hadirnya ruangbelajar sebagai layanan belajar online terbaik, sangat  membantu ibu saya yang kesulitan memahami materi pelajaran sekolah si adik,  dan adik saya juga ada teman belajar meskipun secara online.

Dari segi harga juga nggak mahal, masih terjangkau atau masih sama dengan kalau kita memilih mendaftarkan diri les di tempat bimbingan belajar secara offline.

les online terbaik ruangbelajar

Memasuki bulan Juli ini, hadir beberapa fitur baru yang rilis di platform ruangbelajar, yaitu seperti fitur :

  • Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis di dalam video, membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya.

Tujuan dari fitur Adapto ini, supaya hasil belajar siswa dapat ditingkatkan lagi dengan belajar sesuai kecepatan mereka sendiri dan memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.

  • Rencana Belajar

Fitur ini memudahkan pengguna ketika menonton video pembelajaran, mereka sering terganggu dan harus berhenti di Aplikasi Ruangguru dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan dari fitur Rencana Belajar atau Playlist Belajar adalah menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna serta memberikan rencana pembelajaran kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

  • Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global, transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan dari fitur Subtitle Video ini dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video dan memastikan siswa memahami dan nggak melewatkan poin penting.

  • Fitur Pencarian

Fungsi dari fitur pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Tujuan dari tambahan Fitur Pencarian yaitu untuk menemukan materi belajar secara lebih cepat.

  • Pet Mission

Tujuan dari fitur ini yaitu dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat lagi belajarnya.

  • Tes Minat Bakat

Fitur tes minat bakat ini bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri dan hasil dari tes minat bakat untuk mengetahui jurusan sesuai dengan pilihan si anak yang ditunjang sama bakat yang dimilikinya.

Wow, banyak juga fitur baru yang muncul di ruangbelajar, saya harap kehadiran fitur ini menambah semangat adik saya buat belajar lagi.

Saya juga berharap nih, kehadiran ruangbelajar juga membantu saudara atau adik temen-temen yang juga mengalami kesulitan belajar sendiri selama dirumah.

Ada yang sudah pernah cobain belum nih?

 

 


Comments

  1. Aku suka lohh sama RuangGuru. Aku nyambi sebagai guru les juga. Berhubung kegiatan les udah lama berhenti sejak pandemi. Aku selalu ngerekomendasiin ruang guru semisal orang tua mau anaknya bisa les dengan metode yang menyenangkan.
    Karena sejauh ini ya RuangGuru yang punya metode mengajar paling baik menurutku.
    Cara2nya simpel, dan menyenangkan buat si anak mengikuti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu zaman aku dulu kuliah disambi sama jadi guru privat, masih belum ada ruangguru. Coba kalau udah canggih ya tahunku dulu itu, jadi hape aja masih yang sebatas sms aja sama wali muridnya

      Bener bener kehadiran ruangguru membantu banget ya kak, baik buat siswa, wali murid atau buat tenaga pendidiknya juga

      Delete
  2. Saya suka banget sama aplikasi ini, bener2 aplikasi yg luar biasa!
    Tapi saya blm mencobanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kehadirannya bener bener diluar pemikiranku kak
      luar biasa pokoknya ini, salut sama ownernya yang masih muda

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang