Short Escape di Pantai Cacalan Banyuwangi

wisata banyuwangi

Letak geografis Kabupaten Banyuwangi yang terbilang strategis menjadikan kota ini sering dilewati pengendara baik dari arah Kabupaten Situbondo maupun Kabupaten Jember ketika akan menuju ke Pulau Bali. Apalagi sekarang ini progress tempat wisata di Banyuwangi makin membaik. Nggak heran kalau dibuka juga rute transportasi udara dari Jakarta ke Banyuwangi, yang memang cukup banyak dimanfaatkan warga ibukota untuk sekedar refreshing menikmati alam dan kuliner di Banyuwangi.

Kali ini saya lagi pengen refreshing ke pantai, nggak perlu jauh-jauh sampai ke pelosok Banyuwangi, tapi cukup di tengah kota saja, yaitu Pantai Cacalan. Lokasi pantai cacalan juga gampang ditemukan, berada di kecamatan Kalipuro, Desa Sukowidi, Klatak. Sebenarnya ini kali kedua saya main ke Pantai Cacalan dan katanya sih Pantai Cacalan ini merupakan spot terbaik untuk menikmati sunrise. Sayangnya saya nggak pernah pagi-pagi bener kesana, mager euy.
tempat wisata banyuwangi

Selamat Datang di Pantai Cacalan
Untuk masuk ke Pantai Cacalan nggak ada tiketnya alias free, jadi pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan saja, kalau motor cuma membayar 5 ribu rupiah. Termasuk murah lah ya.

Kunjungan kali ini sebenarnya masih terbilang pagi, yaitu sekitar jam 10. Meskipun cuaca saat itu cukup panas tapi karena banyak pepohonan di area pantai, jadi nggak terasa menyengat juga sinar mentarinya.

Di area depan atau tepatnya setelah pintu masuk selain difungsikan sebagai area parkir, juga terdapat beberapa warung makan dan gazebo plus ada kolam ikan kecil. Dibangun juga semacam panggung beton di atas kolam ikan ini, dengan tambahan tulisan Pantai Cacalan, mungkin dimaksudkan untuk dijadikan spot foto gitu. Sayangnya, panggung beton ini terlihat berantakan dengan bekas cetakan pondasi-pondasinya, entah dimodel seperti itu atau memang kurang diperhatikan oleh pihak pengelola.
wisata di banyuwangi

tempat wisata di banyuwangi

wisata banyuwangi

Bosan di area depan, saya berjalan menuju area belakang dengan melewati jembatan kayu minimalis. Di area belakang yang tertutupi deretan warung-warung tadi ini, terdapat sebuah rawa, beberapa gazebo dan tenda payung lengkap dengan kursi malasnya. Tetap ya, kalau ingin menggunakan tenda payung dan kursi malas ini kudu membayar sewa 10 ribu. Jadi, jangan asal duduk saja.
fasilitas pantai cacalan

pantai cacalan

Sebenarnya tujuan kali ini ke Pantai Cacalan hanya ingin bermain kano hahaha. Mau main ke pantainya juga nggak terlalu tertarik, soalnya pasir pantainya hitam.

Let’s go, kita bermain kano.
area bermain kano

pantai banyuwangi

Jadi untuk bermain kano, pengunjung harus membayar tiket sebesar 20 ribu ke bapak-bapak petugas yang berjaga di depan rawa ini dengan durasi waktu bermain selama 30 menit. Buat saya, 30 menit ini sudah terlalu lama dan karena takut kebalik pas main kano, jadi mainnya nggak sampai full 30 menit. Yang penting udah muter muter sampai ke tengah rawa sudah cukup.
area bermain

liburan banyuwangi

Di pinggiran rawa ini terdapat beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar duduk-duduk atau menikmati view rawa dan di tengah rawa juga banyak pohon-pohon semacam pohon bakau. Tapi kalau mainnya siang pas sinar matahari tepat di atas kepala, ya lumayan terasa banget panasnya.

Di atas rawa sengaja dibangun jembatan kayu, jadi ketika pengunjung bermain kano dan ingin ke tengah rawa yang agak jauh akan melewati bawah jembatan ini.

Nggak banyak yang bisa dilakukan di Pantai Cacalan selain karena ingin menikmati pemandangan Selat Bali dan ngeliat Pulau Bali dari kejauhan atau cuma ngadem aja di gazebonya. Jadi saya hanya menghabiskan waktu kurang lebih nggak sampai 2 jam di pantai ini.
menuju pantai cacalan

Kalau teman-teman ke Kota Banyuwangi nggak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Cacalan, karena memang lokasinya masih di sekitar kota dan lumayan buat refreshing. Sepertinya kalau kesini mending waktu sunrise atau sore sekalian, kecuali kalau niat memang ingin berpanas-panasan seperti saya.

Atau mungkin berniat malam hari mau ke Pantai Cacalan, tapi ya nggak bakalan ada yang bisa dilihat pantainya, gelap gulita. Biasanya pengunjung bakalan menikmati makan malam di warung-warung yang disediakan pihak pengelola.

Cuss diagendakan guys.

Pantai Cacalan
Jam operasional 05.00 - 23.00

Comments

1. Aku lagi ngebayangin enaknya main kano itu mbak, tapi rada takur juga kalau gapake pelampung. Takut panik diatas air wkk.. Pernah sih ke banyuwangi tapi cuma lewat, peris kayak mbak bilang kalau mau nyebranh ke bali, semoga bisa kesana dan eksplore Banyuwangi.

Replies
    1. Hai mba Nita, aku juga takut kecemplung mbak waktu naik kano, makanya ga berani lama lama dan nggak mau jauh jauh banget ndayungnya hahaha, pokoknya udah ngerasain ndayung sendiri di rawa Cacalan, udah cukup
      semoga besok besok ada kesempatan mampir lebih lama di Banyuwangi ya mba

Delete
  2. kangen banget sama pantai yaa ampuunn!
    apalagi dari kemaren temen-temen pada pergi ke Banyuwangi surga pantai dan liat postingan ini makin mupenglah aku 😶
    pantainya bersih ya mbak, dan sepi pulaaaaa ah jadi ingin hihi
    apalagi kalo ada wahana perahu-perahu gitu aku suka susah nolak 😝

Replies
    1. hehehe cuss mbak diagendakan, jadi ceritanya mba dea diiming-imingi alias dipamerin gitu yo sama temen temennya :D
      ayooo ayooo sini mbak
      pas kemarin kesini lagi aku penasaran mau cobain wahana itu mbak, akhirnya kesampaian

Delete
  3. Que lugar perfeito, eu vejo sempre essas postagens, e, elas são legais, eu amei esse lugar, é tudo muito lindo parabéns pela postagem. Beijos flor!♡

4. pantai di banyuwangi itu bersih2 banget emang mbak
    buat photo shoot jadinyab dar der dor
    apalagi suasana resort nya kayak di Thailand
    harus rencana ke banyuwangi lagi nih

1. asek asek ditunggu cerita selanjutnya pas nanti ke Banyuwangi ya
      aku pengen ke Malang hahaha, padahal baru 2 bulan lalu ya aku ke Malang

wahhh kapan bisa ke Thailand lagi, pandemi susah ya mau pergi jauh jauh mas Ikrom
      malang aja dulu, pantai disana juga bagusss

Delete
  5. Naik kanonya tanpa bimbingan navigator, ya? Langsung sendirian? Wah, takut juga klo gak bisa berenang.

Replies
    1. hehehe iya mbak sendirian aja gitu ndayungnya. Makanya aku ga berani jauh-jauh mbak, hyaa takutt kebalik tuh perahunya

Delete
  6. Jadi inget dulu waktu ke Bali pasti lewat Banyuwangi dulu. Tapi sayangnya aku belum pernah mampir dan menikmati tempat wisata di sana. 🤭

Ngomong-ngomong, aku telat banget taunya kalau Banyuwangi punya banyak tempat wisata, Mbak Ainun. Aku baru tau mungkin dua atau tiga tahun lalu. Sempat mengagendakan ke sana, tapi sayangnya kok sampai sekarang cuma agenda doang 😔. Mudah-mudahan segera ada waktu main ke sana.😌

Replies
    1. semoga besok besok waktu mau ke Bali dan lewat Banyuwangi lagi, ada waktu lebih ya mbak, jadi bisa explore gitu

2 atau 3 tahun lalu bisa jadi nggak sebanyak dan seramai sekarang tempat destinasi wisata atau kulinernya, dan tiap tahun aku rasa wisata di Banyuwangi terus berbenah mbak, jadi makin nyaman dan bagus juga

Delete
  7. Seru ya, bisa jadi salah satu refrensi jika bertandang ke Banyuwangi. Sempat baca2 juga klo pantai cacalan memiliki debur ombak yang cukup tenang.
    Selain itu fasilitas untuk bermain kano juga jadi salah satu yang menarik dari destinasi ini

Replies
    1. iya mba Siti, debur ombaknya ga terlalu ganas disini, masih tenang gitu, cuman aku kemarin agak takut juga mau ke pasir pantainya
      nah fasilitas kano ini memang menarik wisatawan juga mbak, ada untungnya juga dibuat tambahan tempat kano seperti ini

Delete
  8. Kak Inun, itu main kano-nya nggak dikasih pelampung kah? Aku lihatnya ngeri banget, takut kebalik 😂 wkwkwk.
    Anyway, terima kasih udah ajak aku jalan-jalan virtual 😍 meskipun nggak menginjakan kaki di pantainya secara langsung, tapi hawa dan wangi pantainya berasa sampai ke tempat aku berada #lho #halu wkwkwk. Asik banget kalau sore-sore nongkrong di gazebo dekat lautnya, kebayang betapa sejuk dan semua penat terbang melayang 😍😍

1. enggak dikasih pelampung Li, justru itu aku juga takut kebalik hahaha
      tapi karena niat pengen naik gitu gara-gara liat di sosmednya, kan pengen, ya daripada penasaran dan rugi udah kesana hahaha
      duduk digazebonya terus nggak ngapa-ngapain dijamin ngantuk hahahaa

9. banyak pohonnya juga ya, jadi gak terlalu panas

1. bener mbak Tira, ademmm jadinya, meskipun cuacanya saat itu panas banget

Delete
  10. Jadi pengen naik kano juga mbak. Dulu bgt pernah main kano di telaga Merdada Dieng, seru banget ih.. Kl aku ke Banyuwangi mau diajak main kemana aja mbak?xixixi
    Ke pantai pasir hitam juga nggak apa2, anak gunung liat pantai mah udh seneng bgt. Ngarep diajakin main

Replies
    1. hahaha yok ayokkk kesini. banyak banget tempat di Banyuwangi yang menarik, mau model santai rebahan ada, mau ekstrim juga ada
      Telaga merdada Dieng ini yang mana ya, duhh aku waktu aku ke Dieng kok ga ada nama Merdada, yang aku tau telaga dieng gitu aja

Delete
  11. Lupa kapan terakhir pergi ke pantai. Pantai di sini merupakan tepian sungai kapuas. Hiks
    Letaknya yg berada di ujung, membuat banyuwangi punya banyak pantai yang sangat bagus. Keaslian pantainya juga masih terjaga sengan baik.

Replies
    1. aku pengen ke pantai pantai di Kalimantan sana malah, kapan ya, belum keturutan hahaha

bener banget mas Vay, Banyuwangi ini termasuk strategis dan memiliki pantai yang cukup banyak, di pusat kota aja ada pantainya, tinggal melipir bentar sampe

Delete
  12. Kalau lihat foto-fotonya sepertinya tempatnya lumayan sejuk, orang kota betah banget nih berkunjung ke tempat ini. 10.000 itu sewa bangku malas dan payung untuk berapa lama?

Replies
    1. wahhh lupa nggak nanya aku kalau 10ribu berapa lama, kalau sepuasnya kayaknya juga nggak mungkin

Delete
  13. Aku sampe mikir udh berapa lama yaa trakhir kali aku ke pantai :p. Kayaknya sih 2019. Walopun bukan tempat wisata favoritku, tp kdg aku bisa suka kalo memang ada spot wisata lainnya selain pantai, kayak pantai cacalan ini ada main kano nya. Menarik sih :D. Aku LBH milih dayung kano drpd main dipantai :D. Apalagi kalo ada warung makan seafood mba. Bisa lama di sana aku :D.

Replies
    1. hahahaha pas cocok lahh ini pantai Cacalan mbak, ada warung makannya juga dan kayaknya jual menu sea food disini
      terus ada gazebo buat ngadem juga di dekat kano tadi
      diagendakan ke Banyuwangi setelah pandemi mbak Fan :D

14. Salam kenal mba Ainun, iya murah ya bayar 5 rb, tempatnya keliatan bagus

1. salam kenal balik mbak
      iya mbak tiket retribusi tempat wisata di Banyuwangi sebagian besar masih terjangkau banget

Delete
  15. Wah enak tiket masuk ke pantai cacalan gratis mbak Ainun, disini pantai Carita masuknya bayar 30 ribu, padahal sama saja ke laut ya cuma lihat air doang.😂

Oh pantai cacalan ada rawa buat main kano juga ya mbak, lumayan murah juga sih 30 ribu setengah jam, disini ada bebek bebekan bayarnya 25 ribu tapi cuma 15 menit, tapi kalo lagi sepi ya bisa sampai setengah jam sih.😄

Replies
    1. ralat mas Agus, yang bener 20 ribu aja di pantai Cacalan untuk tiket main kano-nya

hahaha kalau dipikir-pikir iya juga kita ke pantai memang yang diliat laut, mungkin kalau tiketnya mahal sebanding sama fasilitasnya mungkin ya. Tapi kalau ke pantai palingan ada tempat duduk malas-malasan kayak gini, terus gazebo, terus menikmati degan kalaupun ada

Delete
  16. Pantai seindah ini,...
    Terlihat sejuk n menenangkan. Apalagi pas suntuk kerja, duh, langsung aja sueger iyaaaa....

Dan, gratis masuknyaaaa... uwow banget deh..
    Secara pantai di Jkt masuknya ja bayar!!

Thanku mba, udah dikasih info tempat wisata menarik😍

Replies
    1. bener mba Feb, kalau pas sumpek cuss tinggal mampir bentar ke pantai ya. Kalau area rumahnya deket ama pantai masih enak, ga perlu sampe berjam-jam juga nyetirnya

Delete
  17. Banyuwangi tuh keren ya.. 😍😍 kemarin abis baca2 juga Mba yg wisata Hutan di Banyuwangi.. bagus bangettt..

Dan ini Pantainya. Wahhhh 😍😍 favorit banget karena wisatanya nggak hanya sebatas pantai doang. Tapi ada wisata rawanya juga..

Mau banget aku nyoba naik kanonya.. tapi tenggelam nggak ya.. 🤣🤣🤣

1. ayokk ke Banyuwangi kak Bay, banyak wisata alam dan kulinernya juga

nahh yang pantai Cacalan ini kebetulan ada tambahan wisata kanonya, lumayan buat muter muter sambil main dayung-dayungan gitu
      nahhh kalo pas naik kano jangan banyak gerak juga hehehe, aku aja anteng hahaha, saking takutnya

Delete
  18. Wah... asyiknya maen ke pantai. Jadi kangen ke pantai dan main kano, padahal akhir-akhir ini lagi seneng maen ke hijau-hijau. Tapi, rasanya kalau diselingi mantai kayaknya asyik juga.

Anyway, Kak, kalau aku maen Kano mungkin bisa sejam deh. Soalnya seru lho. Hihi...

1. iya mba Shandy, mainnya diseling-selingi gitu biar ga bosen hehe
      di Malang juga cukup jauh ya pantainya

main kano sebenernya seru ya, tapi kalau bagi yang takut takut gimana bikin deg-degan juga naiknya. Masih mending kalau ada jaket pelampungnya ya, jadi main kanonya bisa lama

Delete
  19. Pantai Banyuwangi Cantiknya luar biasa. Pernah lewat di Banyuwanyi Tahun 2009. Saat ke Bali. Tapi gak ketemu pantai Cantik begini, ananda Ainun. He he ...

1. woooowww udah pernah lewat Banyuwangi ya mbak
      mungkin tahun segitu belum dibuka juga mbak akses pantainya dan belum banyak info juga

Delete
  20. sepi banget mba pantainya. enak sih itu, bisa puas explore, foto-foto dan menikmati suasana pantai. apalagi ga ada tiket masuknya. mantaff itu. kayaknya kalo dateng subuh lebih enak kali ya mba, sambil nunggu sunrise.. hehe

Replies
    1. iya mbak kebetulan hari minggu waktu aku dateng sepi, tumben juga, mungkin karena pas bulan ramadhan juga. biasanya rame.
      betul banget mbak Thya, kalau kesini enakan subuh, jadi bisa motret sunrise.
      aku selalu gagal kesini pagi-pagi karna lebih banyak magernya :D

Delete
  21. Keren deh mbak pantai cacalan nya, udah free,jarang lho sekarang pantai gak ada tiket masuk nya, yg asyik nya ada wahana air nya juga, trus tempat bersantai dan lain nya.

Replies
    1. nahh iya mas Andy ada wahana main kano gini yang bikin seneng juga sebenernya. jadi ga bosen liatin laut aja ehehe

Delete
  22. Seru nih ya mbak pantai cacalannya. Pantainya, dalam bayanganku tidak seperti "pantai mainstream" pada umumnya yaak. Masih banyak pohon pohon dan daerah hijaunya. Aku kira pantai hanya pasir tok saja hhaha...

Replies
    1. kebetulan yang pantai cacalan masih ada adem-ademnya, lumayan juga, jadi waktu siang juga ga langsung terpapar sinar matahari. Aman mas Do
      ayoo kapan ke Banyuwangi

Delete
  23. Pantai selalu menjanjikan momen-momen relaksasi yang menyenangkan memang :')

Amazing viewww

Paling penasaran sama rawa nya
    Aku suka liatin biota air rawa/muara yang kecil-kecil gitu

1. setujuuu, pergi ke pantai memang menenangkan ya asal ga panas hehe

sejuk gitu ya kak Aul kalau liatin rawa, adem bawaannya

Delete
  24. Saya termasuk nolep untuk bisa menikmati wisata" di daerah saya. Males aja liburan tuh haha.
    Kalo dilihat-lihat, tempatnya asri dan seger ya Kak. Enak juga kayaknya berenang di sana. Boleh gak berenang? 😅

1. iya mas Nanda tempatnya cukup adem juga karena banyak pohon
      kalau berenang nggak disarankan disini

Delete
  25. Wih seru banget main kanonya mba, saya seumur2 belum pernah naik kano, klo liat mbaknya kayak udah terbiasa ya, uniknya bisa ada rawa gitu dekat pantai ya :)

Replies
    1. sebenernya bukan terbiasa karena sering naik kano mbak. Dulu waktu ke lombok pernah kano juga tapi di laut, nahh itu tambah merinding lagi, soalnya lebih dalem
      yang pantai ini kayaknya ga dibuat dalam mbak,ini buatan sepertinya

26. Pantainya indah sekali
    Photo-phootnya juga keren
    Saya suka

1. iya bang Djangkaru, lumayan buat cuci mata dipantai

27. indah pantainya.....
    lumayan falitas wisatanya....

Thank you for sharing

1. sama-sama mas Tanza

pantai di Banyuwangi sebagian besar indah-indah

Delete
  28. Salah satu keistimewaaan Banyuwangi ini pantainya dkt kota yaaa... btw aku blm pernah ke sini.. lumayan panas juga ya klo main kano siang bolong 🤪 tapiii kalo sorean serem juga kali ya, krn masih murni rawa begitu hehe, tapi keren juga ada fasilitas kano.. wait, itu main kanonya sendirian ya?? Omg bikin deg2an gak sih mbak hahaha aku pasti udh overthinking aja 😂

Replies
    1. iya mbak Tika, kelebihan Banyuwangi adalah ada pantai di tengah kota, perjalanan juga ga bakalan jauh
      hehehe waktu mau main sebenernya takut takut gimana sama kano ini, tapi karna penasaran ya nekat akhirnya
      dan aku juga sebelumnya overthinking gitu, gimana nanti kalau jatuh :D

Delete
  29. Ada pantai sebagus ini di ujung timur Jawa, gak ada ombaknya ya kak?
    perlu agendakan kesana nih :)

Replies
    1. ombaknya ga gede juga kak, tapi aku juga ga berani buat main main air lautnya, kalaupun mau ke pantai cukup sampai pasir pantainya aja kak

Delete
  30. aduh kak ainun aku suka banget suasanannya, apalagi itu gazebo yang deket pantai yang ada pohon kelapanya, fotonya bagus banget bikin aku pengen kesananya. sayang gak ada foto pantainya, aku jadi penasaran sehitam apa sih pasirnya? hehehehe

Replies
    1. kalau duduk-duduk di gazebonya terlihat adem mbak dan memang disebelah sini ada banyak pohon, jadi panasnya ga terlalu panas banget.

ehh aku ada foto pasir sama kaki sebenarnya hahaha, pasirnya juga ga beda jauh sama pasir yang nampak di foto atas mbak

Delete
  31. Banyak temen-temen blogger yang share wisata keren Banyuwangi. Keren banget dah, apalagi yang hotel pinggir pantai itu, lupa namanya, keren pokoknya.

Replies
    1. hotel pinggir pantai ada cukup banyak mas Amir, ada hotel ketapang indah, hotel banyuwangi beach, hotel watudodo resort juga ada, hotel dialog juga mepet pantai

Delete
  32. Pasir oantainya item. Mungkin karena berdekatan dengan rawa kali ya Kak?
    Mencoba (biduak) kano mungkin bisa nih.

Replies
    1. hehehe, tipikal pantai yang dideket selat bali rata-rata item kak.
      di jejeran pantai yang hotel dialog juga item

hehehe ayo diagendakan ke Banyuwangi biar bisa main kano juga