Bingung Dana Usaha, Pertimbangkan Hal ini Sebelum Bertindak

kredit-tanpa-agunan


Kebutuhan tiap orang memang nggak bisa diprediksi,  apalagi kalau sudah menyangkut soal financial. Mungkin ada yang butuh dana tambahan untuk mengembangkan bisnisnya, bisa jadi ya kan. Sebenarnya banyak cara juga untuk mendapatkan tambahan dana seperti pinjam saudara atau melalui bank. Sebagian besar banyak juga yang melakukan pinjaman uang melalui bank dengan cara mengajukan kredit tanpa agunan atau KTA.

Apa itu Kredit Tanpa Agunan?
Kredit tanpa agunan atau yang disingkat KTA adalah sebuah pinjaman yang memungkinkan nasabahnya untuk meminjam uang tanpa perlu menyiapkan asset sebagai jaminan.
Kalau nggak ada asset, apa mungkin si pemberi pinjaman mau memberikan suntikan dana? Mungkin saja, karena pihak bank akan memberikan pinjaman berdasarkan riwayat pinjaman. Bank akan melihat riwayat kredit motor atau mobil riwayat kartu kredit dan KPR.

Manfaat Kredit Tanpa Agunan?
Nah ini dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan nasabah jika mengambil kredit tanpa agunan.

Persyaratan Mudah

Dengan mudahnya persyaratan seperti nggak perlu memiliki asset yang bisa dijadikan jaminan atas pinjaman nasabah

Jika ingin mengajukan kredit tanpa agunan, nasabah hanya perlu mempersiapkan dokumen yang menunjukkan riwayat kredit si calon nasabahnya tadi serta hanya perlu menyiapkan dokumen seperti KTP atau KITAS, Kartu Keluarga, slip gaji dan juga NPWP.
Terbilang cukup mudah ya syaratnya

Pencairan Lebih Cepat

Masa pencairan kredit tanpa agunan biasanya berlangsung cepat dan membutuhkan waktu sekitar satu sampai tujuh hari.

Proses yang cepat ini dikarenakan nggak adanya proses penaksiran agunan dan nasabah melengkapi semua dokumen yang diperlukan. Hal lain yang menyebabkan proses pengajuan KTA cepat cair karena KTA ini terdapat hampir di semua jenis bank, dari bank milik Negara hingga bank swasta.

Resiko Kredit Tanpa Agunan

Setiap produk keuangan atau kredit pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan. Nah ini dia resiko yang mungkin terjadi dengan adanya proses kredit tanpa agunan.

Tenor atau Masa Pinjam Lebih Pendek

Resiko yang mungkin bisa terjadi ketika mengajukan kredt tanpa agunan yaitu masa pinjamnya yang lebih pendek. Hal ini dilakukan olehh calon debitur untuk mengantisipasi kredit macet atau gagal bayar. Biasanya masa tenor kredit tanpa agunan maksimal 5 tahun.

Jumlah Pinjaman yang Rendah

Selain bunga yang tinggi dan masa tenor yang pendek, ada kekurangan lain dari kredit tanpa agunan itu.  Tindakan ini merupakan bentuk antisipasi dari calon debitur terhadap adanya kredit macet yaitu pihak bank memberlakukan adanya batas pinjaman yang bisa diberikan.

Dengan adanya kemudahan yang diberikan dari kredit tanpa agunan ini seperti cicilan angsuran yang lebih rendah dengan jangka waktu yang disepakati. Dan untuk jangka waktu ini biasanya pihak bank memberikan  pilihan sehingga nasabah bisa menyesuaikan dengan kemampuan.

Dan meskipun kredit tanpa agunan ini menawarkan banyak kemudahan, perlu dicatat juga untuk nasabah yang berminat untuk berfikir dengan bijaksana sebelum membuat keputusan. Kredit ini memang dipinjamkan tanpa jaminan dan hal ini yang membuat masyarakat tertarik. Padahal untuk calon nasabah yang memilih produk kredit tanpa agunan tanpa memperhitungkan perhitungan yang matang, justru akan membuat mereka kolaps.

Namun, jika pengajuan kredit tanpa agunan ini digunakan untuk mengembangkan usaha, maka hal ini nggak akan jadi masalah. Tentunya si calon nasabah juga harus memperhitungkan terlebih dulu akumulasi dari perkiraan  cicilan dan total pembayaran setiap bulannya.

Intinya tetap bijak dalam setiap penggunaan keuangan, entah itu keuangan yang bersumber dari kantong pribadi atau pinjaman uang dari bank. Banyak cara juga untuk mencari sumber info terpercaya sebelum memutuskan tindakan ini seperti browsing melalui https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan, nanya-nanya ke teman atau saudara yang mungkin pernah mengajukan permohonan kredit serupa.




Referensi :
- cermati.com
- ruangmom.com
- ahlipresentasi.com


Comments

  1. sepakat banget sih mbak Ainun, kalau kita mesti bijak dalam setiap penggunaan keuangan. nggak apa2 misal kredit untuk modal usaha, asalkan bisa memperhitungkan risiko2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipirili mba el
      kadang kita kita pengen punya usaha sendiri tapi terbentur modal juga :D

      Delete
  2. Memang kalo kredit tanpa agunan itu biasanya kecil jumlah duitnya karena bank khawatir barang kali tidak bisa melunasi tapi biasanya kalo buat usaha tidak terlalu ribet sih, cepat cairnya, beda misalnya buat kawin lagi, ngga bakal cair.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, seneng kali aku melihat Om Agus yang kembali aktif di dunia per-blog walking-an.. Tapi belio blm rilis lagi nih tulisan terbaru

      Delete
    2. Belum mood menulis mas Dodo soalnya lagi ada hal lain yang lebih penting. Makasih banyak atas perhatiannya.😀

      Delete
    3. hehehe kawin lagi
      iya mas agus, kalau kawin mending pake duit tabungan ya

      hai mas dodo :)

      Delete
  3. Replies
    1. iya mba, jadi sebelum memutuskan kudu bikin perhitungan yang tepat juga mba

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang