Tujuh Jenis Es Kopi yang bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

es kopi


Dengan cuaca hangat di Indonesia yang dapat mencapai 35o celcius, mengonsumsi es kopi sepertinya menyenangkan. Ditambah lagi masa pandemi Covid-19, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mencoba membuat es kopi sendiri di rumah. Terdapat tujuh jenis es kopi yang bisa teman-teman buat sendiri di rumah untuk mendampingi camilan sehat sehari-hari.

Tujuh kopi ini mengandung bahan-bahan yang cocok untuk kalian yang mengikuti diet. Diet dengan tipe bebas susu, paleo, dan/atau keto. Setelah mencoba resep ini, teman-teman bahkan mungkin menemukan es kopi ini seenak kopi merk terkenal di luar sana.

Tujuh Es Kopi Pereda Dahaga

Dilansir dari Boston Magazine, berikut 7 pilihan es kopi yang bisa dibuat sendiri di rumah!

1. Kopi Es Seduh Dingin DIY



Dimulai dari es kopi yang paling simple dan mudah. Untuk membuat minuman dingin buatan sendiri kali ini, kalian hanya membutuhkan kopi bubuk, air dan kain katun tipis atau kantong susu kacang. Untuk mendapatkan kopi yang paling beraroma dan kental, kalian harus mendiamkan bubuk kopi di dalam air setidaknya selama 12 jam.

2. Es Kopi Santan Thailand


 

Rasa es kopi ini berasal dari santan yang dibuat dengan cara mengocok santan, sirup maple, ekstrak almond, cengkeh, pala, dan kapulaga di atas kompor. Pembuatannya yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit, cobalah membuat minuman segar ini dalam jumlah besar di awal minggu.

3. Es Kopi Almond Joy


Resep es kopi ini bisa dibuat dengan cara diblender. Erythritol digunakan sebagai pemanis, tetapi kalian juga bisa menukarnya dengan sirup maple atau gula biasa jika kalian mau. Untuk menghindari kopi menjadi terlalu manis, pastikan untuk menggunakan serpihan atau keripik kelapa tanpa pemanis.




Tambahkan Juga serpihan kacang almond agar rasa lebih gurih. Apa lagi kacang almond yang dibalur dark chocolate. Dijamin akan menambah rasa yang nikmat. Kamu bisa membeli camilan kacang almond tersebut di gonutify.com!

4. Iced Caramel Macchiato


Kopi ini adalah resep ramah paleo dengan pilihan menggunakan saus karamel buatan sendiri. Untuk membuat saus karamel, kalian bisa menggunakan sirup maple atau gula kelapa dan panaskan dengan santan dan minyak kelapa dalam panci saus sampai mendidih dan menjadi karamel. 

5. Kocok Protein Es Kopi Diet



Kopi, protein kolagen vanila, bubuk kakao, kayu manis, dan susu rendah gula dicampur bersama untuk membuat minuman kocok ini. Alpukat juga digunakan, untuk membantu menciptakan tekstur lembut dan menambah lemak sehat untuk membuat kalian kenyang lebih lama.

6. Es Vanilla Latte


Jika kalian mencari pilihan kopi bebas gula, resep ini menyajikan sirup vanilla bebas gula buatan sendiri. Sirup dibuat dengan mencampurkan stevia, permen karet xanthan, kacang vanili, air, dan garam.

7. Es Kopi Keto Vanilla Cinnamon

Kopi ini menggunakan es batu rasa kayu manis untuk perlahan-lahan menanamkan lebih banyak rasa ke dalam kopi saat kubus meleleh. Es batu dibuat dengan kopi dingin, krim kocok, stevia, dan ekstrak vanili. Untuk membuat bahan dasar kopi yang sebenarnya, kalian perlu mencampurkan kopi, susu almond vanilla tanpa pemanis, minyak MCT  (Medium Chain Triglycerides), dan ekstrak stevia. Tambahkan es batu dan kopi kalian siap untuk digunakan.

Mana Es Kopi Favoritmu?

Setelah membaca dan mungkin sudah membuatnya di rumah. Manakah yang akan menjadi Es Kopi pilihan terbaikmu? Yuk, shared pendapat teman-teman dan berikan tips dan trik kalian dalam membuat kopi di kolom komentar, ya!

 






Comments

  1. hahahaha, ini saya banget, bikin es kopi sendiri di rumah, kadang pakai kopi nescafe, dicampur susu cair, kadang juga campur kental manis, tapi memang akhir-akhir ini saya lebih mengurangi konsumsi yang manis-manis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku inget waktu mba Rey bilang sering bikin es kopi dirumah, kayak temen aku mbak, dia hampir tiap hari bikin. Dan karena anaknya punya alat yang kayak di cafe-cafe itu, jadi tinggal bikin sesuka hati.
      Foto sampul di blog ini, kopi diatas itu adalah kopi bikinan temen aku, enyakk kayak yang di cafe cafe hahaha.
      Itu dibuatin karena aku nginep rumahnya, kan dimanfaatin juga kapan lagi ngerasain kopi bikinan temen yang punya lisensi barista

      iya mba rey jangan sering-sering konsumsi manis-manis, diselang gitu beberapa hari sekali.

      Delete
  2. Kalau liat di gambar rasanya pingin langsung seruput aja mbak Ainuuun, soalnya aku anaknya males bikin sendiri huahahahaha *ampunmbak😆*. Tapi jujur bikin kopi sendiri di rumah tuh susah susah gampang yaa? Apalagi kalau bahan-bahannya gak lengkap, paling jatohnya pake kopi instan sama susu yg ada aja dicampur🤔

    Btw es kopi favorit aku dari urutan di atas itu vanilla latte mbak, karena gak terlalu kuat kopinya. Paling selain itu pilih yg ada karamelnya. Tapi setelah liat gambar2 di atas aku jadi ingin coba kopi almond joy, soalnya belum pernah coba. Kayaknya enak dan gak terlalu kuat kopinya yaa mbak?😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tinggal teguk aja ya Awl
      nah iya Awl, kalau bahan kurang lengkap kadang males juga ya bikin, jadi beli produk instan yang tinggal seduh,, beres

      vanilla latte kusuka, enak. kalau yang karamel, kayaknya belum pernah aku coba, karena aku pikir kalau karamel pasti manisnya terlalu banget ya
      ngomong-ngomong almond, aku jadi keinget kopi yang di indomaret, enak.

      Delete
  3. Kak Ainun, Dalgona coffee nggak termasuk nih? 😝
    Sayangnya aku nggak bisa minum dan kurang suka kopi jadi nggak pernah bikin kopi di rumah 😭. Tapi aku selalu tertarik sama caramel machiatto walaupun kalau diminum, rasanya nggak terlalu suka 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh dalgona ya, iya ya itu juga gampang dibuat, sempet trending topic juga
      kalau dalgona, aku lebih sering beli jadi, tinggal seruput
      caramel machiatto belum pernah cobain Lia, next kalau ketemu produk ini aku icip icip juga ah, kayak apa ya kira kira

      Delete
  4. Kalo saya suka bikin kopi sachetan terus dicampur jelly gitu lalu dimasukkin es deh, cuma emang nggak sering karena gak terlalu suka es kopi. :D Kalo beli di luar suka yang hazelnut itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh mba ranny kreatif nih, aku malah ga kepikir buat nyampur jelly sendiri lho
      hazelnut enak juga mbak, kusuka

      Delete
  5. kalau dah ngomongin es kopi sih udah pasti enak mba haha nagih banget emang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe rupanya kaka doyan nih
      kadang kalau pas nongkrong dan bingung pilih minum, ujung ujungnya paling gampang ya ini

      Delete
  6. waaa seger bangeet, aku paling suka sama Es Vanilla Latte mbak. cara buatnya gampang-gampang susah, tp kadang kalau essence vanilanya abis yaudah bikin apa aja. yang penting dikasih es, wkwkwk. meski bukan pecinta kopi garis keras, ku suka juga sama es kopi2 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. vanilla latte ehhm enak ya, lama aku ga pernah pesen yang ada vanilla vanilla nya. aku sendiri juga bukan pecinta kopi garis keras, tapi kalau yang udah bercampur varian, ga pure kopi, aku cukup sering beli juga terutama pas nongkrong
      hahaha apa aja kalau di kasih es, uenak seger yo mba ella, apapun minumnya kayaknya ya

      Delete
  7. Belum nyobain Nun..jadi ga bisa nentuin.

    Gimana kalau dikau kirim semua yang disebut di atas ke Bogor. Nanti saya kasih tau favorit saya yang mana

    Deal?

    ReplyDelete
  8. pecinta kopi nglier liat gambar es kopi di postingan ini. Aku yang nggak pecinta-pecinta bangeta aja pengen nyeruput kopinya rasanya loh. Berhasil nggak ya kalau aku praktekin ni hehe

    ReplyDelete
  9. Sejujurnya aku males minum kopi mba karena setiap minum es kopi maka mataku terang benderang semalaman huhuhu padahal minumnya tengah hari tetep aja mata bakalan susah merem kenapa yah? hahaha...
    padahal es kopi emang nikmat yah huhuhu ada yang punya masalah kayak aku ga?

    ReplyDelete
  10. Pecinta es kopi susu hadir! 🙋‍♀️❤️

    Sebelum hamil kedua ini aku rutin banget bikin kopi sendiri di rumah, Mbaa. Kalau pagi biasa kopi susu panas, kalau siang-siang baru pake es soalnya jam rawan ngantuk 😅

    Resep kopi andalanku cukup simpel sih, aku selalu pake kopi bubuk yang diseduh manual, terus tambahin krimernya Fiber Creme, susu UHT sama brown sugar. Itu rasanya udah mantull hihi

    Karena lagi hamil aku ngurangin kopi jadi sehari sekali, itu pun aku ganti pake nescafe classic biar gak terlalu strong. Terus jadi suka jajan es kopi susu di luaran juga deh 🙈

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang