Odading Oh Odading

 

Begini rasanya ketika kumpul sama teman dan teman bercanda “odading ehmmm seperti menjadi iron man” dan saya roaming. Asli, waktu minggu lalu lagi refreshing di bawah gunung, teman cewek saya ini ngomongin odading, tapi saya nggak nanya apa itu odading. Mau browsing, provider HP saya nggak bisa menangkap sinyal alias mati total.

Nah ketika sudah dirumah, muncullah berita di TV dan saya sempat mencari tahu apa sih odading itu. Ternyata sebuah video viral yang dilakonkan oleh Ade Londok penjual odading di Kota Bandung dengan gaya reviewnya yang nyeleneh itu membuat heboh pemberitaan akhir-akhir ini.

odading

Ketika saya lihat wujud odading, saya langsung nyeletuk “lahh itu kan roti goreng”. Sama persis dengan roti goreng yang dijual di kota saya.

Asal Nama Odading

Ternyata menurut mbah Google, Odading sudah ada sejak zaman Belanda.

Ceritanya, dulu ada anak kecil Belanda yang merengek kepada ibunya untuk minta dibelikan kue yang belum ada namanya. Rengekan si anak tadi membuat ibunya penasaran dengan kue yang dimaksud. Setelah si penjual kue datang, barulah si ibu tahu wujud kuenya dan nyeletuk “O, dat ding?” yang berarti “O, benda itu”.

Karena terdengar unik, dipakailah nama ini di kalangan masyarakat Sunda sampai sekarang.

Ternyata tiap kota mempunyai sebutan yang berbeda-beda untuk roti yang berbentuk kotak mengembang ini, seperti warga Jakarta yang menyebutnya dengan kue bantal, Semarang dengan bolang-baling, Solo dengan sebutan gembukan atau Jogya dengan galundeng.

penjual odading
Penjual roti goreng depan kantor

Saking sederhananya bahan pembuatan roti ini, yaitu tepung terigu dan ada campuran raginya, jadi isiannya ya kopong alias kosong. Roti goreng ini rasanya lebih ke manis, agak manis tepatnya dan ada campuran wijen diatas rotinya.

Dan herannya saya suka roti goreng ini, dulu beberapa hari sekali, ketika orang rumah pergi ke pasar, pasti pulangnya bawa roti ini dan cakwe. Kalau di kota saya, penjual roti goreng pasti juga menjual cakwe, kayak soulmate gitu di gerobaknya. Si cakwe ini bentuknya memanjang dan agak gurih rasanya.  

roti goreng odading


Seandainya nggak ada berita viral dari Ade Lombok ini, sampai sekarang saya nggak bakalan tahu ada makanan dengan nama odading

Di depan kantor saya ada yang jual si roti goreng ini. Buat cemilan di meja kerja, ya kadang saya nyemil si roti empuk ini. Harga cuma seribu rupiah aja, murah meriah. Sudah nggak asing lah kalau dengan roti minimalis seperti ini hehe.

Ada yang pernah cobain si odading atau roti goreng ini nggak?

Comments

  1. Odading mah makanan orang bandung [wktu kuliah dulu di Bdg, suka di jual sama si mang2] :D
    eh pas kemaren kalo gak salah liat di TV, siaran soreh, lupa nama programnya, ngundang si mang yg lagi viral sama odadingnya...

    Kalo yg blm tahu, kirain odading tuh apaan, padahal roti goreng biasa :)
    Jadilah terangkat asal muasal odading yg di tulis mba Ainun ini :D

    Mayanlah buat ngeteh iseng2 hihihi...

    ReplyDelete
  2. Disini gak ada odading euy, adanya mang dadang :D

    djangki

    ReplyDelete
  3. sebagai orang sunda,, saya tahu odading sejak kecil,, dulu di sekitar rumah ada penjual makanan keliling yang salah satu dagangannya adalah odading, kadang saya juga beli..

    Lalu saya merantau kesana kemari dan ngga pernah lagi menjumpai atau mendengar nama odading ini sampai akhirnya ada video viral mang ade londok ttg odading mang oleh ahaha..

    ReplyDelete
  4. Huahaha baru kemarin ada yang komen soal Odading di blog saya, mba ~ dan saya nggak tau Odading itu apa awalnya sampai saya Googling dulu baru paham. Too bad saya nggak pernah coba jadi nggak bisa bayangkan rasa :D kalau Cakwe saya suka dan lumayan sering memakannya :))

    By the way, harganya ternyata nggak begitu mahal, yah. Pankapan saya coba cari siapa tau di Bali ada :9

    ReplyDelete
  5. Ternyata begitu sejarah nama odading ini. Simpel sekal.

    Sayangnya di sini nggak ada yang jual sih, jadi penasaran juga gimana rasanya.

    ReplyDelete
  6. hahahaha, saya belom liat vidionya, makanya jujur belom ngeh, apa hubungannya odading ama iron man?
    itu yang jadi jagoan kah? :D

    Kalau ini namanya roti goreng sih, atau gorengan aja mah hahahaha.
    Btw lucu juga ya, hanya karena ungkapan, eh malah jadi ide nama jajanan :D

    Dan saya kangen jajanan ini, dan tapi kalau dibeli saya bete sendiri karena saya sesungguhnya pengen menghindari gorengan hahahaha

    Ribet sendiri :D

    ReplyDelete
  7. Aku juga awalnya bingung, apa sih Odading itu dan karena banyak yang bilang kue bantal, aku baru ngeh. Karena aku lebih tahu kue bantal dibanding Odading hahaha. Ngomong-ngomong, aku selalu makan kue bantal yang udah dingin, jadi rasanya menurutku seperti roti biasa tanpa isi. Rasanya kalau dimakan sehabis diangkat dari penggorengan pasti lebih enak dan agak garing-garing gitu. Kalau udah dingin mah biasa aja >.<
    Oiya, aku kurang tahu harganya berapa sekarang tapi sepertinya udah nggak dapat harga 1rb di Jakarta mah :( orang pipis aja di WC umum bayar 2rb wkwkw

    ReplyDelete
  8. Astaga mbak, aku baru tau kalo odading itu roti goreng :').

    ReplyDelete
  9. Thank you mba Ainuuun udh share asal muasal nama odading, aku jadi tau sekarang huahahaha😆. Sejujurnya dari kecil aku lebih familiar dengan nama kue bantal, instead odading. Dan yep, dia selalu barengan gitu sama cakwe dijualnya, makanya cakwe itu aku sebutnya kue guling, jadi bantal dan guling🤣. Mungkin karena keluarga babeh asalnya dari Jakarta, jadi kebiasaan nyebutnya kue bantal, barulah sejak mengenal dunia luar tau ada istilah odading. Tapi odading yg aku tau sih gak ada wijen di atasnya, mungkin setiap daerah beda-beda ya mbak🤔

    Btw mba Ainun tiap abis makan odading berubah jadi wonder woman gaak? wwkwkwkw😆😂

    Oh iya, kalau disuruh pilih sebetulnya aku lebih suka cakwe, karena lebih asin dan cocok dicocol sama saus yg agak encer😁. Berhubung anaknya gak terlalu suka manis, jadi makan odading paling cukup satu atau dua biji, hehehe.

    ReplyDelete
  10. Pernah makan ini pas kuliah . Di jualnya bareng cakwe. Kita beli odading pas sambil nunggu in mi ayam, yg ada pas mi ayam diajukan kita udah kenyang duluan gara2 makan roti goreng ini. Haha

    Semoga dgn viral ya mengangkat penjualan odading meningkat yaa. Kan mayaaan.. Hihi

    ReplyDelete
  11. Waktu viral odading, akupun kudet. Etdah, ternyata roti goreng. Iya sih, roti goreng ini murah. Kalau di tempatku penjualnya sekaligus jualan onde-onde, bolen pisang dan roti isi kacang hijau. Semuanya serba dogoreng gitu.

    ReplyDelete
  12. nah aku juga nyebutnya roti goreng
    lebih tepatnya roti goreng yang kotak, hahaha

    baru tahu aku kalau di Jakarta sana disebut roti bantal

    ReplyDelete
  13. Jadi, memang beneeer ..., banyak nama jenis makanan yang sama, tapii beda-beda nama di banyak lokasi.

    Odading ini dikotaku namanya bukan itu.
    Disebutnya kue bantal dan banyak dijual di pedagang jajanan khas pasar.

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya Kue Odading sudah ada sejak lama & bentuknya pun berpariatif seperti pada gambar diatas Odading ada taburan wijennya..😊😊

    Namun karena Viral mungkin kali yaa jadi Odading sedikit naik pangkat dan mulai banyak digemari orang, Meski dulu Odading hanya biasa2 saja..😁😁

    ReplyDelete
  15. Aku lebih tau itu kue bantal di banding odading. Makanya pas viral sempet bingung, ini makanan apaan yaa? 😅
    Padahal ini banyak yg jual cuma karena viral itu ya jadi banyak yg nyari.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang