Kembali Mengunjungi Pulau Sempu

Ada yang pernah mendengar Pulau Sempu kah? atau malahan sudah pernah mengunjungi Pulau Sempu. Pulau Sempu sejatinya adalah sebuah cagar alam yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sebagai sebuah kawasan konservasi itulah, nggak semua orang diperbolehkan berkunjung kesana. Katanya nih ya, kata internet dan kata cerita teman-teman, Pulau Sempu disebut-sebut lebih indah dari Phi Phi Island di Thailand. Ada yang setuju?

keindahan pulau sempu

Selamat Datang di Pulau Sempu

Pertama kali mengunjungi Pulau Sempu yaitu ketika saya mengikuti ekskul jurnalis (kalau nggak salah ingat) ketika kuliah di Malang. Sebagai anggota baru, seperti biasa ada pelatihan-pelatihan kan, kebetulan lokasinya adalah outdoor dan terpilihlah Pulau Sempu ini. Dan karena masih cupu, nggak banyak mencari informasi juga mengenai Pulau Sempu, tahunya berangkat bareng naik truk tentara dan sampailah di Desa Tambakrejo.

Saya dan rombongan saat itu menginap di aula desa dan hidup sederhana alias tidur lesehan beralas karpet, makan nasi bungkus dan berbaur dengan warga.

Ada satu hari yang memang sepertinya dibuat untuk “bersenang-senang”, yaitu menyeberang mengunjungi Pulau Sempu. Untuk menyeberang ke Pulau Sempu transportasinya hanya satu yaitu naik perahu.

Pulau Sempu untuk Kedua Kalinya

Beberapa tahun berselang, saya kembali mengunjungi Pulau Sempu, kali ini sudah bukan sebagai anak mahasiswa lagi. Senang rasanya bisa kembali lagi mengingat serunya dulu waktu jadi anak mahasiswa dan happy-happy dengan teman fakultas.

Saya tiba di dataran pulau Sempu sebenarnya sudah tengah hari dan percuma kalau harus menyeberang menuju Pulau Sempu. Karena ada teman rombongan yang belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Sempu dan mengunjungi Segara Anakan, akhirnya kita sepakat untuk tracking di dalam hutan Pulau Sempu. Senekat itu ckckck

Selesai deal tawar menawar perahu kurang lebih 100ribu-an, rombongan saya siap menuju Pulau Sempu, plus bapak perahu ini jadi guide kita selama tracking di dalam hutan. Usahakan kalau untuk yang pertama kali masuk di dalam kawasan Pulau Sempu, mending sama warga lokal biar nggak nyasar.

Bapak Guide juga menceritakan soal pohon angker di dalam hutan sana, waktu saya pertama kali kesana mah nggak ngeh. Baru kunjungan kedua ini jadi tahu ceritanya.

Waktu yang dibutuhkan untuk tracking menyusuri hutan menuju Segara Anakan sekitar 45 menit sampai satu jam tergantung kecepatan kaki masing-masing rombongan.

Bagaimana rasanya ketika di depan mata sudah melihat view Danau Segara Anakan ini?

Kalian pasti lari-larian kecil nggak sabaran buat segera turun ke bibir danaunya dengan pasir putihnya yang bersih. Saya pun juga begitu.

segara anakan

Jadi, Segara Anakan ini sudah terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu dan dikelilingi bukit-bukit karang yang menjulang tinggi dan membuat ombak laut selatan yang ganas itu nggak dapat masuk ke dalam Segara Anakan.

Air laut yang mengisi telaga ini, masuk melalui lubang yang secara konstan menembus Segara Anakan. Percikan deburan ombak yang masuk melalui lubang itulah yang menjadi sensasi pemandangan nggak biasa disini.

Saat itu, hanya ada rombongan saya dan hanya beberapa warga yang mancing. Yang bisa dilakukan di area Segara Anakan tentu saja berenang, foto-foto atau mau naik ke bukit karang untuk melihat hamparan laut selatan juga bisa. Ingat, berdirinya jangan terlalu ke pinggir, dahsyat banget ombaknya. Dan nggak perlu lama-lama juga, karangnya tajam-tajam.

pemandangan segara anakan

Dulu, kawasan Segara Anakan ini sering dijadikan lokasi berkemah. Mungkin setelah aturan pihak setempat yang ketat, nggak semua orang diperbolehkan berkemah.

Saya hanya diberi waktu satu jam oleh Bapak Guide di Segara Anakan. Jadi ya nggak perlu sampai membangun tenda.

Sebenarnya ada banyak pantai di daerah selatan Kabupaten Malang ini yang memiliki daya tariknya masing-masing. Kalau ada waktu banyak, boleh juga disinggahi semua.

Hayoo ada yang sudah mampir ke Pulau Sempu belum?


Referensi : 

https://www.rayadventure.com/pulau-sempu/

https://www.mongabay.co.id/2019/01/13/bksda-tegaskan-cagar-alam-pulau-sempu-bukan-tempat-wisata/

 

 

Comments

  1. Aku taunya pulau ini memang seharusnya ga didatangin Krn cagar alam tadi kan ya. Sempet pengen, tapi Krn ga bisa, ya sudahlaah :). Cm ngeliat cerita dan foto2nya dari bbrp blogger yg udah kesana. Dulu awalnya aku tau dari almarhum mas cumi lebay, yg prnh nulis ttg pulau ini. Memang cakep banget yaa mba. Ada bgsnya juga ga semua orang bisa kesana, supaya ttp terjaga cantiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. om cumi yang selalu bikin aku ketawa ketawa kalau baca ceritanya
      waktu jaman kuliah dulu, aku masih nggak ngerti juga kalau Sempu masuk cagar alam. Beberapa tahun kemudian, berita soal cagar alam Sempu ini sering aku dengar dan akses orang untuk masuk kesana juga terbatas
      dan beneran alamnya jadi tetep alami sampai sekarang karena sedikitnya orang yang bisa masuk kesana, kecuali mungkin bagi petugasnya aja

      Delete
  2. wah betul ay indah, hijau, ada karangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mamah Tira, alam di Pulau Sempu ini masih alami banget

      Delete
  3. Belum pernah mbaaaaa hehehe tapi jadi berasa sudah pernah setelah baca tulisan mba πŸ˜‚ terus penasaran berarti aslinya bagus bangettt dong kalau lebih cantik daripada Phi Phi island 😍

    Thank God pulaunya dijaga ketat. Kawatir kalau rusak. Hehehe. Mba Ainun bisa masuk ke sana pakai daftar dulu apa bagaimana, mba? πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha serasa virtual tour ya
      kalau aku kok kayaknya lebih cantik Phi Phi Island ya :D

      Pihak pengelola cagar alam Sempu bener bener memberi perhatian extra untuk alam disini, nggak boleh sembarangan orang bisa masuk, bagus juga ya sebenernya.

      nah waktu jaman kuliah, sepertinya daftar dulu mbak, tapi diurusin sama kakak senior, junior terima beres aja hahaha

      waktu kedatangan kedua kalinya ini, nggak pakai ijin ijinan, mungkin malah bisa dibilang ilegal hahaha, dulu mudah banget orang keluar masuk area pulau sempu ini mbak, dan kayaknya ga pakai ijin-ijinan.
      kalau pengen nyebrang, tinggal nego harga kapal sama bapak bapak nelayan atau yang punya kapal di sini

      Delete
  4. Pernah dengar, dan pengen ke sana ternyata udah ga bole masuk ya ke pulau sempu ,jalannya juga lumayan serem ya . Sepeeti pulau pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Inna, sepertinya sekarang akses masuknya susah ya, kalau bukan pihak instansi mungkin yang berkunjung.
      kalau yang datang kesana kebetulan hanya rombongan sendiri, terasa bener kayak pulau pribadi mbak

      Delete
  5. Setauku pulau sempu sekarang nggak boleh dikunjungi sama sekali mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes betul mas Isna, sekarang udah ketat banget ya

      Delete
  6. Pulau Sempu ini kayanya salah satu yang terindah di Jawa ya, warna lautnya udah mirip di Indonesia Timur.. Udah lama sih penasaran pgn ke sana tapi kesempatannya belum datang :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Bara, warna airnya cantik, biru tosca, mirip kayak daerah Indonesia Timur yang cakep cakep

      Delete
  7. Aku pernaaah ke danau segara anakaaaan ...,tapi disini.
    Di blog ini maksudku, hahah πŸ˜…πŸ€­

    Wuiih keren abis viewnya nih ...
    Kalau aku kesitu, udah deh renang-renang sesuka gayanya aku dan ngga mau mentas-mentas 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener ya, ini udah aku ajakin dolan ke Segara Anakan

      bagian pinggirannya nggak terlalu dalem kak, dibuat berendem pun oke aja, mau berjemur di dalam air oke juga hehehe

      Delete
  8. ya ampun aku pernah ke snaa juga sebelum ditutup buat konservasi
    2013an klo ga salah mbak

    iya sejaman jalan kaki dan kayak lamaaa banget mbak padahal klo di peta pulaunya kecil wkwk
    harga perahunya juga 100 ribu

    aku sama guide juga takut nyasar

    segara anakannya emang asli keren banget
    surga banget pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2013 masih bisa diakses masyarakat umum ya mas ikrom?
      2013 kayak baru baru ini aja ya rasanya, padahal udah 7 tahun berlalu

      nah itu dia mas Ikrom, pulaunya keliatan seuprit, tapi kalau jalan di dalem pulaunya kok ga nyampe nyampe hahaha

      Delete
  9. Aku baru denger soal Pulau Sempu, jadi pastinya belum pernah kesana. Aku langsung otw google map, dan masih ngga percaya kalau Malang punya Hidden Gem seperti ini.

    Mikirnya kalau soal Malang pasti Bromo aja, jadi ngga nyangka kalau di daerah malang ada wisata pulau kaya gini. Wah terima kasih banyak Mbak Ainun menambah daftar tempat yang aku pengen kunjungi kalau aku pergi ke Malang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Aqma ternyata di Malang ada pantai di dalam hutan yang cantik seperti ini
      kalau seandainya dulu aku nggak ikutan ekskul, kayaknya sampe sekarang juga nggak kepikiran buat berkunjung ke Sempu

      Delete
  10. mbaaaak Ainun.. gila sih bagus banget segara anaknya.. kl q sampai sana nggak cuma lari-lari kecil, tapi guling2 jugak. xixiix
    btw, baru pernah denger Pulau Sempu nih.. jd pengen kepoin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... guling guling aneka gaya pokoknya ya mba
      gaung pulau Sempu ternyata nggak besar ya, banyak juga yang nggak kenal dengan Pulau Sempu ini.
      dan memang juga jarang diangkat ke berita ya dan jarang disebut namanya oleh traveler

      Delete
  11. Kalau soal angker-angker saya paling senang banget
    Saya penasarn dengan keangkerannya
    Pantainya indah banget ,tampak bersih.
    Kapan ya bisa kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhehe mas Djangkaru demen nih ternyata

      iya mas Djangkaru alamnya masih alami, dan kalau ada yang camping sepertinya kudu sadar diri untuk nggak ninggalin sampah di kawasan Segara Anakannya

      Delete
    2. mas Djangkaru demen nih kalau ada cerita misteri seperti ini hehehe
      sekarang terbatas banget akses masuknya mas Djangkaru, tempat ini sebenernya nggak dibuka untuk umum

      Delete
  12. Pulau Sempu yang di Malang itu kan ya, yang bisa ditempu dari pantai apa sih namanya yang pasirnya putih dan banyak nelayannya itu :D

    Setahu saya ada beberapa yang suka ke sana, meski ya di sana memang hutan gitu katanya :D
    DAerah sana itu memang keren-keren pantainya, saya takjub banget kirain di Jawa kagak ada pantai bagus kek gitu, apalagi dengan tempat-tempat indah kek gitu.

    Enak banget jadi Mba Inun, di semua tempat indah, selalu ada Mba Inun hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sekitaran Pulau Sempu ada beberapa pantai juga mbak, duh aku kok lupa namanya ya, padahal cukup terkenal. Belum browsing hehehe
      apa yang dimaksud Mbak Rey pantai balekambang kah? bukan kayaknya ya

      lebih enak lagi kalau punya pintu kemana sajanya punya Doraemon mbak, tinggal was wus ae hahaha

      Delete
    2. Iyaa betoolll, balekambang, pasirnya putih.
      Oh jadi bukan dari sana ya masuknya?

      Kami pernah tuh nyasar-nyasar ke Balekambang, trus pulangnya ketemu jalan kecil, kami masuk eh nemu pantai apa sih namanya, sepi banget, itu enak banget buat liburan di sana, ada beberapa penginapan, tapi memang seadanya sih.
      Dulu kami ga bawa ganti sih, jadi ga semlat nginap :D

      Delete
    3. ada lagi sebelahnya Balekambang, aku mendadak lupa namanya. kondang merak apa ya hahaha
      waktu itu masih sepi dan nggak juarang info kesana juga
      berarti dulu mba rey sempet blusukan sampe ke pelosok Malang ini ya

      Delete
  13. Saya belum pernah masuk ke pulau Sempu Malang dan tentunya belum ke segara anakan mbak. Ternyata kalo mau ke pulau itu harus pakai perahu ya.

    Saya menunggu cerita tentang pohon yang angker tapi kok tidak ada lagi ya, padahal sudah antusias bacanya, eh ternyata cuma awal doang.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku kalau ke pulau nggak harus naik perahu mas agus, jalan kaki juga bisa, namanya pulau kapuk. #hhhhh
      iya mas agus dari pelataran parkiran pantai, masih nyebrang naik perahu sederhana untuk mencapai pulau Sempu nya

      hahaha aku takut mo crita, kadang kalaupun dicritain, ndengerinnya ya disamar samarin hahaha

      Delete
  14. Wah.. Airnya bening banget ya mbk, jadi pengen ikutan nyemplung tapi karena nggak bisa berenang mungkin saya butuh pelampung😁
    Sayang banget cuma dikasih waktu satu jam padahal 5 jam juga masih kurang hi..hi...😁
    Malang emang terkenal dengan wisatanya ya, tapi kalau pantai-pantai gini saya nggak banyak tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mending pake pelampung mbak astri, kalau nggak yakin ketika naik perahu, lebih safety
      iya nih mbak karena datengnya udah siang banget, jaraknya mayan jauh dari kota Malang, nggak bisa ngebut ngebut banget juga karena naik mobil. Jadi antara tanggung dan sayang kalau nggak nyebrang hehehe

      sebenernya Malang banyak wisata pantainya, aku juga belum semua kesana mbak

      Delete
  15. Aku belum pernah ke Pulau Sempu, tapi kerap ke Desa Sempu (di Jogja) hahaha ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru denger kayaknya Desa Sempu Jogya mba, aku coba browsing dulu ahh

      Delete
  16. Destinasi ke Jogja emang dari dulu maunya kesana, pengen juga si ke pulau sempu nya, tes adrenalin. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe semoga nanti kesampaian juga ya mas anton, aku tunggu ceritanya

      Delete
  17. dulu pernah berencana ke sempu. Akhirnya tidak jadi setelah mengetahui bahwa sempu termasuk cagar alam yang tidak bisa dikunjungi untuk wisata. Cagar alam memang difungsikan sebagai tempat konservasi dan penelitian. Hal itu membuat orang umu/tidak berkepentingan untuk masuk ke kawasan pulau sempu. Dulu sangat ramai dengan banyaknya orang yang datang ke pulau sempu. Tapi sekarang aturan semakin ketat dan tegas, serta kesadaran orang untuk tidak datang ke pulau sempu.

    pulau sempu memang sangat menarik dan memiliki pantai yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas Vai, sekarang udah terbatas akses masuknya, hanya dari pihak tertentu biasanya instansi terkait yang bisa masuk ke sana. Karena Sempu juga bukan tempat wisata umum sebenernya.
      Dan memang dulu kayaknya tiap wiken banyak yang nyeberang ke Sempu dan niat camping disana, sampe segitunya ya pengunjung saat itu

      Delete
  18. Ya ampun, bagus, indah bener ini...
    Ini pantai ato danau si mba Ainun?
    Baca komennya mas Him, bilangnya danau..
    Apapun itu, ini bener2 amazing...

    Pulau Sempu ini letaknya di Malang y mba??
    Duh, banyak tanya deh🀭
    Aku belum pernah ke sana...
    Indonesia punya banyak tempat wisata alam yg luar biasa cantik loh yaaaa..

    Spt, Raja Ampat-Papua, Labuan Bajo NTT, PUlau Ora- Maluku Tengah, pantai pasir panjang - Tual Maluku tenggara, dll..

    Mba, pulau Sempu ini pesisirnya hampir mirip dg pantai pasir panjang.

    Surga dunia tempat wisata Indonesia, sering disebut begitu.
    Moga bisa kunjungi pulau sempu ini...πŸ₯°

    ReplyDelete
    Replies
    1. cakep ya mba hehe
      kalau dibilang pantai kayaknya bukan ya mbak, segara anak nya cuman segitu aja, mungkin bener yang dibilang kak Hima, lebih mirip danau

      betul banget mbak, Pulau Sempu ini ada di Malang selatan, cukup jauh juga dari kota malang mbak.
      setuju sekali kalau di Indo banyak tempat wisata alam yang cantik cantik

      pantai pasir panjang aku belum pernah kesana mbak. Pastinya kalau liat warna laut yang biru bergradasi seperti ini dan pasir putih pantai yang bersih, memanjang sepanjang pantai, senenggggg gitu ya liatnya

      Delete
  19. Wah keliatanya Pulaunya masih tenang banget yaah kak, asik banget ini buat tenda disini hehe. Jadi pengen ke Pulau Sempu euy haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas syaiful tenang dan sepi disini. Dulu waktu aku kuliah dan pertama kali kesana, banyak juga tiap weekend yang menyeberang ke pulau Sempu untuk camping

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang