Pentingnya DCI Dalam Membangun Infrastruktur IT

Data center merupakan media atau dapat pula disebut sebagai fasilitas untuk penyimpanan server dan dimana hosting web server berada. Data center mampu diumpamakan seperti rumah untuk keseluruhan data-data yang terhubung melalui server serta memiliki tugas dan fungsi dalam melindungi data maupun segala jenis informasi dari berbagai server hosting.
Fungsi dari keberadaan data center yaitu untuk principal repositories bagi semua peralatan IT yang terdiri dari server, networking switches, firewall, router, subsistem penyimpanan, physical rocks  sampai dengan kabel


Pentingnya data center NEX

Dalam pusat data terdapat ribuan server yang disusun dalam rak server dalam bentuk fisik. Proses yang dilakukan dalam pembuatan lokasi data center Indonesia seperti yang dilakukan NEX, tidak bisa sembarangan karena wajib dalam hal menerapkan macam dari standar tata kelola mulai dari prosedur operasi, perawatan, rencana pemulihan, mitigasi bencana sampai dengan jaminan terhadap kelangsungan bisnis yang dikelola. 
Inilah beberapa alasan mengapa data center Indonesia penting jika Anda ingin membangun infrastruktur IT Indonesia, yaitu:
Pentingnya data center NEX

1.      Alasan sumber daya listrik yang tidak terganggu

Data center mempunyai sebuah sistem power supply yang baik sehingga penting. Biasanya apabila terdapat pemadaman listrik, maka battery bank akan menyediakan data sehingga generator diesel masuk. Hal ini kemudian mampu memastikan hampir tidak ada gangguan pada sumber daya listrik sehingga mampu menandakan bahwa uptime server yang lebih tinggi.

Pentingnya data center NEX

2.      Alasan security

Security atau biasa pula disebut keamanan merupakan fitur paling penting yang diperlukan klien dalam data center indonesia. Dari keamanan berlapis yang dilakukan NEX, maka keseluruhan akses fisik dikontrol secara aman dan terjaga. Identitas mampu dikonfirmasikan berdasarkan biometrik dan semua aktivitasnya adalah berupa ranah privasi.

3.      Alasan pemrosesan dan penyimpanan

Melalui keberadaan prosesor multicore baru di pasar saat ini, maka pada data center Indonesia kecepatan pemrosesan dapat ditingkatkan hingga tahap hitungan jam. Penyimpanan tambahan pun mampu diberikan sesuai dengan kebutuhan.

4.      Alasan dari banyaknya IP Provider

Internet yang memiliki kecepatan tinggi sangat penting bagi bisnis dan kepentingan e-commerce. Dalam mempertimbangkan jangkauan yang paling dibutuhkan oleh bisnis online maka terdapat  banyak penyedia layanan IP yang berada dalam satu lokasi.

Terbukti hal ini mampu menguntungkan daripada berlangganan dalam tujuan koneksi individual. Terdapat penghematan modal hanya dengan menyewa koneksi untuk jangka waktu tertentu dibandingkan dengan membeli saluran khusus.

Pentingnya data center NEX

5.      Alasan bandwidth

Saat bisnis online berkembang, maka bar dalam kebutuhan bandwidth meningkat secara radikal. Selain itu, registrasi produk, pemasaran berbasis web, iklan video, konferensi audio, hingga kolaborasi video dan audio merupakan bagian dari semua aplikasi bandwidth yang lengkap. Data center Indonesia yang dilengkapi dengan baik untuk menangani kebutuhan di setiap saat.

Aktivitas virtual di zaman modern yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia yang memerlukan data center untuk jaminan keamanan. Melalui keberadaan pusat data maka data yang disimpan dan diunggah dapat diakses di mana dan kapan saja tanpa khawatir akan hilang. NEX merupakan salah sau penyedia layanan data center Indonesia yang memberikan layanan data center premium serta menyediakan banyak layanan service provider. Tidak banyak yang mengetahui bahwa semua aktivitas itu diolah dan terekam di dalam beberapa server di suatu lokasi bernama data center.

Itulah beberapa alasan mengenai pentingnya data center Indonesia apabila Anda ingin membangun infrastruktur IT Indonesia yang baik dan lengkap. 


16 comments:

  1. Yappss, emang penting banget nih data center buat keberlangungan per-online-an
    Yakali kalau server/jaringan lancar-lancar selalu, kalau tiba-tiba down kan berabee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh betul sekali kaka aul, hampir tiap hari kita selalu berhubungan sama server
      di kantorku aja kalau server merem melek bikin emosi jiwa

      Delete
  2. sepakat sih kalau data center untuk jaminan keamanan vital banget, apalagi di zaman digital kaya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes kak jaman sekarang hampir semua pekerjaan terhubung dengan jaringan atau server internet.

      Delete
  3. Sedikit paham.. tapi emang penting beut mah data center itu di dunia online kayak gini :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mike apalagi sekarang semuanya melek teknologi dan internet, dan kerjaan juga selalu pakai internet

      Delete
  4. kalau 20 tahun lepas ia mungkin dilihat tidak penting tapi sekarang, bila bersangkut paut dengan perkembangan teknologi spt Internet, wi fi etc. sedikit sebanyak ia amat diperlukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba anies betul itu, sekarang hampir semua orang membutuhkan jaringan internet untuk mendukung pekerjaan mereka

      Delete
  5. Saya sering dengar nih Nex data center ini.

    Btw ngomongin data, terpikirkan juga sih ya, gimana kalau datanya itu bisa dibobol.
    Jadi kayak di film-film gitu deh :D

    Praktis tapi juga gampang dicuri, kalau ga memperhatikan security.
    Mudah dicari pula, nggak kayak data hardcopy, kudu orang yang ngerti di dalamnya yang bisa nemukan dengan cepat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapat mba rey mengingatkanku sama film film yang dimaksud, cuman aku lupa judulnya, serba digital gitu dan intinya pencurian data global dunia, film yang kadang aku mikir kayak nggak masuk akal, tapi bisa aja terjadi beneran

      Delete
  6. wah, ternyata sepenting itu ya mba..
    aku jadi paham setelah baca artikel ini.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tia, dulu aku nggak ngerti maksud listrik yang ditaruh di dalam kotak kotak seperti itu untuk apa, orang otak atik coding aku kira ngapain, ehh bisa jadi mereka lagi berusaha mengamankan data center jutaan penggunanya

      Delete
  7. Memang benar sekali ini sangat penting, kebutuhan internet semakin deras butuh penunjang untuk memaksimalkan kinerja dan proteksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak sekarang hampir semua orang berjibaku dengan internet untuk mendukung kerjaannya. Dunia IT makin bersinar sekarang

      Delete
  8. Gw kalo udah ilmu perkomputeran mendadak jadi bloon karna gak ngerti sama sekali, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku masih kalah pintar sama yang hobinya utek utek IT.

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni