Tips Perawatan Rambut Rusak


Ada pepatah yang mengatakan kalau rambut adalah mahkota terindah, terutama bagi kaum perempuan. Maka nggak heran kalau salon hampir selalu dipenuhi oleh perempuan dari segala usia, baik untuk urusan potong rambut, styling atau perawatan rambut tertentu yang hanya bisa dikerjakan di salon.

Supaya rambut terlihat sehat dan indah, tentunya juga membutuhkan perjuangan. Iya, perjuangan untuk rutin merawat rambut dari memberinya shampoo yang tepat dan tambahan vitamin rambut yang mungkin juga diperlukan jika rambut bermasalah.

Tips perawatan rambut rusak

Type rambut saya adalah ikal di bagian bawah, jadi terlihat seperti keriting gantung yang alami, dan saya suka banget. Sayangnya rambut saya ini termasuk gampang rontok. Kalau rambut dalam kondisi agak kering, terlihat kurang enak dilihatnya, seperti nggak mandi, kalau sedang berada dikantor tambah nggak enak juga dilihat sama yang lain. 

Apalagi saya termasuk sering styling rambut ke kantor hampir tiap pagi dan ini yang membuat rambut menjadi tambah kering.  Bukan hanya penggunaan alat styling seperti pelurus rambut atau curly iron, hampir tiap hari saya sering menggunakan hair dryer. Mau nggak mau jadi rajin browsing soal perawatan rambut rusak.

Penyebab rambut rusak
Penyebab kerusakan rambut bukan hanya dari faktor internal dari dalam tubuh sendiri, seperti metabolisme tubuh, stress atau pengaruh hormon yang nggak stabil. Kerusakan juga bisa disebabkan dari faktor eksternal seperti :

Pengeritingan
Proses pengeritingan rambut tentu nggak bisa lepas dari yang namanya bahan kimia. Bahan ini tentu saja akan membuat rambut perlahan akan rusak karena protein amino dalam rambut hilang. Proses bleaching rambut juga otomatis akan membuat kekuatan alami rambut berkurang. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, awal-awal rambut dikeriting bagian bawahnya saja, rambut terlihat oke, suatu ketika saya melakukan aktivitas di dalam air laut, maka rambut akan nampak mengembang dan kering banget.

Bleaching
Bleaching termasuk bagian dari proses mewarnai rambut. Proses bleaching beresiko tinggi merusak rambut. Pada saat bleaching, kutikula rambut akan dimasukkan bahan-bahan kimia sehingga pigmen alami rambut hilang. Kutikula ini merupakan pelindung rambut, sehingga menyebabkan kutikula terbuka dan rambut akan rentan mengalami kerusakan.

Blow Dry dan catok
Kalau saya malas keramas, terutama jika sedang berada diluar kota dan nggak sempat mengurusi rambut, sampai niat banget pergi ke salon hanya untuk keramas dan sekalian blow dry. Frekuensi penggunaan alat catok yang terlalu sering akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Ada baiknya jika terlalu sering menggunakan alat-alat seperti ini, harus rutin menggunakan kondisioner rambut.

Mengikat rambut
Akhir-akhir ini saya menggunakan karet rambut dari plastik yang modelnya melingkar-lingkar. Jadi ketika mengikat rambut, tali rambut nggak akan terlalu kuat menarik akar rambut, paling tidak jumlah rambut rontok ketika mengikat rambut menjadi sedikit berkurang. Dan mengusahakan untuk nggak menguncir rambut saat dalam kondisi basah atau lembab supaya terhindar dari kondisi rambut patah.

Menyisir
Kenapa tiap menyisir rambut selalu aja rontok, malah rontoknya terlewat kebangetan, terutama ketika selesai keramas. Kalau begini terus bisa botak nanti. Saya sendiri memilih sisir dengan ukuran sikat rambutnya jarang untuk meminimalisir kerontokan rambut. Malahan kalau kondisi rambut sudah setengah kering, saya memilih menyisir dengan jari tangan.

Rambut yang terlalu sering disisir akan menyebabkan pergesekan rambut yang berlebihan sehingga rambut mudah patah. Tetapi, jika jarang menyisir rambut juga kurang bagus karena rambut akan menjadi kusut. Bingung kan.

Terlalu sering keramas
Ini saya banget, malah bisa tiap hari selalu keramas. Tujuan dari mencuci rambut adalah membersihkan kulit kepala dari minyak. Tapi jika terlalu sering, pelembab alami rambut akan terkikis. Padahal pelembab rambut ini dibutuhkan kulit kepala agar rambut selalu sehat.

Cara Merawat Rambut Rusak
Saya sendiri sampai heran tiap pergi ke supermarket selalu mampir di bagian hair treatment dan menyadari kalau koleksi perawatan atau printilan-printilan soal rambut banyak banget di rumah. Karena seringnya mengalami kerontokan rambut, setelah mencoba satu produk dan merasa hasilnya kurang maksimal, maka akan mencoba merk lain untuk merasakan khasiatnya. Padahal produk sebelumnya masih belum benar-benar habis.

Kemudian karena merasa rambut terlihat kering dan mengembang seperti rambut singa, saya membeli wax rambut, sampai saat ini saya masih menyimpan dua merk berbeda hanya untuk mengetahui progress dari produk-produk ini. Merasa kurang puas lagi, saya membeli produk hair oil, padahal penggunaan hair vitamin hampir selalu saya pakai ketika selesai keramas.

Lalu bagaimana cara mengembalikan kesehatan dan keindahan rambut?

Tips perawatan rambut rusak

Menggunakan masker rambut
Rajin menggunakan masker rambut bisa membantu kesehatan rambut, apalagi jika menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, alpukat atau madu. Kalau malas ribet, sekarang sudah tersedia banyak pilihan produk instan.

Menggunakan shampoo yang tepat
Memilih shampoo ini ibarat mencari jarum ditumpukan jerami. Untuk rambut yang bermasalah tentunya gampang-gampang susah menemukan produk yang benar-benar mengerti kemauan si rambut. Mungkin akan sering berganti shampoo untuk mencari yang cocok.

Memakai kondisioner
Untuk yang memiliki permasalahan rambut rusak, penggunaan kondisioner wajib hukumnya. Cukup diaplikasikan dari bagian tengah rambut hingga ke ujung dan diamkan beberapa menit supaya kondisioner meresap ke dalam rambut.

Vitamin rambut
Produk yang berbentuk minyak ini mengandung banyak vitamin yang dapat mengembalikan kesehatan rambut. Saya sendiri mengusahakan untuk menyimpan beberapa stok di rumah. Cara penggunaannya juga praktis, cukup dituangkan secukupnya ke telapak tangan dan usapkan pada rambut dalam keadaan setengah kering atau sebelum tidur.

Jangan terlalu sering keramas
Mungkin bagi beberapa orang, keramas setiap hari sudah seperti wajib dilakukan, sama seperti saya hehe. Tapi ternyata, terlalu sering juga nggak baik, jadi cukup keramas dua hari sekali agar rambut nggak semakin rusak.

Perlu niat yang kuat untuk merawat rambut jika ingin terlihat sehat dan indah dilihat. Nggak susah juga sebenarnya ya.

Ada yang punya masalah yang sama dengan saya jugakah?


20 comments:

  1. This I can relate, saya termasuk suka bermasalah dengan kulit kepala yang kering. Karena tiap hari olahraga dan berkeringat, jadinya pake shampoo nya jadi tiap hari juga. Kulit kepala jadi kering, karena pelembab alaminya terkikis

    Akan diikuti tips tipsnya Ainun. thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan nih sama mas cipu, aku tiap hari keramas terus hahaha, mungkin efek habis di styling curly jadi kering dibagian bawah rambut, kalo nggak keramas terlihat kering banget rambutnya, bete nih sebenernya hahaha, nunggu ke rambut asli kurang lebih hampir setaun biar obat kimianya ilang sendiri

      Delete
  2. Bagus banget tips-tips nya ka, mau coba tips nya deh, rambut aku gak jelas banget dan bikin gak mood banget.

    Mampir juga ya ka di blog saya
    https://tvnessia.blogspot.com/?m=0

    ReplyDelete
    Replies
    1. syaratnya memang kudu telaten ya,kadang akunya juga nggak sabaran hehehe
      rambut yang nggak teratur memang bisa bikin mood nggak bagus ya, pikiran jadi nggak fokus, yang kepikir malah "rambut aku oke ga ya ini" apalagi kalau harus ketemu tamu atau orang lain

      Delete
  3. Saya keramasnya 2 hari sekali Mba, dan kondisi kulit kepala saya tuh kering, agak rempong.
    Sering ketombean, pakai sampho ketombe, ketombe hilang, rambutnya megar nggak karuan hahaha.

    Pakai condie biar halus, eh jadi rontok.
    Rontok berkurang eh balik lagi ketombean.

    Parah memang, padahal jarang jilbaban juga hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha rambut ini kadang memang menyusahkan yo mbak rey
      udah nemu rambut anti ketombe yang cocok, malah kadang bisa rontok, udah dikasih sampo anti rontok, ehh malah ketombean, aku juga gitu mba, serba repot wkwkwkk
      kadang nih mba kalo nggak keramas lebih sehari atau dua hari, rambutku malah terlihat apik, hahaha, heran sendiri. tapi ya gitu kadang udah gatel aja kulit kepala

      Delete
    2. Nah iyaaaa benerrr... kalau nggak sering keramas malah bagus, tapi ampuunn gatel dan lengket rasanya.
      Bikin nggak nyaman juga, apalagi saya suka banget ikat rambut, jadinya apek kalau keringatan.
      Jadinya ya paling lama 2 harus udah kudu keramas lagi :D

      Delete
  4. Aku keramas juga 2 hari sekali dan selalu pakai conditioner. Coba pakai shampoo ginseng dari brand luar tapi rontoknya masih tetap aja hikss.

    Kalau berkenan, main-main ke blogku ya kak. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisioner ini memang membantu melembutkan rambut, meskipun kadang memilih jenis kondisioner untuk rambut rontok ehh masih tetep aja rontok
      nah aku juga coba beragam merk untuk hair tonic, ya tetep aja rontok, susah nemu yang tepat

      Delete
  5. Eh iyaa, aku ada coba pakai beberapa hair tonic juga, sekarang pakai "yohmo" itu lumayan ngaruh, rambut jadi nggak terlalu sering rontok tapi kalau habis keramas sih tetep aja rontok 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk yohmo? aku coba googling ah, jadi penasaran
      iya bener kalo abis keramas meskipun sebelumnya rutin pakai hair tonic tetep bakalan ada rontoknya

      Delete
  6. Terima kasih tipsnya.. saya seorang laki-laki kayaknya hanya bisa baca-baca buat nambah ilmu saja.. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe tak apa bang ancis, mungkin nanti ada temennya yang punya masalah sama kayak aku juga jadi bisa diinfoin hehe

      Delete
  7. Rambut saya rontok parah mbk, padahal dulu jarang banget rontok. Saya tahu sih penyebabnya, itu karena saya sering kuncir rambut kelamaan, dan jarang keramas karena sering lmbur kerja, juga pakai shampo sembarangan.karena udah berhenti kerja,saya berniat mau memperbaiki rambut, jadi saya sering-seringin keramas. Ternyata malah salah ya😁
    Haduh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh kuncir rambut pakai karet rambut yang terlalu erat juga harus dihindari mba astria, aku sekarang kalo beli ikat rambut cari yg lentur gitu alias dari karet, ada banyak sekarang, yang melingkar lingkar gitu bentuknya.
      kemudian pakai sampo asal juga bisa bikin rambut cepet rontok, kecuali dari sononya rambut nggak pernah masalah sama rontok atau ketombe pakai sampo apa aja tetep aman

      Delete
  8. Sejak punya anak rambutku tuh rontok parah, khususnya waktu masa-masa menyusui. Sekarang agak mendingan karena mungkin shampoo nya lumayan cocok. Aku sekarang pagi pakai H&S yang supreme anti hair fall, rontoknya lumayan berkurang. Pluss wanginya enak bangettt kayak habis nyalon beneran 😆

    Aku juga masih rutin blow dry dan catokan, jadi mungkin kenapa rambutku kering dan gampang rusak. Harusnya sih rajin perawatan yaa, tapi aku pake conditioner aja mager 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi pengen cobain H&S juga jadinya
      ampun aku mba kalau udah berhadapan sama rambut rontok, bisa tipis ini lama-lama

      nah kadang rambut kering nggak enak juga dilihatnya ya, meskipun aku sering pakai conditioner, kadang merasa nggak ngefek gitu

      Delete
  9. wah sama banget ini mah, mulai dari bentukan rambut sampai sering rontoknya. rontok parah banget mbak, sampai saya nggak berani lagi pakai hair dryer. jadinya nggak bisa keramas pagi :(

    sekarang saya lagi perawatan pakai nutrihair hair serum. belum beli hair tonic sama mask/vitamin sih, tapi menyusul. sampo juga masih cari, karena sepertinya sampo yang sekarang saya pakai gak cocok.

    sampe jadi becandaan, ini tinggal nunggu botak aja huhuhu padahal aku kan ga mau botak juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bingung juga nyari produk yang bener bener cocok buat rambut, kalau perlu yang bisa numbuhin rambut dengan cepet hehehe

      Delete
  10. Halo ka Ainun. Terimakasih tips nya ka, i'll try. Semoga membantu menyembuhkan rambut ku yang rusak. Huhuhu :(. Oia aku juga ada blog loh jangan lupa visit blog ku ya, salken ka👋

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni