Jangan Abaikan Manfaat Susu Coklat


Mitos yang mengatakan kalau makan coklat bisa membuat bahagia mungkin hanya berlaku bagi beberapa orang saja, sebagian orang yang lain bisa jadi akan menghindari makan coklat karena takut berat badannya naik, terutama perempuan, iya nggak?

Malahan ada juga yang nggak suka makan coklat tapi malah doyan minum susu coklat. Sepertinya kebiasaan seseorang untuk gemar minum susu karena dibiasakan sedari kecil, meskipun ada juga beberapa anak kecil yang dari bayi atau balita kondisi tubuhnya menolak untuk diberikan sebotol susu. Padahal jika orang tua “agak memaksa” si anak untuk mengenalkan minum susu, terutama susu coklat yang notabene merupakan kegemaran anak-anak. 

Manfaat susu coklat sendiri sebenarnya cukup banyak, nggak hanya untuk anak yang dalam proses pertumbuhan tapi kita-kita yang sudah dewasa juga bisa merasakan manfaatnya.

Manfaat susu coklat

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang menunjang kesehatan termasuk menjaga kepadatan tulang, khususnya untuk kita yang memiliki gaya hidup aktif. Jangankan bagi saya yang masih muda, ibu aku saja mengonsumsi susu khusus untuk usia 50 tahun ke atas, meskipun nggak setiap hari.

Mungkin sebagian dari masyarakat menganggap bahwa susu hanya dibutuhkan oleh anak-anak, padahal nih susu mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, termasuk tiga nutrisi esensial yaitu protein, lemak dan karbohidrat.

Tingkat Konsumsi Susu di Indonesia
Siapa yang nggak kenal jargon “empat sehat lima sempurna”? nggak mungkin nggak ada yang tahu soal jargon ini.

Waktu saya SD sering banget membaca, mendengar mengenai “empat sehat lima sempurna”, harapan pengajar dan pemerintah saat itu bahkan sampai sekarang, bisa menjadikan kampanye tersebut untuk mendorong masyarakat terbiasa minum susu. 

Manfaat susu coklat

Sayangnya nih, dari jaman dulu hewan ternak seperti sapi dan kerbau lebih sering dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah dibandingkan untuk dikonsumsi, termasuk susunya.

Hal ini diperkuat dengan pendapat Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles dalam bukunya “The History of Java” yang diterbitkan pada tahun 1817, Raffles menyayangkan potensi susu sapi di Jawa yang disia-siakan masyarakat.

Bahkan pada awal kemerdekaan, susu umumnya dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai konsumsi kaum elite dan dianggap juga menaikkan status seseorang. Jadi nggak heran sampai puluhan tahun kampanye ini diadakan, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah.

Manfaat Konsumsi Susu Coklat
Ada beberapa orang yang nggak suka minum susu biasa atau yang berwarna putih, bahkan mencium baunya saja sudah eneg. Sehingga muncullah inovasi baru adanya tambahan coklat pada produksi susu, yang bisa menjadi alternatif pilihan rasa yang bisa dipilih konsumen. Ternyata tambahan rasa coklat menambah banyak manfaat pada susu tersebut. Ini dia manfaatnya :

Menambah energi
Jika kita merasa selalu lelah dalam beraktivitas, maka konsumsi susu coklat secara rutin bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembalikan energi tersebut. Susu coklat mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada coklat juga bisa membuat kulit selalu sehat.

Menjaga berat badan
Sekarang banyak susu coklat yang diproduksi dengan kandungan rendah lemak. Susu ini mengandung banyak kalsium, protein dan vitamin yang membuat nggak gemuk. Sepertinya cocok buat yang menjalankan program diet namun masih ingin menikmati coklat.

Cara sehat bagi penggemar coklat
Bagi penggemar coklat mungkin ada ketakutan pada kesehatan giginya, nah daripada bingung gimana cara biar bisa tetap konsumsi coklat tapi nggak bikin gigi berlubang, minum susu coklat adalah solusinya. Nggak melulu harus minum susu murni tapi bisa juga dibuat dalam bentuk yang berbeda seperti chocolate milkshake atau coklat panas.

Manfaat susu coklat

Menetralisir racun dalam tubuh
Mengonsumsi susu coklat dapat menetralisir racun yang ada pada tubuh. Racun sendiri masuk ke dalam tubuh bisa melalui makanan atau polusi udara. Jika dibiasakan minum susu coklat setiap hari sebelum mulai beraktivitas, perlahan racun ini terhempas dari dalam tubuh.

Mencerahkan kulit wajah
Kalau soal mencerahkan begini saya suka hehe, siapa juga yang nggak ingin kulit wajahnya terlihat sehat dan cerah, sepertinya semua berharap begitu ya. Ternyata susu coklat bisa dijadikan masker wajah, karena dapat mengangkat sel kulit mati. Caranya juga mudah, yaitu campurkan susu coklat dengan air kemudian aduk sampai terbentuk seperti pasta dan oleskan pada kulit wajah, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Mencegah stress dan depresi
Kalau sudah stress mau ngapa-ngapain rasanya seperti nggak bersemangat gitu ya. Ternyata coklat bisa memberikan efek menenangkan dan bisa memberikan perasaan bahagia bagi yang mengonsumsinya. Hal ini karena coklat mengandung serotonin. Apalagi jika coklat murni dicampur dengan susu yang mengandung banyak protein akan membuat tubuh tambah sehat.

Manfaat susu coklat

Di kantor pun saya kalau lagi bosan bikin teh, ya bikin susu coklat atau kalau malas bikin tinggal beli yang instan di minimarket. Kesannya memang kayak anak kecil, di meja kerja ada susu cair hehe, lahh gimana dong saya suka sih.

Atau kalian punya cara lain untuk menikmati susu coklat?



Referensi : 

18 comments:

  1. Pokoknya meski kata orang cokelat bikin nambah berat badan, dan saya makin lebar, saya tetap mencintai cokelat Mba inun.
    Saya mah mencintai dia apa adanya, tak akan mungkin bisa kulupakan *duh ngomong apa sih ini hahahaha.

    Saya pecinta cokelat, tapi minum susu cokelat jarang sih, biasa dibilang saya jarang minum susu, takut endut, lucu kaaann, makan cokelat berkerat-kerat nggak takut gemuk, giliran minum susu cokelat alasannya takut gemuk hahahaha.

    Tapi kadang juga minum sih, dicampur kopi dan es sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tetep cintailah dia apa adanya *nyanyI lho ini mba* hehehe
      iya ya mba rey ada juga pemikiran seperti itu, giliran makan coklat 2 bungkus yang batangan gitu enak enak aja, nyantai aja. Tapi kalau minum susu apalagi pas mau tidur malah dihindari juga,karena yang ada dipemikiran adalah "biasanya selama ini mitos bilang kalau pengen gemuk minum susunya sebelum tidur", mungkin cerita ini yang kebawa juga

      minum coklat dicampur kopi, kayak kopi coklat yang di warung kopi kekinian langganan aku itu, wahh kalo ini udah pasti enyakkk mbak, meskipun harganya ya begitu dah, tapi kalo bikin sendiri juga nggak bisa seenak yang di kedai kopi itu hahaha

      Delete
    2. BIkin sendiri pakai macem-macem Mba, dulu saya sering bikin es kopi cokelat susu, pakai es krim, semuanya dimasukin ke blender, di blender, kasih es, duuhhh kayaknya udah enak banget hahaha

      Delete
  2. Saya suka dan sering susu cokelat. Tapi makan cokelat lumayan jarang 😂 berkebalikan dari mba Rey ahahaha.

    Jadi di kulkas saya pasti ada stock susu cokelat meski nggak setiap hari saya konsumsi alias saat ingin saja, yang penting susunya tersedia biar kalau mau minum tinggal buka kulkas 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe kesukaan orang beda beda ya
      nahh aku kadang beli sekotak susu cair buat simpenan di kulkas, tapi cepet abisnya juga, adik aku ya sukanya njajan beginian juga
      akhirnya jarang nyetok, beli susu kemasan kalo lagi pengen minum aja akhirnya

      Delete
    2. hahhaha, dulu saya sampai sering bikin susu cair cokelat gitu expired atau basi, sekarang udah enggak, ada 2 bocah yang bakal habisin, mereka mah kalau susu dingin juaraaa banget minumnya hahaha

      Delete
    3. iya mba rey, susu dingin enak ya hehehe, aku kalo beli di minimarket kadang milih yang dingin, seger enak

      Delete
  3. Saya suka susu coklat, tapi seperti kata mbak ainun, kadang takut gemuk kalau minum susu coklat jadinya sekarang nggak terlalu sering minum susu coklat. Tapi malah suka beli ice cream rasa coklat. Sama aja ya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe katanya makan es cream juga bikin gemuk, tapi kadang aku nggak paham juga intisari dari kata kata itu, lah wong nge-eskrim cuman sekian menit, mana bisa cepet ngegemukin.
      lanjut terus mbak selama nge-es cream itu enak hehehe

      Delete
  4. Kadang saya minum cokelat tetapi bukan susu cokelat yang full soalnya akan pilih susu full cream daripada susu yang ada rasa.
    Benar banget minum cokelat hangat atau dingin bisa empaskan stres.
    Bahas kelebihan susu cokelat bikin saya mikir agar beli susu cokelat juga selain full cream favorit dengan anak, he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merasa rileks gitu ya mba kalo abis minum susu coklat hangat
      aku kalau beli susu yang jenis full cream, milihnya biasanya yang susu biasa (non coklat) juga mbak.
      hehe kayaknya sekali kali nambah belanjaannya dengan beli susu coklat juga mba

      Delete
  5. Aku suka banget sama coklat Mbak Ainun. Bodo amat jadi tambah gendut, yang penting hati senang. Entah kenapa setiap kali aku makan coklat tuh mood jadi membaik bawaannya hati jadi bahagiaaaaa gitu. Makanya hampir tiap hari aku makan coklat.

    Kalau susu tentunya aku juga lebih suka susu coklat daripada susu putih. Soalnya rasanya juga gak enek. 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe *tos*
      katanya yang aku baca baca, coklat bisa bikin mood jadi baik ya,sepertinya untuk beberapa orang memang berlaku, tapi ada juga yang nggak ngefek
      wuihhh mb roem makan coklat hampir tiap hari, kalo aku pas lagi pengen aja, tapi kalau es krim coklat ya juga pas lagi pengen aja hehe

      yang coklat iya enak, kadang ada orang dari cium bau susu putih aja udah nggak doyan alias eneg duluan

      Delete
  6. Wahhh kalau soal coklat mah saya sangat suka sekali, apalagi kalau diolah menjadi susu seperti ini.. Kalo dirumah hampir setiap hari minum susu yang dibuatkan oleh mama, namun saat ini jadi agak jarang karena sudah jauh dari mama.. Minumnya banyak air putih, dan susu hanya kadang kadang saja..

    Wihh baru tau nih bisa banyak gitu manfaatnya yaa, gak kerasa banget pas minum bisa memberikan manfaat yang besar pada tubuh hingga sebanyak itu hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya ya dulu dibuatin sama mama, bisa buat bekal dibawa keluar rumah
      kalau dirumahku nyimpen stok susu yang ada biasanya dihabisin dulu sama adikku, aku cuman penikmat di awal aja, itupun nggak seberapa hahaha
      kalau tau manfaat minum susu sebanyak ini, minum tiap hari mah ayo aja ya :D

      Delete
  7. Replies
    1. hai kaka, salam kenal balik. Jadi kangen malaysia kalau gini :)

      Delete
  8. Looks very tasty 😍😍 Regards!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni