Dream Comes True : My First Book


Mungkin karena terbiasa berhadapan dengan majalah, tabloid atau buku dan imajinasi tingkat tinggi, saat kuliah sempat terlintas pikiran untuk menerbitkan novel sendiri. Ide cerita dari khayalan-khayalan tadi sempat ada dan hanya tertuang dalam draft word di komputer Pentium 1 lalu hilang entah dimana sekarang filenya.

Dulu saya gemar menyimpan alamat penerbit dan syarat-syarat pengiriman naskah ke penerbit, sayangnya lembaran catatan itupun juga lenyap entah dimana.

Lulus kuliah dan akhirnya menjadi cewek sok sibuk dengan kerjaan, saya masih menyimpan keinginan untuk bisa punya karya sendiri dalam bentuk buku dan masih rajin update berita mengenai perkembangan dunia penerbit.

Sampai pada akhir tahun 2012, saya melihat ada kompetisi menulis dengan tema Traveling. Kompetisi ini sendiri diadakan oleh penerbit DIVA Press, dengan homebase di Yogyakarta. Iming-iming hadiah yang ditawarkan tentu saja membuat saya tergiur, yaitu naskah pemenang akan dibukukan. Nggak hanya satu orang saja, tetapi ada 30 orang pemenang dan tentu saja karya buku ini disebut dengan buku antologi.

buku traveling note competition

Ditengah kesibukan kerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore dan acara sok sibuk lainnya khas anak muda, sempat membuat saya nggak yakin untuk bisa menyelesaikan draft tulisan tepat waktu. Tetap saja, saya adalah tim mepet deadline, bahkan draft lomba itu saya selesaikan sampai jam 3 pagi. OMG

Kompetisi ini sendiri yaitu berupa menuliskan cerita perjalanan baik destinasi dalam negeri atau luar negeri, tips perjalanan atau contekan budget singkat yang dikemas dengan gaya bahasa masing-masing peserta. Cerita yang saya ikutkan kompetisi adalah saat perjalanan ke Singapura dengan versi saya, dari mulai menyusuri trotoar Singapura yang bersih, menikmati pemandangan kotanya yang terlihat tenang sampai puas-puasin bermain di Universal Studio.

buku traveling note competition

buku traveling note competition

Beberapa minggu selanjutnya, seperti biasa saya sok sibuk urusan kerjaan sampai nggak perhatian sama sekali soal pengumuman pemenang lomba ini dan tiba-tiba dapat notif email dari penerbit Diva Press yang menyampaikan kalau saya salah satu pemenangnya. Akhirnya bisa punya buku.

Dari 30 pemenang akan dipilih lagi 3 orang yang akan mendapatkan hadiah grand prize berupa trip ke Karimunjawa. Meskipun saya bukan termasuk di dalam 3 orang pemenang tadi, buat saya sendiri nggak masalah, karena semuanya adalah pemenang terbaik.

Nggak hanya kenangan berupa buku yang sudah dicetak, semua pemenang mendapatkan kenangan berupa t-shirt yang sampai bertahun-tahun masih terlipat rapi di dalam lemari dan baru beberapa waktu lalu saya hibahkan ke orang rumah hahaha.

Jadi, buku Traveling Note Competition ini terbit pertama kali pada bulan Juni 2013. Saking senangnya, saya sampai datang ke toko buku untuk melihat si buku ini terpajang di antara buku-buku tema traveling lainnya.

Di buku antologi ini, ada salah satu pemenang yang sudah saya kenal sebelumnya melalui blognya karena dia sudah punya buku sendiri, yaitu Lalu Abdul Fatah. Chat personal nggak jauh –jauh dari bertanya mengenai pulau Lombok, karena si Fatah ini orang Lombok dan saat itu saya memang butuh informasi mengenai pulau Lombok, meskipun buku story Lombok dia sudah saya punya. Luar biasa aja, karya saya bisa satu project buku dengan Fatah.

Apakah sampai tahap ini saya merasa sudah puas? Tentu saja tidak, saya masih menyimpan keinginan untuk bisa menulis buku dengan tema diluar traveling tapi tetap masih ada nuansa travelingnya, lahhh hahaha. Bahkan akhir-akhir ini, terbersit ide penulisan dengan tema yang menurut saya sendiri agak ekstrim, mungkin bisa dikategorikan self improvement dari pengalaman pribadi hehe, semoga draft tulisannya bisa dieksekusi dengan lancar.

Yang penting, sampai saat ini saya berusaha menyalurkan passion atau hobi sesuai keinginan, dari nge-blog atau coba-coba bikin content bahkan mencoba belajar hal-hal baru yang bisa mendukung passion itu.

Semangat buat kita semua guys!






14 comments:

  1. Wah keren mba Ainun :DD hihi, pasti happy banget ya waktu tau ternyata karya mba dibukukan, apalagi bersanding dengan orang yang mba miliki bukunya juga :> jadi nggak sabar menunggu karya-karya mba berikutnya, especially ide soal self improvement itu keren juga :D

    Good luck mba, semoga lancar rencananya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, udah seneng bawaannya.
      semoga bisa terwujud keinginan nulis buku dengan ide yang sampai saat ini masih berputar putar dikepala, bingung mau nulis dari mana hahaha

      Delete
  2. Selamat ya kak buat peluncuran buku pertamanya, biasanya kalo udah ada "anak" pertama akan disusul yang kedua, ketiga dan seterusnya... Amien :)

    djangki.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun, wahh amin amin semoga ya, biar tambah semangat berkreasinya :)

      Delete
  3. Woah selamat mbak! Semoga semakin semangat dalam menulis hingga lahir buku-buku berikutnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu menyemangati diri sendiri ini, semoga dimudahkan jalannya ya kak

      Delete
  4. Kereeennn Mbaaa, selamat ya.
    Sebagai orang yang suka nulis, bisa menerbitkan tulisan kita di buku itu, rasanya luaaarrr biasa!
    Apalagi kalau sebuku dengan penulis yang kita pernah baca karyanya,keren banget!

    Semoga nanti segera menerbitkan banyak tulisannya di buku solo ya Mba, kereenn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa satu project sama temen 'online' yang belum sempet ketemu tapi udah kayak kenal lama wow sekali rasanya, seneng dan nggak nyangka
      aminn semoga bisa terealisasi mimpi mimpi ini ya hehe

      Delete
  5. Waah, keren banget nulis buku traveling. Semoga semakin semangat menulis bukunya ya mbak. Nggak kepingin nulis buku dalam bahasa asing mbak? Siapa tau kan bisa bantu nambah visa negara, hehe 😄 Indonesia ini saking luasnya, aku percaya masih ada tempat-tempat indah yg belum terjamah. Goa-goa yg mungkin menyimpan sejarah masa penjajahan dulu. Pengennya keliling Indonesia... mudah-mudahan satu hari nanti. Semoga sukses selalu mbak yaaaaa!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nulis dalam bahasa asing pengen juga kak, semoga bisa ya hehe
      bener banget di Indo masih banyak tempat tempat yang banyak tersembunyi dan masih alami, mungkin hanya beberapa orang tertentu saja yang mengetahuinya. harapannya biar nggak dirusak juga sama ulah manusia yang jahil

      amin, semoga suatu saat mbaknya bisa keliling indo ya. sukses juga

      Delete
  6. Mantul ;)
    Next kedepannya semoga terealisasi punya buku pribadi, kak.

    Ntar kalo kesampaian, nama2 temen blog yang sering mampir berkomentar disebutjan satu persatu, ya .. termasuk nama saiaaa ... Hahhaaha , ini mah ngarep akh namanya 😄🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha macam nulis di kata sambutan skripsi ya kak, semua request nama ditulis disana, etapi kapan lagi kan ya :D

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni