Asiknya Menjelajah Alam Bandung dengan Pegipegi


Bandung!

Setiap mendengar kata Kota Bandung yang terlintas di benak pikiran saya adalah batagor, angklung atau roti bakar bandung. Awal kemunculan batagor, yang saya tahu ya dari Bandung, begitu juga dengan roti bakar yang banyak ditemui hampir di setiap kota di Indonesia, pasti gerobak penjualnya bertuliskan “Roti Bakar Bandung”.  Iseng pernah nanya ke abang penjualnya ehh ternyata dia orang Bandung yang memang membuka usaha di kota saya yaitu Jember.

Dulu waktu masih SD, ketika roadtrip Jawa memang sempat melewati jalanan berbukit dengan hamparan kebun hijaunya, yang menurut saya itu Bandung. Sepanjang jalan terasa adem, sejuk dan menyenangkan. “suatu saat harus ke kota ini”, gumam saya



Selamat Datang di Bandung

Kota Bandung sendiri merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat dan sekaligus menjadi ibukota Provinsi. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Di kota ini pula tercatat sejarah penting  seperti tempat berdirinya sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia yang bernama Institut Teknologi Bandung atau ITB serta pernah menjadi lokasi berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Kota Bandung juga mendapat julukan Kota Kembang, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh dengan baik di wilayah ini. Selain itu, Bandung juga mendapat sebutan Parijs van Java karena keindahannya.


Halo Halo Bandung

Ngomongin Bandung nggak bakal ada habisnya, makanan yang enak-enak, gudangnya factory outlet sampai pesona keindahan alamnya yang memanjakan mata. Dan saya sudah niat kalau ke Bandung harus ada alokasi dana khusus untuk sekedar ngopi atau ngafe di café-café lucu disana, belanja produk fashion di factory outlet incaran saya dan bertualang di alam bebas kota Bandung.

Kreatifnya orang Bandung yang saya suka nih, pemandangan alam atau kebun yang disulap menjadi tempat tongkrongan yang instagrammable, gimana nggak membuat orang penasaran untuk datang berkunjung kesana kan.

Biar nggak penat dengan pekerjaan kantor yang berjam-jam menatap layar komputer, saya memiliki beberapa tujuan destinasi wisata alam ketika di Bandung. Apa saja itu?  Ini dia ceritanya.


Kawah Putih
Semenjak kemunculannya di film Heart, Kawah Putih yang berlokasi di Jl. Raya Ciwidey Patengan KM. 11 Kabupaten Bandung ini semakin dikenal masyarakat luas. Perjalanan dan trecking menuju Kawah juga tidak terlalu sulit. Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang disekitar kawah ini berwarna putih dan yang unik dari kawah ini adalah kadang airnya yang berubah warna. Jangan lupa kalau kesini bawa property foto yang menunjang untuk foto-foto supaya terlihat kece.

 
kawah putih bandung
Kawah Putih

Situ Patenggang
Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah sebuah danau yang terletak dikawasan objek wisata alam Kabupaten Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey. Situ Patenggang ini berada diketinggian 1600 meter diatas permukaan laut. 

situ patenggang


Disini saya puas menikmati hijaunya hamparan kebun teh dan disini juga terdapat Replika Kapal Pinisi yang sekarang sedang hits di kalangan traveler.  Di atas kapal pinisi ini, pengunjung bisa menikmati aneka kuliner yang sudah tersedia sambil menikmati keindahan danau.  



Perkebunan Teh Rancabali
Yup, lagi dan lagi menikmati area kebun teh. Perkebunan Teh Rancabali terletak pada ketinggian 1.628 meter diatas permukaan laut dengan pemandangan khas kebun teh yang berbukit-bukit dan berkelok-kelok. Perkebunan ini berada di pinggir jalan sehingga terlihat indah menawan dan membuat siapa saja yang melalui jalanan ini akan memberhentikan kendaraannya sejenak. Menyusuri jalan setapak sambil menikmati sejuknya udara perkebunan merupakan aktivitas yang menyenangkan disini.

perkebunan rancabali


Penangkaran Rusa Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas berlokasi di Jl. Ciwidey-Patengan KM. 11 Patengan, Rancabali, Bandung dan tidak terlalu jauh dari Kawah Putih ataupun Situ Patenggang. Ranca Upas memiliki luas 215 hektare dan berada pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini sendiri masuk ke dalam kawasan hutan lindung, karena disini tumbuh beberapa tumbuhan langka seperti pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kurai, Kitambang, Puspa dan Pasang. Terdengar asing ditelinga ya.


Sebagai salah satu tujuan wisata, Ranca Upas juga menyediakan fasilitas camping ground sehingga pengunjung yang berkeinginan untuk merasakan kemah bisa memanfaatkan lahan yang tersedia. Disini pula, kita bisa memberi makanan langsung untuk Rusa yang berkeliaran di alam bebas. Tenang, mereka masih aman untuk didekati.  


Tebing Keraton
Tebing Keraton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial. Dari atas tebing ini, saya bisa menikmati hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar luas. Pemandangan ini akan semakin terlihat indah jika berkunjung sebelum jam 6 pagi atau sebelum matahari terbit, sehingga bisa menikmati Bandung ketika berselimut kabut tebal.




Memang tiket masuk untuk menuju kawasan wisata tadi tidak terlalu mahal, nah supaya budget liburan nggak terlalu besar, saya memilih menginap di hotel dengan rate harga yang masih terjangkau, jadi sisa budgetnya bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh khas Bandung.

Untuk mencari hotel di Bandung sangat mudah tentunya, karena tujuan wisata saya lebih banyak di Area Lembang, maka saya memilih beberapa hari untuk menginap di Area Lembang dengan bantuan Pegipegi.


Mudahnya mencari Hotel dengan Pegipegi

Saya memilih Pegipegi karena banyak promonya hehe, lumayan banget untuk menghemat budget penginapan. Apalagi nih, fitur yang tersedia di Pegipegi user friendly.  Jika tidak sempat membuka website Pegipegi dari layar komputer atau laptop, cara paling mudah tentu saja membukanya melalui aplikasi Pegipegi.  Jadi, pastikan sudah install aplikasi Pegipegi lebih dulu yang bisa diunduh baik dari Google Play ataupun App. Store.


Ini dia langkah mudah pesan hotel melalui Pegipegi :

  • Buat akun lebih dulu di aplikasi Pegipegi dengan mendaftarkan alamat email
  • Klik gambar “HOTEL”, masukkan lokasi tujuan, misal Lembang. Kemudian masukkan tanggal rencana check-in dan check-out.
  • Pilih hotel yang diinginkan dan harga dikehendaki
  • Terima email konfirmasi booking hotel. Selesai deh

 
Banyak promonya

Harga ramah kantong traveler

Melalui Pegipegi, saya dimudahkan juga dengan adanya bantuan rekomendasi pilihan hotel favorit yang sudah dicarikan oleh Pegipegi. Pilihan pencarian tidak hanya hotel favorit saja, tetapi juga disediakan pilihan hotel bagi pasangan, family, hotel dengan konsep mewah dan hotel dengan pilihan budget hemat. Sehingga dengan hadirnya pilihan hotel yang beragam ini, membuat pencarian penginapan murah di Bandung jadi mudah.



Selain akses kemudahan memilih hotel yang sudah terbagi-bagi berdasarkan kategori kelas hotelnya, kemudahan lain dari Pegipegi adalah cara pembayarannya, yaitu tersedia beragam pilihan dari transfer Bank, melalui ATM, perbankan online dan melalui kartu kredit.


Dijamin liburan nggak bikin kantong jebol kan, beragam pilihan hotel yang tersedia di Pegipegi nggak akan bikin liburan jadi boros. Jadi, sudah siap nih mau liburan lagi dengan #pegipegiyuk








Comments

  1. bandung emmang ekren tapi sayangnya macetnya bikin males

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak terutama waktu long weekend maupun hari raya keagamaan. Pasti umpel-umpelan mau jalan, kendaraan pun jalannya irit banget

      Delete
  2. Hampir semua destinasi sudah saya kunjungi, tinggal tebing keraton dan replika kapal pinisi. Huah, mesti bergegas segera nih sebelum lekas menua!

    -Fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap sekali mas fajar ini, brarti kalo ada waktu Bandung bisa jadi jujugan refreshing selanjutnya kayaknya nih

      Delete
  3. keren tuh menikmati kuliner di atas kapal phinisi dgn view perbukitan yang hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang Day, idenya nemu aja. Makan sambil menikmati view kebun yang ijo2, pasti betah banget lama lama duduk disana

      Delete
  4. saya paling suka yang ada kapalnya itu, ditengah landscape yang hijau memang ada view kapal yang sepertinya perlu untuk didokumentasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. unik ya ada kapal gede ditengah tengah kebun,gini ini yang bikin pengunjung luar kota jadi penasaran

      Delete
  5. Kangen banget ama Bandung Mba, saya ke sana ke kotanya doang dulu, sekarang berkali-kali direncanain selalu gagal, pengen rasanya saya sendirian aja traveling ke sana, ngajak suami nggak asyik, banyak alasan hahaha.

    Padahal sekarang udah makin mudah ya traveling ke sana, pesan hotel melalui PegiPegi juga bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. "ngajak suami ga asyik" hehehe, alasannya banyak dan berbelit belit ya mba :D

      Kalo di bandung banyak pilihan, mau wisata kota, alam ada semua, kulineran apalagi melimpah ruah pokoknya

      Delete
    2. Nah bener Mba, impian saya banget nih pengen traveling solo nanti kalau anak-anak udah mandiri, semoga masih diberi umur panjang, kesehatan dan rezeki olehNya aamiin :)

      Delete
  6. Situ Patenggang pernah saya kunjungi kala masih lajang karier di Bandung. Tempatnya sejuk dan angin dari situ cenderung dingin menampar-nampar. Saya baru tahu soal kapal Titanic, keren juga tempatnya. Jadi pengen ke sana lagi.

    kalau yang lainnya sayang belum pernah dikunjungi. Pengen suatu saat nanti bisa ke sana pula. Semoga. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh dulu sempet berkarir di Bandung ya mbak, pasti Bandung punya memori yang spesial ya
      Aminn semoga suatu saat bisa main main ke Bandung lagi mbak

      Delete
  7. Jujur. Saya belum pernah Ke Bandung. Padahal di Kota Bandung banyak sekali pemandangan yang asik untuk di lihat, diantaranya yang dibahas di artikel diatas.

    Ohy...kabarnya wanita wanita Bandung itu cantik - cantik yah Mbak..? benar ngak sih.. ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar wanita bandung cantik bener Kang, kalo orang bilang neng geulis, iyagasih? heehe

      Delete
  8. Ada puluhan kali saya ke Bandung, tetapi bukan dalam rangka liburan. Pengen ah ke Ranca Upas nginep di sana bersama keluarga, nengok rusa-rusa lucu sepertinya asik banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti dalam rangka kerja ya, jadi nggak sempet explore banyak tempat disana.
      gpp mas ari, next ke Bandung lagi semoga bisa lamaan waktunya

      Delete
  9. Baru tebing keraton sama kawah putih yg udah didatangi.. jadi pengen main ke bandung lagi... bandung selalu punya cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya kalo Bandung selalu punya cerita, apalagi kalo kota yang baru pertama kali dikunjungi, bawaannya hepi terus

      Delete
  10. Duh selama di bandung belum kesampaian ke kawah putih baru kebun stroberinya aja padahal sedikit lagi ke sana, Bandung memang banyak bgt tempat liburan yang asyik saya juga pengen ke Bandung suatu saat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mba yanie, semoga suatu saat bisa main lama di Bandung jadi punya banyak waktu explore-nya

      Delete
  11. hihi, saya puluhan kali juga ke Bandung tapi kasian banget hanya beberapa tempat diatas yang prnah dikunjungi hahahaha

    pegipegi praktis juga trnyata buat nyari hotel.makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti mbak enny ada waktu lagi untuk main-main ke Bandung ya :)

      Delete
  12. Aaakkk wishlist tahun ini ke kawah putihhh, pengen ke bandung. Uhuy pegipegi memang mantul ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin amin, semoga terlaksana ya, urusan booking booking pegipegi aja mb :D

      Delete
  13. Ke Bandung memang banyak tempat wisata nya, tapi macetnya itu yang bikin malas, apalagi musim liburan.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas agus, memang enaknya jalan-jalan kalo ga musim liburan

      Delete
    2. Tapi kalo ga liburan harus bolos kerja, ntar kena potong gaji, padahal potongan gaji itu lumayan buat jalan².😂

      Delete
    3. iya potongan gaji bisa buat nambah2 makan di tempat tujuan kan ya.
      Nah berarti ambil cuti mas agus

      Delete
  14. Replies
    1. yuk kesini, rame rame kayaknya lebih seru apalagi sama keluarga

      Delete
  15. udah ngebayangin, dirikan tenda di Ranca Upas, pagi2 bangun pasti seger banget dengan pemandanagn hutan dan air. apalagi disambut sama2 rusa yang masih aman didekati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa aku juga ngebayangin gitu, apalagi kalo pagi masih berkabut dan gimana gitu, untuk ambil foto juga keren keliatannya

      Delete
  16. Belum pernah pakek pegi pegi ini...

    Coba ahhh...

    Mau jalan ke hati mantan inih....
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asekkkk CLBK nih mas, gapapa kalo itu bikin bahagia #ehhh
      iya pake pegi pegi harga oks banget ini

      Delete
  17. rindu main ke bandung lagi nih.. semoga bisa main lagi ke sana.

    ReplyDelete
  18. Bandung memang tempat yang paling asik buat menjelajah alamnya yang indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuu, banyak tempat yang bisa dikunjungi disana, dari cuman tempat nongkrong atau ngopi, belanja belanja sesuka hati sampai wisata alam seperti ini

      Delete
  19. Hmmpp, Bandung...

    Selalu kangen dengan makanannya yang enak-enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ceweknya geulis geulis ya? bener ga sih nulisnya hhehe

      Delete
  20. Bener deh pakai Pegipegi praktis, banyak pilihan otel ddl, harganya terjangkau suka ada promo hihihii bayarnya juga mudah ya. Seneng deh jalan2 ke Bandung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh aku juga pencinta promo mbak
      iya Bandung banyak pilihan tempat wisata dan makan-makan ya

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang