Wisata Asyik Selami Pagi Sambil Bermain Bersama Ubur-Ubur Jinak di Raja Ampat

9:10 PM

Destinasi wisata Raja Ampat memang disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata paling keren di Indonesia karena keindahan alamnya. Meski biaya untuk bisa berkunjung ke sana masih cukup mahal, namun tidak sedikit para wisatawan yang rela mengunjungi Raja Ampat demi bisa menikmati keindahan alam tersebut. Apalagi wisata Raja Ampat paling asyik yaitu di Danau Ubur-Ubur Misool ini, karena kita bisa menyelami danau sambil bermain bersama ubur-ubur jinak. Seru banget kan!

Wisata Raja Ampat paling asyik ini memang memiliki keunikan tersendiri. Dimana wisatawan bisa bebas berinteraksi dengan ubur-ubur atau jellyfish, yang sudah tidak lagi memiliki racun yang berbahaya bagi manusia.

(Sumber foto : disini)


Wisata Raja Ampat paling asyik di pulau Misool terdapat Gua Bawah Laut

Tidak hanya danaunya, destinasi wisata Raja Ampat paling asyik di Misool ini juga bisa kamu dapatkan ketika menjelajahi wisata bawah laut. Pasalnya, wisata bahari di pulau Misool sangatlah indah, karena di bawah sana juga terdapat gua bawah laut yang biasa disinggahi oleh para penyelam asing dan lokal.

Terkait soal kebersihan di kawasan Raja Ampat tidak perlu dikhawatirkan, karena tempat wisata di pulau Misool ini sangatlah bersih. Jika ada wisatawan atau siapapun yang berani membuang sampah sembarangan,  akan mendapatkan sanksi, karena pengawasan di lokasi ini juga terbilang ketat. Wah, kalau semua tempat wisata diberlakukan aturan seperti ini, mau pergi kemana saja terasa menyenangkan, mau foto-foto pun tidak akan ditemukan sampah disekeliling area tempat wisata.

Ubur-ubur jadi ikon penarik wisatawan yang dilindungi


Kebersihan juga tidak hanya membuat wisata Raja Ampat paling asyik ini menjadi indah dan keren, tapi juga demi melindungi ubur-ubur di Danau Misool. Ubur-ubur tersebut memang sangat dilindungi, lantaran ubur-ubur ini merupakan daya tarik bagi wisatawan asing yang berkunjung ke danau Misool.

Untuk mengunjungi wisata Raja Ampat paling asyik di pulau Misool ini, setidaknya wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan pesawat kecil seperti Susi Air yang bisa mendarat di Bandar Udara Misool.

Selain itu juga, Dinas Perhubungan juga telah membuat program angkutan reguler atau angkutan umum dari Waisai, Ibu kota Kabupaten Raja Ampat menuju pulau Misool.

Ada Tradisi Sasi Laut dan Darat di Pulau Misool


Nah, ada lagi yang membuat wisata Raja Ampat paling asyik ini wajib dikunjungi, yakni adanya tradisi Sasi Laut. Di mana tradisi turun temurun ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam yaitu dengan melarang penangkapan hewan laut pada waktu tertentu. Di wilayah lain seperti di Kei Besar, istilah sasi disebut juga dengan "Yot" sedangkan di Kei Kecil disebut dengan "Yutut".



(Sumber foto : disini)

Tradisi Sasi Laut ini sejatinya berisi makna untuk memberikan waktu kepada biota laut, untuk berkembang biak. Bahkan, waktu yang diberlakukan selama Tradisi Sasi Laut ini diselenggarakan bisa sampai tiga, enam, bahkan setahun. Nelayan pun tidak boleh melaut sebelum melewati jangka waktu tersebut.


(Sumber foto : disini


Tradisi Sasi ini tidak hanya diadakan di laut saja, akan tetapi juga diadakan di darat. Hampir sama dengan yang dilakukan di laut, Tradisi Sasi Darat juga memberlakukan masyarakat untuk tidak menebang pohon atau mengambil buah dari hutan untuk dikonsumsi. Terkecuali mengambil kayu dari hutan untuk dipakai sendiri dan tidak boleh dijual.

Karena hal-hal itulah, mengapa pulau-pulau, hutan dan laut di Raja Ampat tetap terlihat hijau, rimbun, asri dan indah. Sehingga alam tersebut bisa dijadikan sebagai suaka bagi berbagai macam burung, termasuk cendrawasih, bangau maupun elang.

Nah, wisata Raja Ampat yang paling asyik dikunjungi tidak hanya pulau Misool saja, karena masih ada banyak lagi hal-hal yang wajib kalian singgahi ketika mengunjungi Raja Ampat dan disini saya bisa melihat dan menemukan sisi lain dari kehidupan yang bisa dirasakan sebelumnya, seperti ikut merasakan kearifan lokal masyarakat setempat dan merasakan lebih dekat lagi dengan alam.  

Memang lokasi mana lagi yang bisa dijadikan rekomendasi wisata Raja Ampat paling asyik untuk dikunjungi? Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa kalian baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/wisata-raja-ampat-papua-tujuan-liburan/

18 comments:

  1. Replies
    1. hehehe lucu nan imut tapi kudu ati ati juga

      Delete
  2. Raja ampat oh raja ampat, wisata idaman ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. keindahan raja ampat memang tidak perlu diragukan lagi ya kak

      Delete
  3. Bukannya bisa nyetrum yah mba. Kmrn di pantai sini malah sempat dilarang berenang karena lagi banyak ubur2

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya ada yg tidak nyetrum bang day, seperti yang di pulau kakaban

      Delete
  4. Menyentuh sekali ya aturan adat disana. Bener-bener harmonis antara manusia sama alam :)

    Fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali, semoga tetap terjaga kelestarian dan keindahan alam di sini ya

      Delete
  5. Raja ampat memang nga pernah salah sih. Alamnya indah, Ya pokoknya daerah tengah sama timur sana, indah bet deh.

    Adatnya masih kental di sana ya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia timur memang oke-oke pemandangannya ya, aku juga setuju sih.
      adatnya juga masih tetap dilestarikan sampe saat ini

      Delete
  6. pantes ya raja ampat laut nya cantik dan indah..
    soalnya ada tradisi sasi laut, jadi terjaga ya mba biota lautnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalo ada tradisi seperti ini, pengunjung asing pun juga harus mematuhi, jadi siapapun yang berkunjung kesana akan betah

      Delete
  7. Pengen ke sana dong. Tradisi sasi laut sama sasi darat ini yang bikin alam di sana tetap terjaga ya... Coba diterapin di seluruh Indonesia 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kak adit, intinya semua harus mempunyai kesadaran untuk sama-sama menjaga ekosistem laut

      Delete
  8. Lucu ubur2ny jadi pengen ke Raja Ampat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe selucu aku ya kak, gemesin gimana gitu #ehhhh
      Raja Ampat destinasi sejuta umat, alamnya cantik

      Delete
  9. Disana masih alami banget ya alamnya. Lautnya pun masih jernih. Makanya banyak ubur2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sekali,kalo alamnya masih alami gini jadi betah lama-lama ya

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

Powered by Blogger.