Mengenal Asia Camera Museum Penang

11:45 AM
Mondar-mandir di sekitar Jalan Burmah Penang, membuat saya penasaran dengan sebuah bangunan megah berwarna dominan putih dengan halaman yang cukup luas. Tiap kali melewati bangunan ini, nggak tampak pengunjung yang hilir mudik di sana. Dari plang yang terpajang di luar pagar, tertera tulisan Asia Camera Museum. Tapi saya ragu untuk melangkahkan kaki ke dalamnya, karena takut salah kamar hehehe.

Seperti pepatah, tak kenal maka tak sayang, saya tepiskan keraguan saya untuk mencoba melangkahkan kaki ke sana #tsaahh.

Di bagian resepsionis depan, satu orang laki-laki berperawakan kurus tinggi dengan tampang kokoh-kokoh dan satu orang cewek menyambut saya. Mereka menanyakan maksud kedatangan saya dan saya pun menjawabnya dengan ramah.
Koleksi Foto-Foto yang terpajang rapi di salah satu dinding

”Mau lihat-lihat koleksi kamera”

”Silahkan ke lantai 2”, jawabnya juga ramah

Saya pun naik ke lantai 2, di sekitar tangga dipasang semacam sensor yang akan berbunyi seperti suara bel rumah ketika ada orang yang melaluinya, sebagai pertanda bagi petugas yang berjaga di lantai 2 bahwa ada pengunjung yang datang.


Koleksi kameranya lengkap

Semua kamera kuno ada disini

Bapak paruh baya berkacamata menyambut kedatangan saya sore itu, saya kira Free masuk kesini, ehh ternyata tidak. Untuk masuk ke lantai 2 pengunjung membayar RM 20. Tapi nggak rugi juga kok mengeluarkan duit sebesar itu. Bapak yang bertugas pun menanyakan asal saya dari negara mana dan setelah tahu asal saya dari Indonesia, dia dengan senang hati menjadi guide saya untuk menjelaskan beragam jenis kamera dari awal mula muncul sampai sekarang, sejarahnya sampai segala inovasi-inovasi yang berhubungan dengan kamera, tentunya dengan bahasa Melayu yang masih bisa saya tangkap dengan baik artinya. 



Koleksi kamera disini menurut saya sangat lengkap. Guide saya menjelaskan satu-persatu koleksi yang dipamerkan di museum tersebut. Saya selanjutnya diajak ke sebuah ruangan yang tidak terlalu besar, yang berisi lemari-lemari dengan pajangan kamera DSLR dengan beragam merk, dari jaman jadul sampe modern. Terdapat juga model kamera jaman kuno yang untuk mengambil kamera obyek seperti pas foto harus berlindung dibalik kain.


Lalu, saya di bawa ke ruangan selanjutnya yang lebih kecil lagi, tampak dua pekerja laki-laki yang masih muda berada di ruangan ini. Di dalam ruangan, terdapat pajangan foto-foto dan juga pendiri studio foto pertama di Pulau Penang ini. 



Kelar diajak berkeliling di lantai 2 yang nggak terlalu luas ini, guide memberi saya kenang-kenangan berupa Postcard dan kacamata kertas 3D. Wisata yang cukup menghibur dan edukatif tentunya.


ASIA CAMERA MUSEUM

10, Burma Road – Penang

5 comments:

  1. Wahh ini bagus juga museumnya, jadi bisa liat kamer2 antik :) thanks for sharing!

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mb Vonny, ditunggu ceritanya ya :)

      Delete
  2. Wah, isinya keren-keren ya! Kapan2 kesini ah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

Powered by Blogger.