Naik-naik ke Penang Hill

Dari sekian banyak destinasi wisata di Penang, saya penasaran dengan Bukit Bendera atau Penang Hill, tentunya penasaran ingin naik Funicular Train-nya. Untuk menuju ke Bukit Bendera, dari Tune Hotel tempat saya menginap, saya berjalan ke Komtar. Cukup lama menunggu bis 201 jurusan Penang Hill. Daripada bengong-bengong nggak jelas, saya pun ngobrol dengan engkong-engkong penduduk asli Penang yang lagi nongkrong di bangku tunggu bis. Dari obrolan ini, si engkong memberitahukan untuk menyiapkan uang pas sebesar RM 2. Ya, menurut info yang sebelumnya saya dapat dari internet, sopir bis tidak akan memberikan uang kembalian kalau ongkos yang kita bayarkan lebih. Cukup lama saya menunggu bis 201 tiba dan setelah tiba pun masih berebutan untuk masuk bis dengan turis-turis lain. Perjalanan yang saya tempuh kurang lebih 1 jam, bis ini akan melewati Kek Lok Si Temple sebelum tiba di stasiun terakhir Penang Hill.
Nunggu bis di Komtar

Duduk anteng di dalam bis
Antrian di depan loket pembelian tiket cukup panjang, ternyata saya salah, untuk turis Non Malaysia, jalur antriannya berbeda dan waktu itu tidak terlalu banyak yang antri, meskipun disana banyak banget saya mendengar turis dengan bahasa Indonesia dimana-mana. Harga untuk tiket Funicular Train round trip (PP) sebesar RM 30 dan voilaa kereta mulai naik-naik ke puncak bukit deh. 
Funicular Train
Desak-desakan di dalam kereta
Di Bukit Bendera, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan kota Penang dari atas, sayang cuaca cukup mendung ketika saya datang. Kalau mau makan tinggal menuju ke resto yang ada disana. Berjalan ke arah belakang dari Bukit Bendera ini, terdapat Owl Museum, pedagang-pedagang kecil juga booth yang membuka seni henna atau melukis di tangan layaknya orang India.
Ada di puncak Penang Hill
Penang dari ketinggian
Pelataran Cliff Cafe
Owl Museum

Puas mengambil foto di bagian atas Penang Hill, saya kembali mengantri untuk naik Funicular Train dan kali ini saya berebut untuk mengambil train paling depan, biar lebih puas mengambil foto dan teriak-teriak bersama dengan penumpang lainnya. Suweruu!!
Kembali mengantri untuk turun

Kereta menuruni bukit yang curam banget
Di seberang loket penjualan tiket, terdapat kios souvenir, pengunjung bisa lebih puas membeli oleh-oleh disini. Puas berkeling Penang Hill, saya pun menuju gerbang luar dari Penang Hill, disana sudah menunggu bis 201 yang akan membawa saya kembali ke Komtar.
Gerbang depan Penang Hill
Sampai ketemu lagi Penang...

Comments

  1. Ternyata cakep yaaa, kapan lalu ngak jadi kesini coz males nunggu bus kelamaan dan memilih keluar masuk resto nyobain makanan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om cumi, dari atas viewnya keren. Bener tuh om, nunggu bisnya lamaaaa poll

      Delete
  2. aku ga kesini nih waktu ke penang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kalo ke penang lagi, kudu mampir sini mb mila :)

      Delete
  3. Nah ini yang aku sesalkan dulu. Kok gak sampe ke sini 😖 lupa pula dulu alasan skip apa, kalo gak salah takut kehabisan duit hahaha. Jadinya cuma ke Kek Lok Si temple aja.

    Kalau 2014 biaya trainnya MYR30, barusan iseng cek sekarang MYR 40. Gak jauh bedanya padahal jaraknya hampir 10 tahun :) ntarlah kl ke Penang lagi wajib ke sana.

    ReplyDelete
  4. Saya liat foto-fotonya kok berasa vibenya kayak di puncak ya mbak, ngoehehehe.
    Penang ini masuk wishlist travelku tahun depan. Bismillah aja dulu deh, semoga kesampean yaa

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah ke penang,,pengen suatu saat bisa kesana apalagi ke penang hill ini pasti seru ya pemandangan alam dari atas dan angin semilir sepoi2 :)

    ReplyDelete
  6. Kalau dengar sopir bertingkah begitu langsung ingat tukang parkir di sini 11 12 kelakuan kalau dikasih uang bukan pecahan kdang gk di kebalikan 😅

    ReplyDelete
  7. Wahh seru ya naik funicular train. Kalau di Penang mbak Ainun pake bahasa melayu, indonesia, apa gimana?

    ReplyDelete
  8. Wahs aya tahun 2013 ke tempat ini, sudah lama sekali ga pernah ke sana lagi, sekarang kayaknya lebih enak gitu ya mba Ai tempatnya dan lebih ramai kah, dulu soalnya pas ke sana itu masih sepi ga terlalu ramai pengunjung dna naik kereta yang miring itu, ngeri-ngeri sedap juga heheheh

    ReplyDelete
  9. Wah.. Seru banget nih perjalanan ke penang hill.. Semoga aku juga bisa kesana

    ReplyDelete
  10. Rame juga ternyata yang naik Funicular Train yaa. Seru banget kayaknya. Waktu ke Malaysia dulu saya blank banget mau ke mana-mana-nya, ngikut itenary yang dibuat sama teman aja. Nggak mampir ke sana waktu itu. Semoga bisa jalan-jalan ke Penang Hills juga someday. Jadi inget kakak sepupu yang tinggal di Singapura mau nikah dengan cewek Malaysia Desember tahun depan, kepikiran buat nabung, dateng kondangan dan jalan-jalan nih. Hehe..

    ReplyDelete
  11. Di dalam keretanya desak²an mbak? Udh ky KRL di Indonesia dong heheh.. Sampe jam berapa tuh operasional keretanya? Btw keren jg liat pemandangan Penang dr puncak sana yaa

    ReplyDelete
  12. Aku langsung tertampar pas baca banner, you've never been to Penang unless you've been to Penang hill 🤣🤣🤣

    4 tahun di Penang, trus sering bolak balik, tapi aku ga pernah ke Penang hill mbaaaa 😂😂😂

    Bukan napa2 sih, adekku pernah kesana. Dan dia cerita waktu itu ke museum hewan gitu, dan ada aneka lintah yg buanyaaak banget sampe kayak bola 🤣. Gimana aku ga merinding dengernya. Sejak itu ga tertarik ke Penang hill, Krn mikirnya banyak lintah di sana hahahahah.

    Ketakutan aku doang sih itu.

    Nantilah kalo ke penang lagi cobain ke situ 🤭. Masa aku dibilang ga pernah ke Penang kalo blm ke Penang hill 😅

    ReplyDelete
  13. Karena suasananya nyaman, ke Penang Hill bisa menjadi salah satu destinasi wisata menyenangkan.
    Udara yang sejuk dan view yang cantik bisa semakin menambahkan kesan dalam liburan ke Penang.

    ReplyDelete
  14. View dari atas menarik banget ternyata, jadi salah satu list destinasi wisata kalau ke Penang ya mesti coba ke Penang Hill, vibes nya serasa di area puncak gitu ya mbak..indah

    ReplyDelete
  15. Aku takut akan ketinggian wkwkwk. Tp penang ini terngiang2 kaya manggil banget sih ngajak main, semoga kapan2 bisa nyoba naik kesana jg ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang