Welcome To Karimun Jawa

Akhirnya ke Semarang juga… sekalian nyebrang ke Karimun dong. Tapi kali ini rute awalnya adalah dari Jepara. Setelah menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Semarang tibalah rombongan saya di Jepara pukul 7 malam, tapi kita nggak turun di terminalnya ( padahal bilangnya sih turun ke terminal, eh malah diberhentiin di persimpangan jalan ).

Ya udahlah gak papa. Berhubung kapalnya baru berangkat keesokan harinya, nggak mungkin kan kalau kita harus tiduran di pelabuhan. Dan kita memutuskan untuk mencari penginapan murah meriah alias losmen dianterin sama tukang becaknya ( untungnya nggak jauh tuh dari persimpangan tadi ). Setelah nego-nego, tukang becak dan rombongan saya sepakat untuk dijemput di losmen buat dianterin ke pelabuhan jam 7 pagi esok harinya.

Tepat sekali, si tukang becak sudah jemput kita di losmen, dan kita melunnccuuurrr ke pelabuhan dan tarif ke sana kita kasih 15rb per becaknya. Sampainya di pelabuhan, gilaaa banyak banget rombongan mobil-mobil berplat Jakarta dan Bandung gitu pada mau liburan ke Karimunjawa. Antre beli tiket Kapal Fery Muria kelas Ekonomi di loket deh, pada mau upgrade tiket ke VIP tapi habis, ya udah.

Pas nyampe pelabuhan ehhh aku pikir aku orang yang bawa barang termasuk yang banyak, malah mau bawa koper sekalian ( niatnya antara pindah rumah, liburan atau pemotretan hehehe ). Ternyata ada yang lebih banyak dari aku hohohoho

Di atas kapal, untungnya dapet tempat duduk, nggak ada ruginya berangkat pagi-pagi tuh, penuh sesak gara-gara barengan sama libur lebaran sih, coba kalau pas hari biasa, nggak kayak gini deh. Yeahhh… tepat jam 08.30 kapal diberangkatkan dari pelabuhan Jepara dan siap-siap pantat pegal maupun mati gaya gara-gara kelamaan di kapal 6 jam boooo..Dan pukul 14.30 kapal fery sudah berlabuh di Karimunjawa…senangnyaaaa !!! Dan kita dijemput oleh pemandu kita menuju ke penginapan, cihuuyyy akhirnya kaki menginjak juga di Karimunjawa. Perlu pasang status di FB kayaknya “ BALI KEREN TAPI KARIMUNJAWA LEBIHHH KEERREENNN “ hehehehe.

Nggak pake lama nyampe, kita langsung diajak ke pantai terindah di Karimunjawa, Nirwana Beach. Finally….Malemnya jalan-jalan ke alun-alun Karimunjawa, nyobain bakso ikan.
Terus berlanjut jalan-jalan ke pantainya sampai hari terakhir…asik asik asikkk…

Sayang, dari pertama kali tiba di Karimun, pikiran nggak tenang, aku harus memastikan tiket pulang dengan kapal cepat KARTINI yang udah dibooking kurang lebih 1 bulan sebelum tanggal kepulanganku. Alamak sama si empunya alias yang tukang ngurusin nih tiket, tiket kapal dibilang penuhhh, busyeettttt, mentok-mentok harus nunggu jadwal kapal fery yang ke Jepara pas hari Kamis tanggal 16 Sept 2010. Wahh cuti udah habis tuh..

Dengan saran dari teman serombongan sekaligus guide yang baik hati nih ( thengqyu2 ^^ ), marahin aja mbak, bla bla bla… harus juga tuh. Akhirnya calling-calling tu bapak, untung di Karimun masih ada sinyal. Malemnya dapet kepastian kalo aku dapet tiketnya juga ppffhhhhh…Dan besoknya sama tur guide aku, tiket udah di ambilin di pengurus kapalnya waktu kita lagi tur pulau. Baiknya ^^

See U Karimun Jawa……..

Comments

1. kayaknya poto kapal perlu dikurangi, dan ditambah poto2 keindahan karimun! hehehe...

ReplyDelete
  2. itu kapal berangkat dan pulangnya, kan beda hehehe. Biar seru !!! Perjuangan tuh dapetin tiket speed boat untuk pulang ke jepara ^^

3. eh salah deng, pulang ke semarang maksudnya ^^

4. Uwowww, sejak dahulu kala ternyata Mba Inun ini udah berpetualangan, saluuttt maksimal deh.

Saya belum pernah sama sekali ke Karimun Jawa, katanya keren banget, tapi saya takut juga katanya lautnya serem hahaha.

Maklum kagak bsia renang sayah :D

Btw membayangkan di masa gini, jadinya sepi banget ya

Replies
    1. hahaha yang ke Karimun ini bisa dibilang nekat, aku nggak ngerti jalanan Jogya, yang mana harus transit dulu disana naik bis, waktu pulangnya via semarang juga baru pertama kali ke terminal pusat semarang, dan alhamdulilah sampai di rumah dengan selamat

ombaknya cukup besar juga mbak, karena berangkat naik kapal feri yang gede jadi nggak terlalu terasa, waktu pulangnya ini yang jadi tantangan, karena naik fastboat

bener mbak, aku baca-baca berita, kapal tujuan Karimun untuk sementara berhenti beroperasi, sama kayak di pulau Bawean

Delete
  5. Haaah 6 jam di kapal? Widih.

Makanya kalo pas ke Jepara, orrtuku gak pernah ngajak ke Karimun Jawa. Takut anak2nya bosen di kapal.

Tapi daku jadi penasaran pengen ke sana ngajak Saladin. Habis dari rumah uyutnya Adin bisa ke Karimun utk lanjut liburan.

ReplyDelete
  6. Ini salah satu wishlistku juga. Ada temen blogger yang asli Karimunjawa dan udah dikomporin terus main ke sana hwhw. Cuma jadi inget video viral beberapa waktu lalu, yang kisruh penjualan tiket kapal. Udah jadi perhatian pihak terkait, dan semoga ke depan penjualan tiket jauh lebih baik dan bisa diproses online.

Liat foto²nya aduh mupeng. Airnya bening kayak kaca.

7. aku pernah ke Karimun Jawa dua kali tapi yang pertama gagal karena saat datang cuaca sangat tidak bersahabat dan aku ngga bisa ngapa ngapain. Jadi dateng lagi kedua kali dengan memperhatikan cuaca dengan lebih baik dan ternyata emang Indah juga, Semoga tetep terjaga dan terawat sih alamnya

ReplyDelete
  8. Perjuangan juga ya mencari tiket kapal apalagi kalau lagi rame Itulah kenapa memang kalau ke Karimunjawa itu persiapan harus benar-benar matang apalagi kalau lagi musim ramai dan cuaca tidak bersahabat waktu itu kan pernah ada orang-orang yang tidak bisa pulang karena cuaca buruk dan kapal tidak bisa mendarat

9. Ya ampun cakep banget airnya bening berwarna, tapi kenapa fotonya dikit banget mbak, malahan cuma satu gambar lautnya padahal pengennya photo laut dari beragam spot yg di banyakin, kayaknya mbaknya udah terlena keindahan alam nya sampai lupa dokumentasi deh.

10. Penasaran sama pemandangannya, terutama lautnya yg biru atau ujung laut yg ada mataharinya nongol sedikit, apa itu sunrise sunset gitu, tapi tidak ketemu fotonya.

ReplyDelete
  11. Airnya bening bangett yaaaa.. Macem kayak kaca bergelombang aja euy. Jadi mupeng pengen banget berangkat kesana.

Btw tulisan 2010 jadi nostalgia banget ya mba. Dulu apa-apanya ga diposting ke instagram, tapi ke facebook. Manalah seru-seru juga isinyaa... Huaa, kangen euy.

12. Naaaah temen kantor dulu pernah niiih ngalamin hal begini pas di Karimun Jawa. Yg pertama ga bisa balik Krn abis tiket, yg kedua ga bisa balik Krn cuaca jelek dan dia terjebak di sana sampe kapal mau jalan lagi 🤣

Makanya aku sampe Skr blm bisa kesana, Krn nunggu waktu baik juga mba. Ga kepengen pas musimnya lagi jelek, Krn kuatir suami ga bisa pulang sesuai jdwal cuti. Atau ga bisa pulang Krn tiket abis 😄

Padahal dr apa yg kubaca, Karimun memang baguus kok. Penasaran aja mau kesana.

ReplyDelete
  13. Akk wishlist banget ini ke Karimun Jawa belum kesampaian, sayangnya sekarang sudah masuk musim hujan ya agak riskan piknik ke pulau

14. Wah, kapan yaa bisa ke Karimun Jawa. Blm terlaksana aja niat hati ini.. Hiks. Padahal aku punya kakak di semarang yg siap jadi guide, tp aku beranjak begitu syulit.. Hihi. Thanks sharing ceritanya kak 😍

15. Aah, aku mau ngumpet di kopermuu, kaa..
    Karimun Jawa gituu..

Semoga nanti ada artikel biaya perjalanan ke Karimun Jawa, hehhe.. supaya ada gambaran yaa..
    Kalau mau liburan, yang aman bawa duit berapa?
    Naik kapalnya tuh bisa QRIS gitu gak pembayarannya? Atau uda ada apps pemesanan kapal?

Keren sih ini...
    Pake banget, jangan lupa!

ReplyDelete
  16. 6 jam di kapal... lumayan juga itu kalau laut lagi banyak gelombangnya... pernah ngalamin kayak gitu pas pulang dari Banda Neira, lautnya lebih heboh daripada pas berangkat... lumayan ngaduk2 perut...