Refreshing di Wisata Pinus Sidomulyo Jember

wisata alam di jember


Berwisata ke alam memang menyenangkan, apalagi buat yang suka camping. Meskipun kalau pergi ke alam, nggak harus camping juga.
Kali ini saya kebetulan pergi ke bumi perkemahan Garahan di Kabupaten Jember atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Garahan.

Sebenarnya kedatangan saya kali ini sudah kedua kalinya. Cuman yang pertama datang kesini dulu, hanya berada di bagian area depan aja tepatnya di area hutan pinus dan area yang biasa digunakan pengunjung untuk camping.

Kunjungan kedua kali ini fokus ke bagian belakang, yang dekat dengan area sungai dan tanah lapang. Nggak banyak yang saya explore di tempat ini, karena memang bukan theme park wisata gitu. 
wisata alam jember

tempat camping jember

Di area belakang yang saya datangi ini, dominan memang tanah lapang biasa dengan beberapa pohon yang menjulang tinggi plus beberapa tempat duduk dari batang kayu yang ditata sedemikian rupa sehingga bisa berbentuk seperti kursi.

Hutan Pinus Sidomulyo Garahan Jember
Kedatangan saya saat itu, tepatnya di hari Sabtu dan memang terlihat sepi dari pengunjung. Mungkin kalau di Hari Minggu bisa lebih ramai.

Baidewei, saya penasaran dengan “gerbang kayu” minimalis di area belakang ini, karena di bagian atasnya bertuliskan “Gerbang Tubing’ tempat lokasi pemandian sungai dan tubing. Lagi-lagi saya nggak melihat aktivitas pengunjung di aliran sungai kecil ini. Hanya terdapat saya dan seorang pengunjung.
wisata tubing jember

Aliran sungainya memang nggak terlalu deras ya, bahkan nggak dalam kok. Saya sendiri heran, kalau mau main tubing atau kintir-kintiran dalam bahasa Jawa atau hanyut-hanyutan kalau dalam bahasa Indonesia, apakah bannya bisa jalan. Oya, di warung yang ada di bagian belakang sini, ada persewaan ban, yang memang diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin bermain air.
wisata hutan pinus garahan

wisata alam camping

camping di jember

hutan pinus garahan

Mungkin, kalau di akhir pekan tempat ini ramai dikarenakan banyak keluarga yang ingin refreshing sejenak gitu, sekalian menggelar tikar buat makan siang di sini alias piknik tipis-tipis.

Wisata Hutan Pinus Garahan ini akan dilewati kalau teman-teman menuju Banyuwangi melalui Kabupaten Jember. Di pinggir jalan raya ada gerbang kokoh berwarna putih dengan tulisan Hutan Pinus Sidomulyo. 

Comments

  1. waktu saya di jember kok belum kedengeran tentang wisata yang satu ini ya, enak bisa bikin tenda gitu

    ReplyDelete
  2. Kalau tubing itu dipengaruhi debit aliran sungai. Kalau debit sedang deras bakal menyenangkan. Kalau debitnya kecil ban bakal sering nyangkut. Rata-rata sungai yang untuk tubing ga dalam. Jadi lebih aman.

    Kalau lagi di hutan pinus itu paling enak pasang hammock. Syukur-syukur kalau bisa tidur di hammock sekalian..hihihii

    ReplyDelete
  3. Saya nih demen yang wisata model alam terbuka kayak gini mbak, memang betul nggak harus kemping juga sih .sekedar ngumpul bareng sahabat ,mungkin karena kemarau ya jadi air nya ga terlalu banyak, di sini tempat saya juga ada satu tempat yg namanya sama Sidomulyo

    ReplyDelete
  4. Saya pun kalo diajakin berwisata ke Jember gini mau, kakak. Tentunya makin seru deh kalo aktifitas tubing berjalan ya, bisa seseruan bareng temen gitu. Malam ngecamp dan siang asik ngetubing.

    ReplyDelete
  5. Area tubing itu sepertinya seru kalau sudah datang musim penghujan ya, jadi debit airnya tidak sedikit seperti sekarang. Kelinyutan bersama teman-teman sambil hahahihi di atas ban :D

    ReplyDelete
  6. Wah, prestasi jalan2ku di Jember hanya sampai ke pantai Watu Ulo ajah, padahal banyak yang menarik dan indah pemandangan alamnya di Jember ini ya ^_^ *langsung tandain, semoga kesampaian bisa mampir*

    ReplyDelete
  7. Atau mungkin lagi kering kali ya mba. Aku juga bingung gimana ban nya jalan kalo air nya dikit 😅. Bbrp kali main tubing di Jogja, airnya itu ya ngalir dan lumayan banyak.

    Mungkin Krn itu juga sepi pengunjung. Ntr kalo udh penghujan, bisa jadi lebih rame Krn debit air juga banyak.

    Aku suka sih wisata alam gini. Kalo sepi sbnrnya malah enak, jadi ga terganggu kan. Buat kemping jadi tenang , soalnya tujuan orang kemping biasanya cari ketenangan kan 😄

    ReplyDelete
  8. Karena kemarau juga kali yaa. Kalo masuk penghujan, mungkin bisa lebih dalam dan deras lagi airnya.

    BTW ini HTM nya berapa ya? Kalo di jember kayaknya lebih manusiawi ya ketimbang di Jabar. Disini mah, wisata ijo-ijoan kecil aja kadang udah minta tiketnya ga karuan, segala dimasukin asuransi lah, ini lah, itu lah. Pokoknya endingnya jadi mwahall..

    ReplyDelete
  9. Wahh asyik ya bisa wisata ke hutan pinus. Segeeer dan bisa rehat sejenak dari kesibukan.

    BTW di sana ada tempat campingnya?

    ReplyDelete
  10. Nggak heran kalau weekend lebih ramai, ngeliat pemandangannya kayak gitu dah kebayang healing di sana pasti nyaman banget. Refreshing banget nongki-nongki piknik dengan pemandangan di samping sungai gitu..

    ReplyDelete
  11. Bagus gini wisatanya tapi jarang pengunjung ya mbak Ainun.
    Kalau tipe-tipe seperti saya, wisata yang jarang pengunjung begini sebenernya enak dikunjungi. Selain karena terasa lebih private, juga engga bakal banyak sampah berserakan dan terlihat lebih asri tempatnya.
    Dengan diceritakan diblog begini, saya rasa ngga lama lagi bakal ramai tempatnya.

    ReplyDelete
  12. Hutan pinus dimana-mana adem yaah gak heran akupun pasti betah berlama-lama, kalau ditempat saya ya cuma di Limpakuwus Baturraden belum pernah sih ke Pinus Sidomulyo Garahan ini, next bisa jadi referensi kalau pas ke Banyuwangi nih.

    ReplyDelete
  13. Cocok banget buat camping nih, lokasi nya juga mudah dijangkau ya Mbak. Boleh spill kah budget buat camping disana? Kemudian HTM masuk ke area nya? Kalau ke Bayuwangi bisa sekalian nih, menarik lokasi nya dan enggak heran kalau weekend rame wisata alam selalu menawan.

    ReplyDelete
  14. Sama, kepikiran juga gitu, mungkin karena musim kemarau ya jadi air sungainya dikit. Keren sih ini taman pinusnya karena ada spot juga untuk bermain air atau tubing, kalau di daerah saya ini adanya pohon pinus aja. Dan suka juga berwisata di alam terbuka gini karena adem dan segerin mata

    ReplyDelete
  15. Baru denger di Jember ada wisata pinus nya juga. Keren pemandangannya ya kak. Alam terbuka selalu menarik untuk healing..

    ReplyDelete
  16. Enak banget yaa datang ramai-ramai sama teman atau keluarga terus piknik di bawah pohon bawa makanan yang banyak terus makan bareng mauu

    ReplyDelete
  17. Sukak jalan2 di hutan pinus juga aku mba, tpi krna kemarau panjang rasanya kok gersang bgt yaa. Smoga segera menghijau lagi hutan2 kita

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang