Tips Atasi Bosan Saat Solo Traveling

tips atasi bosan saat solo traveling


Nggak kehitung berapa kali saya solo traveling, biasanya nih awal mulanya dari rencana traveling bareng sama temen dan berujung satu persatu dari teman-teman saya ngilang begitu aja. Ada yang bilang ada kepentingan mendadak atau memang ada yang berubah pikiran beberapa hari sebelum keberangkatan. Sedangkan saya sendiri mau membatalkan perjalanan rasanya sayang karena tiket sudah dibeli jauh-jauh hari.

Explore Dunia dengan Solo Traveling
Memang sih ada enak dan nggak enaknya kalau nge-trip dengan solo traveling atau jalan sendirian. Yang terasa banget pastinya nggak ada teman ngobrol di perjalanan, krik krik gitu rasanya 🤣. Apalagi kalau jalan-jalan ke luar negeri yang membutuhkan durasi perjalanan lebih lama. 

Traveling sendirian nggak melulu akan merasa sengsara kok, pastinya ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan, seperti :

1. Mengetahui lebih jauh tentang diri sendiri
Bepergian sendiri memaksa kita untuk mengambil keputusan sendiri. Hal ini berarti saat kita bepergian sendirian, kita akan belajar lebih banyak tentang diri sendiri, tentang hal-hal apa yang membuat kita nyaman dan nggak nyaman. Semua keputusan ada di tangan kita dan otomatis membuat kita tahu seberapa besar keberanian kita mengambil keputusan dan resiko yang mungkin akan ditanggung nantinya.

2. Lebih murah
Ketika kita bepergian sendirian, akan lebih mudah mengikuti anggaran karena kita sendiri yang memutuskan akan tinggal dimana dan makan apa. 

3. Mudah menemukan teman baru
Sebenarnya nggak harus ketika kita solo traveling akan mendapatkan teman baru, dulu saat saya traveling rame-rame bareng sohib bisa aja ketemu sama temennya temen gitu, jadi circle-nya itu-itu aja, apalagi sesama traveler pasti linknya banyak. Seperti misalnya join di komunitas Traveler, pasti si A kenal dengan si B yang ujung-ujungnya terkesan dunia ini memang sempit.

4. Bebas menentukan rute sendiri
Dengan solo traveling, kita bebas menentukan rute perjalanan sendiri, kita bebas mau pergi kemana yang kita mau. Sedangkan kalau kita pergi rame-rame, paling nggak kita harus kompromi dulu untuk pergi ke suatu destinasi agar semua orang senang.

Tips Mengusir Bosan Saat Solo Traveling
Nggak dipungkiri kalau solo traveling pasti akan membuat saya bosan, kadang malah bikin mati gaya juga sih 😁

Beberapa tips berikut bisa nih dicoba kalau lagi bosan saat solo traveling :

1. Mengobrol dengan orang asing
Kadang saya mengajak ngobrol orang lain yang seperjalanan di kendaraan misalnya, meskipun sekedar basa basi. Dan kalau di perjalanan gini, saya usahakan untuk nggak mengumbar identitas pribadi, cukup bahas ke hal-hal umum aja. Meskipun di luaran sana banyak kita temui orang-orang baik yang siap membantu kita, tapi kita juga nggak bisa tahu mana yang beneran baik atau pura-pura baik.

2. Membawa catatan kecil
Nggak semua orang senang membawa buku catatan kecil atau buku gambar untuk bikin sketsa. Tapi juga nggak sedikit yang membuat sketsa saat melakukan traveling. Lagi-lagi balik ke passion seseorang, senyamannya mereka gitu intinya.

3. Membawa buku favorit
Ini nih yang sering saya lakukan, meskipun bukunya tebal tapi tetap saya bawa, terlepas dari apakah buku itu nanti dibaca sampai tamat atau cuman dibuka-buka halamannya aja hahaha.
Buku yang saya bawa juga saya tentukan, saya biasanya membawa buku dengan tema bacaan yang ringan, tujuannya biar nggak stress di perjalanan.

4. Bermain game
Saya rasa, nggak cuma anak-anak aja yang suka bermain game. Saya aja yang sudah gede begini, kadang kala masih suka main game online, karena sekarang sudah banyak banget pilihannya. Mau tema game yang masak-masak, bisnis, atau olahraga juga ada.

Asiknya lagi, saya suka bermain game melalui mortgage calculator game yang mana menyediakan beragam pilihan game menarik, yaitu di alamat website http://mortgagecalculator.org/money-games/.

Oya, kalau lagi pengen mengenang masa kecil yang demen mainan belanja-belanjaan, saya bermain game Tap Supermarket. Permainan Tap Supermarket adalah game simulasi dimana pemain bisa mengatur stok grocery dan membantu saat konsumen check-out barang belanjaan. Cukup seru menurut saya, lumayan buat mengusir rasa bosan di perjalanan.
game mortgage


Game lain yang saya mainkan yaitu Pizza Cafe, buat saya yang nggak begitu pintar memasak, bermain simulasi game memasak ini sangat seru pastinya. Lumayan kan bisa bikin pizza dan melayani konsumen di cafe seolah-olah cafe itu milik saya sendiri. Dari permainan ini, saya belajar mengenai proses kecepatan, ketepatan dalam memasak menu orderan dari konsumen. Hitung-hitung belajar mengenai pelayanan konsumen sebelum mempunyai cafe sendiri hahaha.
game pizza cafe



Jadi, nggak ada ceritanya bingung mau ngapain kalau lagi solo traveling. Selain meet up sama teman baru mungkin, kita juga bisa belajar dari sebuah permainan. Pintar-pintarnya kita juga untuk mengatur waktu atau mengatur kegiatan yang ingin kita lakukan supaya nggak bosan.

Siapa disini yang sering solo traveling?

Comments

  1. Mbk Ainun sering melakukan solo traveling ya ...kalo saya belum pernah mbk..entah karena blom berani entah ga pede belom tauk...iya sih buat ngilangin jenuh selama perjalanan emang main game bisa jadi pilihan, ga bosen dan seru.

    ReplyDelete
  2. Saya suka solo travelling karena bisa menentukan sendiri tujuan mau kemana, kapan waktunya. Tapi, kadang-kadang ada rasa bosan dan kesepian saat travelling sendirian, biasanya sih saya isi saja dg sholawatan, hihihi

    ReplyDelete
  3. Ngobrol sama orang lain yang ditemui dalam perjalanan itu memang bisa atasi kebosanan pas traveling. Walaupun kadang obrolan santai atau mungkin cuma basa-basi, syukur-syukur kalau ternyata malah nyambung ngobrolnya. jadi lebih seru dan jadi teman perjalanan.

    ReplyDelete
  4. Sebagai solo traveler juga, bawa buku dan download game memang biasanya ampuh banget buat mengatasi suntuk di perjalanan. Terus saya juga suka nongkrong lama-lama di lobby dorm atau hostel pas pagi biar bisa menyapa teman-teman baru di hostel. Kadang-kadang sampai bisa traveling bareng juga kan kalau kebetulan destinasi wisatanya sama.

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah solo traveling, tapi kayaknya seruuuu yaaa, kalau anak2 udah kondusif ditinggalkan mau coba ah naik kereta sendiri kemana gitu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang