Wisata Wajib Dikunjungi Saat ke Laos

wisata wajib di laos


Laos, mungkin bagi beberapa traveler jarang yang menjadikan Laos sebagai destinasi wisata. Bagi traveler yang pengen menuntaskan menginjakkan kaki di seluruh negara ASEAN, pasti Laos juga akan didatangi.

Saya sendiri pastinya mempunyai impian untuk bisa explore Laos yang dikenal dengan julukan The Land of Million Elephant. Dulu sih alasannya klise, yaitu pengen ketemu sama “monk”.

Iya, monk atau biarawan di Laos dan pagi-pagi ikutan berjejer di pinggir jalan buat memberikan sedekah ke “monk” yang melintas.

Mengenal Laos
Saya sendiri juga nggak kenal-kenal banget sama Laos, jadi ngenalnya ya lewat mbah Google aja.

Laos berasal dari kata Lan Xang yang berarti kerajaan Gajah. Negara ini adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang nggak mempunyai pantai. Negara Laos pernah dijajah oleh Perancis dan memperoleh kemerdekaan pada 22 Oktober 1953 dalam bentuk kerajaan.

Keinginan buat menginjakkan kaki di Laos makin gede, saat travel blogger her_journey atau Kadekarini memposting di sosial medianya mengenai kecantikan negara ini. 

Nah, ini nih list yang ingin saya kunjungi kalau ke Laos.
Kuang Si Waterfall
Namanya unik bukan, air terjun Kuang Si cakep banget, apalagi kalau airnya dominan berwarna biru tosca.
kuangsi waterfall


Phousi Hill
Destinasi cakep lain yang bisa dikunjungi kalau ke Laos yaitu Phousi Hill atau Gunung Phousi, disini kita melihat view kota Luang Prabang dari ketinggian. Nggak cuma itu aja, pengunjung juga bisa menyaksikan Sungai Mekong yang membelah kota menjadi dua bagian.

Di atas bukitnya ada sebuah kuil juga dan terdapat stupa yang terbuat dari emas. Kuil ini dibangun oleh Raja Laos Anourat yang diberi nama That Chomsi.

Vat Phou
Vat Phou sendiri yaitu sebuah kompleks candi Khmer – Hindu yang berlokasi di lereng Gunung Phou Kou. Disini pengunjung dapat menyaksikan beberapa candi yang berupa runtuhan dengan view pemandangan yang cakep.
vat phou laos


Budha Park
Buddha Park atau Taman Buddha merupakan taman patung, disini kita bisa menemukan patung Sleeping Budha yang sangat besar dengan tinggi 50 meter dan panjang lebih dari 200 meter.

Di area ini, pengunjung juga dapat melihat ornament atau patung-patung Budha, Mahabhrata dan yang lain. 
budha park laos


Wat Xiengthong
Wat Xieng Thong merupakan wihara yang berada di ujung utara semenanjung Luang Prabang. Dan tempat ini menjadi salah satu bangunan yang suci dan biara yang penting di Laos.

Wat Xieng Thong mempunyai arti Kuil Kota Emas dan menjadi symbol kerajaan, keagamaan dan kesenian dari Laos. Pengunjung juga dapat melihat mahakarya mosaic dan karya seni kayu berukir yang menampilkan gaya tradisional Laos.
wisata laos


Wat Si Muang
Wat Si Muang merupakan kuil Khmer dengan legenda yang menarik dan sangat penting di masyarakat Laos. Struktur emas dibangun pada tahun 1563 pada masa pemerintahan Raja Setthathirat.

Nama kuil ini berasal dari seorang wanita muda bernama ‘Si Muang’. Dirinya mengorbankan diri lebih dari 400 tahun yang lalu untuk menenangkan roh-roh.
Wanita muda tersebut melemparkan dirinya ke dalam lubang tanah di mana pilar pusat bangunan kuil ini ditempatkan.

Vientine Night Market
Yang suka window shopping, berkunjung ke Vientine Night Market sudah pasti jangan sampai dilewatkan. Biasanya di night market banyak banget jajanan lokal yang bisa bikin kita penasaran pengen cobain.

Mungkin negara Laos terlihat B aja, jadi juga kurang banyak yang expose mengenai alam atau budaya di negara ini. Yang pasti bagi yang ingin menuntaskan berkunjung ke negara-negara ASEAN, Laos tetap akan menjadi destinasi yang mau nggak mau wajib didatangi.


Sumber :
wisatamuda.com
idntimes.com

Comments

  1. Laos termasuk salah satu negara di ASEAN yang mau aku kunjungi. Semoga bisa segera terwujud ke sana. Amiiin...

    ReplyDelete
  2. waterfallnya cakep yaa mbaa... pengen mah nyemplungin kaki disana.. ehh Bolehh nggak ya? soanya airnya bening banget.. takut dimasukin manusia jadi cokelat 🤣 Selain vietnam dan thailand. Laos juga masuk negara yang mau aku kunjungiii... hihi. Semoga mba Inu dipertemukan waktu yang tepat buat kesana...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang