Nikmati Menu Pasti Halal Pasti Aman di HokBen Jember

hokben jember

Setiap membaca majalah Bobo di tahun 90-an, saya nggak asing dengan iklan makanan ala Jepang Hoka Hoka Bento. Maskotnya bergambar ala kartun memang sangat lucu, dimana masa anak-anak seperti saya yang suka nonton kartun pasti senang melihat ikon dari Hoka Hoka Bento ini. Sampai saat ini, dua mascot HokBen masih dipertahankan yaitu Tori dan Hanako.

Saat itu, saya yang tinggal di Kabupaten Jember tentu saja nggak bisa menikmati seperti apa rasanya makanan khas ala negeri Sakura seperti Chicken Teriyaki, Beef Teriyaki atau Bento. Meskipun sempat tinggal di Kota Malang, saya juga masih belum bisa menikmati sajian dari HokBen. Mau nggak mau, saya harus ke Surabaya untuk bisa kulineran masakan Jepang ala HokBen.

Mengenal Sejarah HokBen

Restoran Hoka Hoka Bento merupakan salah satu jaringan restoran cepat saji ala Jepang yang sudah berdiri lama di Indonesia. Pasalnya Hokben didirikan pada tanggal 18 April 1985 di Jakarta, di bawah lisensi PT. Eka Bogianti yang mana restoran pertamanya berada di Kawasan Kebon Kacang. Oya, ternyata restoran Hokben ini didirikan oleh orang Indonesia asli yaitu Bapak Hendra Arifin. 

Pada awal berdirinya, Hokben melayani untuk penjualan secara take away saja, siapa sangka sekarang masyarakat bisa menikmati makanan ala Jepang di restoran dengan tempat yang nyaman pula.

Pada tahun 1990, cabang pertama Hoka  Hoka Bento dibuka di Bandung dan sampai saat ini terdapat 17 gerai di kota ini.

Untuk wilayah Jawa Timur, Hoka Hoka Bento membuka gerai pertamanya pada tahun 2005 di Surabaya dan pada tahun 2008 dibuka pula gerai pertamanya di Kota Malang. Kemudian pada tahun 2010 Hoka Hoka Bento mengembangkan sayapnya ke wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali.

Rebranding Hoka-Hoka Bento

Seiring waktu, saat ditengah-tengah masyarakat, saya seringnya mendengar sebutan Hoka Hoka Bento disingkat dengan HokBen. Pastinya saya sendiri juga sering menyingkat-nyingkat penyebutan nama brand tertentu dengan tujuan supaya lebih ringkas. 

Nah, pada tahun 2013 Hoka Hoka Bento melakukan rebranding dengan mengubah nama menjadi HokBen dengan tujuan supaya lebih dekat dengan konsumennya dan terdengar lebih ear catchy juga. Hal ini didasari dengan survei ke konsumen setia HokBen bahwa mereka lebih sering menyebut Hoka Hoka Bento dengan akronim HokBen. Konsep restoran juga mengalami perubahan, yang tadinya berwarna hitam dan merah, diubah lebih energik dengan warna kuning dan putih. 

Mengutip dari website marketeers.com, J. Paulus Arifin, selaku Operation Director HokBen mengatakan, sebagai sebuah merk yang lahir pada tahun 1985, sudah sewajarnya HokBen membangun hubungan dengan konsumen milenial. Dikarenakan jika tidak berubah, konsumen “usia tanggung” akan menganggap HokBen tidak lagi sebagai merknya.

Ditambahkan pula oleh Paulus Arifin, bahwa modernisasi itu adalah suatu keharusan, agar pihak HokBen bisa mempertahankan target market di usia 15 hingga 35 tahun.

HokBen juga melakukan inovasi terbaiknya pada tahun 2007, dimana saat itu HokBen meluncurkan layanan Call Centre dan HokBen Delivery 1-500-505. Wahhh pecinta HokBen benar-benar dimudahkan pelayanannya nih. 

Nggak hanya inovasi dalam hal pelayanan delivery saja, HokBen juga melengkapi kehadirannya dengan diluncurkan website HokBen pada tahun 2008. Nggak tanggung-tanggung, website ini juga disertai dengan adanya fasilitas Pesan Online, sehingga konsumen cukup melakukan pemesanan dalam beberapa kali klik di satu laman website yang sama.

Apakah Makanan di Hoka Hoka Bento Halal?

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, pasti masyarakat akan mempertanyakan perihal makanan di HokBen apakah halal atau tidak, mengingat makanan yang dijual bernuansa Jepang.

Bagaimana dengan sajian makanan di HokBen sendiri? Apakah sudah mengantongi ijin halal?

Tenang-tenang, sini saya jelaskan. 

Menjawab keraguan masyarakat selama ini, HokBen sudah memperoleh Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 00160048830908.. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yang melengkapi Sertifikat Halal yang telah dimiliki sebelumnya. HokBen mengantongi SJH untuk periode empat tahun dari MUI untuk seluruh gerai HokBen di Indonesia.

Dengan diraihnya Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH), ini merupakan upaya dari HokBen yang selalu berusaha menghadirkan jaminan mutu produk. HokBen juga menjaga konsistensi jaminan halal, mulai dari bahan baku, produk, distribusi sampai operasional sehari-hari.

Grand Opening HokBen di Jember, Hadirkan Talkshow Makanan Halal dan Aman

Setelah penantian cukup lama untuk bisa menikmati HokBen di kota sendiri, yaitu di Kota Jember, kemarin tepatnya pada tanggal 15 Desember 2022, untuk pertama kalinya diadakan ceremony Grand Opening bersama Bapak Farukil Ulum dan Ibu Lilik Tampawati. Grand Opening HokBen di Jember dikemas dalam bentuk talkshow dengan memberikan edukasi perihal makanan halal dan aman.

launching hokben di jember


Ibu Lilik Tampawati selaku Senior Auditor LPPOM MUI Jatim, menjelaskan bagaimana proses makanan bisa dikategorikan sebagai makanan halal. Seperti pengkategorian secara substansi, yaitu produk yang diproduksi dari bahan yang halal meliputi dari bahan-bahan, fasilitas bebas terkontaminasi bahan haram atau najis dan setelah melewati semua proses tersebut maka suatu produk bisa disebut produk halal.

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat SJH. Pemeriksaan dan analisa yang dilakukan oleh LPPOM MUI nggak hanya mencakup bahan baku, tetapi juga proses produksi hingga penyajuan yang harus memenuhi persyaratan halal.

hokben di jember

hokben jember


Acara talkshow yang dihadirkan berlangsung sangat menarik, apalagi juga ada games dengan hadiah voucher makan HokBen. Woww siapa yang nggak mau.

HokBen Resmi Dibuka Di Jember

Yes, yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. HokBen kini sudah membuka gerainya di Kota Jember, tepatnya di Jember Roxy Square. Proses launching tanggal 15 Desember 2022 lalu juga diawali dengan gunting pita oleh Bapak Farukil Ulum selaku Senior Manager Hokben, Ibu Lilik dan Manager Roxy Square. 

hokben jember


Gerai ini akan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 16 Desember 2022. HokBen berkomitmen untuk memanjakan lidah pelanggannya dengan produk makanan bergaya khas Jepang yang lezat, berkualitas dan halal di Indonesia.

Dengan dipilihnya lokasi strategis yaitu di Jember Roxy Square, diharapkan pecinta HokBen sekarang nggak perlu jauh-jauh lagi ke Surabaya untuk menikmati sajian khas HokBen.

hokben jember
Ceremony Launching HokBen di Jember


HokBen Jember Roxy Square merupakan gerai ke 338 dari keseluruhan gerai HokBen yang tersebar di 64 kota di Indonesia. Nggak hanya berkomitmen untuk bisa mendekatkan diri dengan pecinta HokBen di Jember, pihak HokBen juga memilih sumber daya manusia (SDM) terbaik dari putra-putri Jember.

Menikmati Sajian Khas Hokben di HokBen Jember

Gerai HokBen di Jember Roxy Square terdapat dua bagian, ada area indoor dan outdoor. Di bagian outdoor, spacenya lebih luas dan total kapasitas yang disediakan yaitu sebanyak 85 kursi.

HokBen di Jember menyajikan makanan cepat saji dengan konsep seperti buffet kafetaria, dimana konsumen bisa leluasa memilih menu yang dipajang atau menu paketan yang sudah terpampang di papan sebelah atas yang berada di belakang kasir.

resto siap saji jember


HokBen Jember Roxy Square akan membuka layanan makan ditempat (dine in), makanan dibawa pulang (take away), pesan antar (delivery) serta order online melalui aplikasi yang akan menghadirkan menu-menu khas HokBen seperti Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, HokBen Fried Chicken, Ebi Furai, Kani Roll, Beef/Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau ada juga Set Menu HokBen seperti Bento Special, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki dan juga Ramen sebagai menu terbaru dari HokBen. 

hoka hoka bento jember

hoka hoka bento di jember


Nggak hanya makanan saja, di HokBen Jember sudah sudah ada menu snack dan dessert yang pas dinikmati sambil bersantai bersama teman atau keluarga.

Kemarin, saya mencoba paket Bento Special, isiannya sudah sangat lengkap dan porsinya cukup banyak. Dijamin kenyang pokoknya. Mau makan di HokBen cabang mana saja, yang menjadi ciri khasnya adalah mayonaisenya yang ehmmm enak. Khas gitu. 

Yuk, ke HokBen Jember Roxy Square

Dalam rangka pembukaan gerai terbaru HokBen di Jember, juga disediakan banyak promo seperti souvenir menarik yang bisa didapatkan dengan pembelian jumlah tertentu, seperti payung, bantal, tumbler. 

Ini nih beragam promo yang dihadirkan oleh HokBen Jember :

- Pada tanggal 16 dan 19 Desember 2022, akan ada hadiah payung untuk setiap pembelian 2 Bento Special ( 1 & 4 )

- Untuk tanggal 17 dan 20 Desember 2022, akan ada hadiah bantal HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)

- Untuk tanggal 18 dan 21 Desember 2022, akan ada hadiah tumbler untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)

- Pada tanggal 22 Desember 2022 akan ada Free Voucher Makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000,- setiap transaksi minimal Rp. 150.000,-.

Nggak hanya itu saja, HokBen juga memberikan Lucky Dip mulai tanggal 26 Desember 2022 – 20 Januari 2023 setiap hari Senin – Kamis berupa hadiah menarik untuk setiap transaksi minimal Rp. 80.000,- nett.

Dan pada tanggal 16 Desember 2022 – 19 Januari 2023 setiap pembelian Paket HokBen Fried Chicken 2 pcs + Nasi + Teh Botol Sosro akan mendapatkan harga khusus dari Rp. 61.000,- menjadi Rp. 42.000,-

Gimana, sudah mupeng belum nih untuk makan menu HokBen yang banyak banget pilihannya.



Comments

  1. Ahh, gafok sama majalah Bobo th 90an, wkwk, soalnya aku Bobo mania, beneran dulu sering lihat iklannya ya mbak. Duhh berasa surprise ya, sdh ada di Jember. Congrats HokBen.

    ReplyDelete
  2. HokBen, duuuhh kangen dulu sempat buka beberapa tahun lalu di Pontianak tapi sudah tutup, denger2 beberapa hari lagi bakalan ada grandopeningnya deh di salah satu mall di Pontianak. Jadi gak sabar.

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuunnn, jadi kangen hokben deh gegara baca ini, senangnya ya udah ada hokben di Jember, jadi alternatif buat isi perut kalau pas lagi di Jember :D

    Apalagi anak-anak suka banget dengan semua menunya :D

    ReplyDelete
  4. Jadi inget dulu suka lihat iklannya di TV. Trus suka banget sama namanya karena menurut saya dulu lucu "hoka hoka bento"
    Semoga kapan-kapan bisa ngerasain makan di hokben, suka mupeng soalnya kalau nonton anime gitu😁

    ReplyDelete
  5. Di tempat saya kayaknya belum ada nih Hokben, Jadi sementara ini cuma liat - liat dan ngiler - ngiler ajah dulu ya,haha....

    Atau ada yang mau join dengan saya membuka Gerai Hokben ditempat saya ? inbox saja ya,hehehe....

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang