Cara Jitu Jual Properti Di Masa Pandemi

tips jual properti


Kalau mendengar kata jual beli properti pasti yang terbersit adalah cuan yang besar. Padahal untuk terjun ke dunia properti juga diperlukan trik yang bagus dan perlu mengetahui cara menjual properti yang efektif.

Cara untuk berjualan properti sekarang ini nggak hanya secara offline saja, tetapi juga bisa melalui online. Apalagi waktu pandemi dua tahun terakhir ini, penjualan properti mengalami penurunan.

Tips Menjual Properti
Memang perlu usaha yang keras untuk bisa meyakinkan calon pembeli tertarik dengan properti yang kita tawarkan. Berikut beberapa tips menjual properti yang perlu diperhatikan :

Melakukan renovasi
Perlu banget kita melakukan pengecekan terhadap kondisi properti yang kita punya. Apabila diperlukan, nggak ada salahnya untuk melakukan renovasi agar penampilannya lebih menarik. Renovasinya bisa kita lakukan sendiri atau menggunakan jasa renovasi rumah.

Kalau penampilan properti sudah menarik, Langkah selanjutnya yaitu survey harga.

Survei Harga
Penting juga nih untuk kita melakukan survey harga di pasaran. Survey harga berguna untuk mengetahui prospek kenaikan nilai atau harga properti di area tersebut untuk kedepannya.

Survey harga juga bisa dilakukan dengan bertanya ke agen properti atau cek harga melalui online seperti di properti1.com
jual beli properti


Menetapkan Harga Jual
Berikutnya adalah menetapkan harga jual properti sesuai harga pasar. Tentukan harga terbaik untuk properti yang ingin kita jual. Bila kita mengalami kesulitan untuk menentukan harga, nggak ada salahnya meminta bantuan appraiser atau perusahaan penilai untuk menaksir harga properti. Kalau bisa jangan terlalu mematok harga terlalu tinggi dari harga pasar, supaya proses jual beli properti cepat laku.

Jual Sendiri atau Lewat Agen
Saat kita ingin menjual sendiri properti yang kita punya, perlu juga ditentukan :
- Cara terbaik untuk memasarkan properti 
- Kepada siapa kita ingin menjual properti
- Putuskan berapa harga jual properti

Selanjutnya, kita mungkin memerlukan jasa seorang notaris untuk mengurus dokumen rumah atau apartemen yang ingin dijual. Sedangkan kalau kita ingin menjual melalui agen properti, maka harus ada komisi yang harus dibayarkan sebagai uang jasa. Keuntungan menjual properti menggunakan agen yaitu kita nggak perlu repot mengurus banyak dokumen.

Pasarkan Properti Dengan Baik
Berikutnya adalah menentukan apakah kita ingin menjual properti melalui agen atau dijual sendiri. Jika kita ingin menjual sendiri, maka kita bisa menggunakan cara menjual melalui online juga seperti melalui apartemen123.com

Dengan memasang iklan secara online, jangkauannya akan semakin luas dan mungkin banyak pihak yang tertarik untuk melihat properti secara langsung.
jual properti

Pilih Penawaran Terbaik
Di dalam proses jual beli properti, ada baiknya hindari dulu menerima penawaran beli properti yang pertama diajukan oleh calon pembeli. Beri waktu agar lebih banyak calon pembeli properti mengajukan penawaran lebih banyak dan kumpulkan seluruh informasi penawaran yang masuk. Setelahnya, lakukan negosiasi harga terbaik yang diberikan calon pembeli kepada kita si penjual properti. Jika sudah merasa klik, segera kita atur perjanjian yang diperlukan.

Cara Menjual Properti Yang Efektif Secara Online
Sekarang media secara online dinilai paling efektif untuk digunakan berjualan. Dan hamper seluruh masyarakat Indonesia melek dengan penggunaan internet.

Selain cara konvensional melalui penjualan secara offline, kita juga bisa memasarkan penjualan properti melalui cara online, seperti :

SEO atau Search Engine Optimization
Dengan menggunakan metode SEO, iklan yang kita pasang di internet dengan mudahnya akan muncul di mesin pencarian sehingga masyarakat sadar dengan keberadaan properti yang kita jual.

Media Sosial
Tentu saja media sosial berperan juga disini, bahkan toko-toko kecil saja sudah mulai membuat pemasaran melalui sosial media, seperti Instagram atau Facebook.

Dengan banyaknya pengguna media sosial, kita akan lebih mudah menarik calon pembeli untuk menjadi klien jual beli properti.

Email Marketing
Selain media sosial, penggunaan email juga berperan dalam proses penyebaran iklan jual beli properti. Salah satu caranya yaitu dengan mengirim blast email kepada calon klien secara bersamaan

Memanfaatkan Situs Properti
Berikutnya kita bisa memanfaatkan situs properti yang terpercaya, apalagi banyak orang juga yang lebih mempercayai situs-situs jual beli properti yang memang sudah mempunyai nama besar di Indonesia.

Kita sebagai penjual perlu menyiapkan foto-foto yang menarik sesuai dengan kondisi properti yang akan dijual, sehingga kemungkinan orang akan mampir ke properti kita akan semakin banyak.

Beberapa cara berjualan properti tadi bisa kita terapkan jika ingin benar-benar terjun ke dunia properti. Bisa dibilang prospek di properti memang bagus dan keuntungannya juga menggiurkan.


Comments

  1. Memang main dibisnis propeti gampang2 susah mbak is. Intinya semua harus tetap diseriusin, terlebih harga propeti tiap tahun selalu saja naik.😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang sat, keseriusan dan konsistensi kunci utama kalau mau berhasil ya
      ga hanya di bidang properti aja, di kerjaan sehari-hari kayaknya kudu gitu ya

      Delete
  2. Tadinya aku dan suami ada niat mau jual salah satu rumah yg diwarisin dari mertua. Tapi kami pikir2, ntr dululah mba. Sedang ga bagus juga momennya. Drpd kejual Murah 😅. Akhirnya sepakat, ntr aja, toh blm butuh duit juga. Untungnya bbrp rumah dan apartemen udh ada yg sewa, jadi ga harus kami sediain penjaga buat bersih2. Krn rumah kalo dibiarin kosong lama kan rusak Yaa.

    Ntr kalo udh serius mau jual, baru deh kami coba jual lewat online atau agen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah itu biasanya jodoh-jodohan Mba, makanya kalau jual itu butuh effort ya, dia hanya akan laku kalau ketemu jodohnya, cuman nggak enaknya, punya investasi rumah itu, harus selalu diberdayakan, kalau enggak malah cepat rusak dan dipastikan harganya akan turun, huhuhu

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang