Menambah Networking dari Ngeblog, Bisa Dong!

tujuan ngeblog


Flashback sekitar tahun 2008 saat awal-awal saya balik ke Jember setelah sekian tahun jadi anak mahasiswa di Malang, kepikiran pengen bikin diary online. Saat itu juga saya ingin buka bisnis online padahal masih belum fix produk apa yang ingin saya jual. Sempat terpikir, apa jual majalah bekas, baju atau… galau deh.

Nggak jadi bikin akun jualan di Multiply, iya saat itu zamannya Multiply yang lagi rame, malah yang semangat dibikin adalah aku blog. Niat awal ya karena tahun segitu saya lagi rajin-rajinnya explore kulineran di Jember, rajin baca buku juga #ehhh. 

Jadi blog ini saya isi dengan cerita-cerita kulineran, jalan-jalan sama review singkat dari buku yang saya punya. Meskipun saat itu nggak rutin juga saya update blog, kadang ada satu bulan sama sekali nggak ada update artikel. Kadang kalau lagi rajin dan punya banyak materi, ya lumayan juga jumlah update artikelnya. 

Nah, kalau dirangkum, tujuan saya ngeblog yaitu :

Sebagai wadah menyalurkan hobi
Entah ini lebih tepatnya disebut hobi atau passion. Dari kecil saya suka membaca dan itu membuat saya juga suka menulis. Paling nggak disangka-sangka yaitu saat SMP pernah mencoba membuat cerpen dan mengirimkan ke Majalah Fantasi saat itu dan ternyata dimuat. Makin yakin dong dengan kemampuan diri sendiri.

Selain nulis ala-ala cerpen, saya juga suka dunia jurnalis. Makanya nggak heran kalau waktu kuliah dulu, setelah lulus ingin kerja di Perusahaan Femina di Jakarta hahaha, karena saya pecinta majalah Gadis atau Cita Cinta. Meskipun nggak tersalurkan kerja di media, blog bisa membuat saya juga bebas berkreasi, seperti nulis ala-ala seperti di rubrik majalah gitu.

Secara nggak langsung, saya juga belajar utak atik teknisnya blog, mengatur widget, sungguh ya, waktu awal bikin blog, bisa utak atik hal yang simple aja udah bikin kagum sama diri sendiri. Kayak nggak nyangka aja. Dari blog juga, saya juga mencoba menerapkan kembali ilmu desain Photoshop atau Corel Draw yang dulu pernah saya pelajari waktu jadi mahasiswa akhir dengan mengambil les. Misalnya, seperti membuat desain header. Ehh tapi terlalu simple banget waktu itu desain header blog saya hahaha.

Memperluas networking
Saya sendiri nggak menyangka kalau kegiatan ngeblog ini bisa bertahan sampai sekarang, meskipun sempat hiatus lama. Update artikel waktu awal-awal dulu dalam sebulan kadang hanya satu, dengan alibi sibuk. Lagi dan lagi alasan klise.

Beberapa tahun mempunyai blog, diisi dengan berkunjung ke rumah maya teman-teman yang saya tahunya hanya terbatas. Jadi hanya tahu itu itu aja teman bloggernya. Sampai akhirnya saya join di satu komunitas dan makin kesini, makin banyak komunitas yang saya ikuti.

Dan dari sini pula, akhirnya bisa bergabung di grup-grup WA komunitas dan makin banyak tahu teman-teman blogger se-Indonesia Raya. Suatu kebanggaan juga bisa mengenal teman-teman blogger meskipun secara fisik ada yang belum pernah ketemu, tapi sudah berasa kenal lama.

Menambah kosakata
Mungkin aneh juga ya, menambah kosakata. Memang saya sendiri merasa masih kurang mengenal kata-kata dengan tingkatan yang “lebih intelektual” atau lebih tepatnya bahasa sastra. Saya jadi tahu kosakata baru yang memang belum  pernah saya dengar sebelumnya. Membaca blog teman-teman, saya juga belajar padu padan kalimat. 

“ooohh begini ya, ohh iya ya ada kata-kata yang lebih tepat kalau pakai ini”

Itung-itung buka kamus gratis dengan membaca tanpa harus beli kamus beneran :D

Berbagi pengalaman
Ini tujuan awal saya membuat blog, yaitu ingin berbagi, sharing cerita atau pengalaman kepada teman-teman. Dulu sempat berpikir, ada nggak ya yang akan membaca blog saya, lama-lama saya abaikan pemikiran seperti itu, yang penting bisa terus update tulisan sampai sekarang. Kegiatan ngeblog sampai detik ini masih enjoy saya lakukan, bahkan kalau merasa sumpek, dengan blogwalking aja sudah cukup membantu.

Kalau teman-teman, tujuan ngeblognya apa nih?


Comments

  1. Tujuan awalku pengin berbagi pengalaman juga 🙈, namun seiring berjalannya waktu, jadi nulis apa yang ingin ditulis aja makanya kadang tulisannya receh 🤣.

    ReplyDelete
  2. Eh samaaaa, dengan BW ke blog temen2 yang lain, jadi bisa nambah kosakata. Apalagi baca tulisan temen2 yang baguuus isinya, ngalir, diksi yang dipake beragam, jadi lebih banyak tahu. Tujuan awalku sampe skr belum berubah mba. Aku ini pelupa, jadi semua pengalaman traveling dan kuliner ku harus ditulis biar ga lupa. Kalo suatu saat mau kesana lagi, bisa buka blog sendiri. Baru setelah itu tujuan selanjutnya utk nambah temen 😄. Bisa dibilang temenku skr LBH banyak blogger drpd yg dunia nyata 🤣. Yg aktif berkomunikasi. Yg dunia nyata malah Ntah kemana kabarnya 😄

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang