Cerita di Hari Pertama Puasa

puasa di hari pertama


April Mop? Tentu bukan.

Kalau biasanya 1 April penuh dengan meme meme April Mop, tahun ini 1 April dipenuhi dengan timeline serunya menikmati puasa di hari pertama. Tahun 2022, jadwal puasa dari pemerintah resmi ditetapkan di tanggal 3 April, bahkan ada yang sudah berpuasa di tanggal 2 April. Berbeda tapi nggak masalah.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, persiapan memasuki bulan Ramadhan nggak jauh berbeda, kalau keluarga saya sendiri lebih ke “lempeng-lempeng” aja atau flat aja gitu. Nggak sampai belanja yang bikin langsung penuh isi lemari es, lebih tepatnya belanja hanya untuk beberapa hari aja dulu. 

Yang membuat suasana berbeda ketika puasa di hari pertama biasanya adalah kondisi jalanan di Kota Jember yang terlihat berbeda. Jam 5 atau 5.30 saat menjelang magrib, jalanan kota mendadak sepiii banget, nggak seperti hari biasa dan jam-jam itu juga jalanan macet, semua orang terlihat pengen cepat sampai dirumah.

Memang ya, vibesnya kalau puasa di hari pertama terlihat beda aja gitu. Kalau bisa memang di hari pertama buka puasanya di rumah aja sama keluarga, lebih akrab gitu.

Puasa di awal bulan April dan kebetulan tanggalnya saat weekend, tentu aja lebih banyak berdiam diri di rumah. Kalau saya sendiri seperti biasa biasa memilih menyibukkan diri dengan beres-beres kamar lengkap dengan segala printilannya dan memilih berselancar di dunia maya aja udah bikin seneng. 

Gimana nih dengan puasa hari pertama teman-teman? Sibuk atau malah mager aja? hehehe


Comments

  1. Aku belum puasa nih soalnya masih harus minum obat. Huhuhu...

    ReplyDelete
  2. Hari pertama puasa kemarin alhamdulillah lancar mba Ainun, seharian di rumah sama ke rumah sodara yang satu kampung biar waktu rasanya nggak berjalan lambat hehehehe. Hari pertama puasa kemarin bener-bener nyenengin banget buat aku. Semoga kita semua diberi kesehatan selama bulan Ramadan dan seterusnya, dan yang sakit semoga segera disembuhkan oleh Yang Maha Kuasa, aamiin.

    ReplyDelete
  3. ternyata jember hari hari awal justru jalanan sepi ya mba ai...kalau tempatku lumayan rame. Tapi kami jarang bukber di luar malah wkwkwk...kayaknya hampir setiap hari bukanya sama keluarga di rumah. Kalau ngunjungin mba di bekasi baru beberapa minggu sebelumnya ma sowan tempat paklik dan sepupu juga silaturahmi ke rumah...

    aki juga kalau belanja ga sampe penuh isi kulkas wkwkw...tapi perberapa hari sekali biar sayuran buah n lauk always fresh ga kelamaan ngendon di kulkas..

    ReplyDelete
  4. di Jerman awal puasa "ngikut" Muhammadiyah alias 2 April 2022.. tidak ada perbedaan karena ya memang tidak banyak yang berpuasa.. :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang