10 Kuliner Halal Khas Thailand Wajib Coba

kuliner halal thailand



Tahukah teman-teman bahwa ada lebih dari 2,2 juta penduduk Thailand yang merupakan umat Islam?

Dan ada lebih dari 3.400 masjid di Thailand, 170 diantaranya ada di Bangkok

Populasi umat Muslim telah menjadi bagian dari sejarah Kerajaan Gajah Putih ini, demikian juga citarasa Muslim juga menjadi favorit bagi warga Thailand. 

Dulu sebelum berangkat ke Thailand, saya sempatkan browsing mengenai tempat makan halal di Bangkok. Di list saya sebenarnya ada cukup banyak resto seperti Yana Restoran di MBK Mall yang katanya terkenal itu, tapi pas nyampe di Bangkok malah nggak sempat buat ke MBK Mall. Kalau mau mencari di luar mall sebenarnya ada banyak, misalnya ketika di Night Market. 

Nih, saya ada beberapa makanan khas Thailand yang patut dicoba saat teman-teman berkunjung ke Thailand.

1. Khao Mok Gai
Yaitu masi kuning yang disajikan dengan ayam goreng dan saus khas Thailand. Atau nama lainnya Nasi Biryani Ayam Thai.
kuliner dari thailand



2. Tom Yam
Ini nih yang sering saya makan, soalnya kalau masuk resto dan ujung-ujungnya bingung, lagi-lagi milih Tom Yam hahaha. Tom Yam sendiri adalah sup asam pedas khas Thailand dengan isian ayam atau hidangan laut.
tom yam thailand


3. Som Tam
Som tam yaitu salad papaya muda dengan cita rasa asam manis pedas. Masakan ini menggabungkan lima rasa dasar masakan setempat, asam limau, pedas cabai asin, gurih dari kecap asin dan rasa manis dari gula aren atau gula merah.
tomyam thailand


4. Pad Thai
Pad Thai yaitu mie goreng khas Thailand yang disajikan dengan tahu goreng, tauge dan taburan kacang.
pad thai


5. Massaman Curry
Hidangan kari dengan isian daging sapi atau ayam dan kentang yang lembut. Hidangan ini terpilih menjadi makanan terlezat di dunia menurut CNNGO.


curry thailand


6. Hormok
Kari merah Thailand dengan isian ikan atau hidangan laut lainnya dikukus dalam balutan daun pisang. Sajian ini merupakan hidangan khas Thailand Selatan.
makanan thailand

7. Khao Soi
Hidangan mie khas Thailand Utara dengan pilihan daging ayam atau sapi, lengkap dengan sayur asin, tambahan mie garing yang renyah dan kuah kari yang lezat.
makanan asli thailand


8. Tom Kha Gai
Sup sejenis Tom Yam yang berisi irisan daging ayam dengan kuah gurih dari santan yang kental.
kuliner di thailand


9. Gaeng Keow Wan Gai (Chicken Green Curry)
Hidangan kari klasik Thailand dengan isian daging ayam atau daging sapi dan beberapa jenis sayuran.
resep masakan thailand


10. Pad Kra Pao Gai (Stir Fried Chicken Thai Basil)
Secara harfiah, “pad” berarti tumis, “kra pao” berarti holy basil dan “gai” adalah ayam.
menu wajib thailand


Aplikasi Panduan Halal Thailand
Sekarang ini semua serba teknologi, semua-muanya tinggal buka aplikasi, beres. Minimal browsing lah. Kalau traveling ke luar negeri, selain draft saya simpan di handphone, saya juga print out. Pernah tuh pouch khusus benda-benda penting, yang paling tebel adalah kertas print out tempat wisata dan daftar resto. 

Kenapa saya print? Lah wong waktu itu hape epon saya batrainya nggak awet banget. Jadi kudu diback-up dengan print out hahaha.

Dan bagi teman-teman yang akan ke Thailand, sekarang ada aplikasi yang memudahkan mendapatkan informasi untuk para traveler, seperti :

Thailand Muslim Friendly Destination
Di aplikasi ini, sudah ada panduan tentang masjid dan makanan halal di Thailand lengkap dengan GPS untuk mencari lokasi tempatnya.

Makan – Thailand Halal Restaurant Guide
Di aplikasi ini, kita dapat menemukan informasi restoran halal di Thailand.


Dari 10 jenis makanan khas Thailand di atas, teman-teman lebih suka mana nih?

Comments

  1. kemarin pas Miss Grand 2020 pesertanya disuruh makan Khao Sui selama 2 menit
    jadi ngiler mbak apalagi kayaknya kuahnya bisa melimpah ruah seprti itu
    tapi tom yam ya yang paling terkenal di sini

    ReplyDelete
  2. Aku blm pernah ke Thai mbak, tp bbrp makannya udah coba sih hihi kaya tomyum aku sering masak, sama Stir Fried Chicken Thai Basil juga pernah makan, apalagi singkong thai hahha, tp itu snack ya, Mango sticky rice juga wkwkkw

    ReplyDelete
  3. duh enak enak kulinernya thailand juara emang

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka sih pad Thai dengan ekstra kacang hahaha. Aku pas di Bangkok nemu warung makan muslim dan makanannya enak-enak banget. Pad thai, nasi goreng tom yum, pad kra pao gai, wah enak enak banget semuanya dan murah xixixi. Ada mi bening juga di sana, aku gak tahu sih namanya apa. Duh jadi pengin ke Bangkok lagi huhuhu surga makanan enak banget

    ReplyDelete
  5. Ternyata populasi muslim di Thailand lumayan juga ya. Di Bangkok sampe ada 170 masjid, bisa serasa kayak di Jakarta gak tuh

    ReplyDelete
  6. Masakan Thailand sama Indonesia kayakny gak banyak bedanya ya, sukanya yang tumis2 atau gak yang pake santan gitu, tapi emang menu Tomyam sih yang autentik Thailand banget, jadi kepo mau cobain menu aslinya

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah coba semuanya sih, tapi dari yang sudah aku coba yang paling aku suka tentu saja tom yam. :D

    ReplyDelete
  8. yang khao mok gai kaya nasi kuning ya

    ReplyDelete
  9. Ternyata tom yam itu makanan khas Thailand di sini tom yam banyak yang jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mas herman, di Indo juga banyak ya sebenernya, mungkin dari segi rasa antara satu tempat dengan yang lain bisa sedikit berbeda

      Delete
  10. Duhhjadi kangen thailand deh, ealaupun di Indonesia sudah banyak resto thai tapi tetep aja sih menurutku ada rasa khas yang hilang. Terutama aneka dedaunan baik yang dicampurkan dalam masakan ataupun dijadikan lalapan.
    Duhhh kapannn aja semua border terbuka dengan bebas yah

    ReplyDelete
  11. Membaca tulisannya dan melihat foto makanannya saja sudah begitu mengundang selera.

    Dari sekian banyak yg ada di atas, sepertinya hanya Tom yam yg pernah aku coba, atau mungkin ada versi lokalnya ya di indonesia

    ReplyDelete
  12. Jadi kangen Thailand kaaak, ya ampun udah dua tahun gak ke sana huhuhu tapi yang aku suka Tom Yam sih, luuuvsss!

    ReplyDelete
  13. Wah jadi kalau ke Thailand gak susah ya nemu makanan halal. Foto2 makanannya bikin ngiler :D
    Baru tau ada aplikasi juga utk panduan halal, jd sekarang kalau jalan2 ke Thailand jg gak perlu khawatir ya. Apalagi kalau negaranya udah menerapkan destinasi2 halal. TFS infonya.

    ReplyDelete
  14. Duh menarik banget sih mbak, aku jd pengen coba semua. Aku belum pernah ke thailand dan baru pernah coba tom yuk dan phad Thai karena ada temen bawain bumbu instannya dari bangkok, tom yum idola banget sih

    ReplyDelete
  15. kelihatanya enak enak, di indonesia ada ga ya

    ReplyDelete
  16. Aduh mbaa terlihat enak semuanya ini sih. Belom pernah coba semuanya tapi ada yang mirip-miripnya sih.

    ReplyDelete
  17. Paling kenal sama Tomyam, tapi makanan Thailand lainnya pun mengundang selera makan nih.
    Dengan bumbu yang mirip sama masakan Indonesia, paling pengen banget banget cobain menu Som Tam.
    Segeerr pasti di lidah.

    ReplyDelete
  18. Belum pernah makan sih kuliner-kuliner dari Thailand ini. Beberapa kali padahal lewat rumah makan Thailand. Beneran, akutuh penasaran banget sebenarnya mbak hehe

    ReplyDelete
  19. tergiur sama Khao Soi. selalu nggak tahan sama mie haha. btw makanan lainnya kayaknya nggak beda jauh sama makanan Indonesia ya. ada yang kayak tahu campur or gado-gado jugaaa hehe

    ReplyDelete
  20. Hihihi baru tahu kalau tomyum itu makanan khas thailand. Menu-menu makanannya mirip kayak makanan indonesia yaa tapi paling kepo sih sama Massaman Curry yang katanya jadi makanan terlezat menurut CNNGO jadi pengen cobain

    ReplyDelete
  21. bolehlah ni jadi panduan klu suatu saat nti ke thailand. saya selama ini tahunya tomyam aja. tapi ternyata banyak kuliner thailand yang jika dilihat komposisinya itu sesuai dengan lidah indonesia

    ReplyDelete
  22. Masya Allah, kesepuluh makanan khas Thailand yg halal itu kayaknya enak semuaaa.. hihihi. Pengen coba semua deh kalau ke sana #eh tapi kapan :D
    Btw lebih enak ya cari makanannya lewat aplikasi. Thanks for sharing, Mbak :)

    ReplyDelete
  23. Enak enak semua, green curry sangat menggoda, yummy...yummy...
    oops, ada tom yum goong juga, ini dia yang paling favorit 😋😋

    ReplyDelete
  24. Wah makasih infonya kak sangat bermanfaat nih kalo ke thailand

    ReplyDelete
  25. aku ke Yana Restaurant di mBK mba, dari semuanya cuma rasain tom yum wkwk..yg lainnya kudu balik lagi nih ke sana

    ReplyDelete
  26. Beberapa mirip makanan Indonesia ya. Khususnya nasi kuning itu. Beda nama dan bumbu tambahan palingan. Haha. Sejauh ini cuma pernah coba tomyam, sih. Cocok di lidah saya sejak pertama kali menyantap, dan rasanya ingin masukin ke daftar makanan kesukaan. Sayangnya warung tomyam punya seorang teman udah tutup. Kedai yang di dekat rumah juga lenyap sejak krisis pandemi. Baru bisa jajal lagi kalau nanti ke restoran.

    ReplyDelete
  27. Saya kemaren makan tomyam di Hotel Vasa, abis itu saya jadi nggak mengidolakan Tomyam lagi, soalnya gimana ya? enak sih tapi agak eneg :D
    Penasaran dengan Tomyam asli Thailand, kalau pedas kayaknya enak tuh, seger pula :D

    ReplyDelete
  28. Kayaknya kalo aku lebih suka nomor 10 Pad Kra Pao Gai, soalnya yang lain berkuah, dan nggak selera aja liatnya wkwk. Ngasal aja padahal belum pernah coba semua di sana. Kalo tom yum pernah sih yaaa, tapi yaa yang ala-ala Deket rumah gitu...

    ReplyDelete
  29. bantu baca blog kuliner aku ya kak : Sarang188 Food

    ReplyDelete
  30. Menu-menunya jadi rekomendasi nih kalau nanti ke Thailand.
    Yang jelas halal dan nikmat, serta terjangkau juga di kantong ya

    ReplyDelete
  31. Masih belum terbiasa dengan rasa asam masakan thailand. Beberapa kali makan masakan thailand mesti pelan-pelan. Ga boleh terburu-buru biar rasa asamnya bisa lebih diterima...wkwkkw

    ReplyDelete
  32. Tampak lezat semuanya dan juga halal, aku jadi ngiler 🤣👍

    ReplyDelete
  33. Suka semuaaaaa hahahaha. Aku kangen Thailand. Beneeer sih mba, ga susah mencari makanan halal di sana. Malah pas temenku ada yg masih kuliah di Thailand, dia tuh tinggal di kawasan muslim, jadi dari ujung jalan ke ujung lainnya, itu makanan muslim semua. Ya ampuuun puas bangetttt. Dan enak2 pula.

    Jadi kangen ke Thailand. Lagi. Inilah aku mau bikin baru pasport dulu, biar bisa langsung book tiket kalo Nemu yg murah 😄

    ReplyDelete
  34. Kalau halal mah mau cobain semuanya dan paling penasaran sama semua menu yang kk sebut ini!!!

    ReplyDelete
  35. Ternyata banyak ya makanan khas Thailand yang bisa dicoba. Dulu pas tinggal di Jakarta, sama temen suka hang out kulineran. Terus nyobain resto di daerah Cikini jual makanan Thailand. Itu halal juga. Tom yum, mango stick rice, terus ada yang semacam capcay. Paling demen mango sticky rice itu. Sama tom yum.

    ReplyDelete
  36. Lengkap sekali ulasannya. Setau saya, kuliner Thailand itu pedas-pedas. Unik juga ada nasi kuningnya juga

    ReplyDelete
  37. Penasaran nyobain semuanya akutuh, kecuali Som Tam, keknya kok manis sekali, pake gula aren pula, hihi..

    ReplyDelete
  38. Kalau melihat komposisi bahan sih kayaknya lidah bakalan familiar ya hanya nama masakannya yang susah dihafal hehe aku belum pernah cobain resto Thailand jadi penasaran dehh laperr hahaha

    ReplyDelete
  39. Ulasan yang lengkap, ringkas dan jelas. Ternyata orang Thailand juga makan tahu ya, Mbak Ainun. Kalau bisa saya ingin nyoba semua. He he ....

    ReplyDelete
  40. I love pad thai… enak bgt! Gara2 ini jg pgn cari makanan Thailand dkt rumah 😆😆😆😆

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang