Jangan Abaikan Manfaat Body Serum

body serum


Dulu waktu pertama kali muncul produk body serum, saya hanya berpikir 

“Apa lagi sih ini, palingan juga sama seperti body lotion”

Karena biasanya saya suka penasaran kalau ada varian atau produk baru. Dan waktu lihat harganya juga agak mahal dikit dari lotion, jadi ya cuek-cuek saja.

Nggak lama kemudian, banyak banget bermunculan review dari beauty blogger, influencer atau website kecantikan soal pemakaian body serum. Rata-rata mereka mengatakan kalau body serum bisa membuat kulit lebih lembut. Ah masa iya, soalnya saya juga pakai body butter dan menganggap selama ini body butter juga lebih lembut dari body lotion. Ternyata, banyak juga manfaat body serum yang belum saya ketahui.

Mengenal Body Serum
Formula body serum lebih ringan dibandingkan dengan body lotion dan body butter. Body serum ini cepat meresap di kulit karena mengandung molekul aktif dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Biasanya produk serum adalah water based, jadi kandungan di dalamnya seperti vitamin, antioksidan, latic acid dan glycolic acid mudah diserap kulit. Latic acid dan glycolic acid ini bekerja sama dengan fungsi untuk mencegah kulit kering serta kulit kasar. Serum mampu bekerja lebih dalam untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit. 

Kapan Menggunakan Body Serum
Sekarang banyak beredar produk body serum yang memiliki kandungan vitamin C tinggi untuk mencerahkan kulit. Kita bisa memilih produk dengan kandungan ini jika ingin menghilangkan kulit kusam. Hayoo siapa yang mempunyai problem kulit kusam?

Hanya saja, pemakaian body serum hanya dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Dan waktu lebih tepatnya lagi jika menggunakan body serum setelah mandi saat keadaan kulit tubuh masih basah, supaya body serum bisa menjaga kulit tetap lembap.

Manfaat Penggunaan Body Serum
Buat saya yang sering berada di ruangan ber-AC atau terpapar polusi udara, perlu juga mempertimbangkan menggunakan body serum. Terkadang nih, meskipun saya sering memakai body lotion, masih saja suka bikin kulit tangan menjadi kering, seperti nggak sehat gitu. Kemudian di bagian siku, seperti muncul bintik hitam, saya mengira kalau bintik-bintik itu karena tangan cukup lama bersandar dimeja kerja. 

Jadi, saya beberkan nih manfaat kalau kita rutin menggunakan body serum. 
Memperbaiki kulit secara mendalam
Sel kulit mati, flek hitam dan gangguan kulit lainnya cenderung muncul dari lapisan bawah kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi udara. Tekstur body serum yang lebih cari dibanding body lotion membuatnya mudah meresap hingga kulit paling dalam dan efektif untuk bekerja memperbaiki sel kulit yang rusak. Body serum ini juga akan merangsang pembentukan protective barrier alami dari kulit.

Kaya Kandungan Bahan Aktif
Kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin E dan kolagen jauh lebih banyak dari produk body care lainnya. Sehingga mampu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kasar, kulit kering, kerutan dan kulit kendur.

Mencegah Resiko Kulit Dehidrasi
Kandungan di dalam body serum yang terdiri dari air membuatnya bermanfaat untuk mencegah resiko kulit dehidrasi. Bukan hanya cuaca panas saja yang bisa membuat kulit kehilangan kelembapan alami, beraktivitas di ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan hal yang sama karena kelembapan udara yang rendah dan gampang membuat kulit jadi kering. 

Jadi, pilihan menggunakan body serum sebelum beraktivitas di tempat ber-AC bisa membantu mengatasi masalah kulit terhidrasi sepanjang hari.

Membantu Proses Regenerasi Kulit
Kulit nggak hanya membutuhkan proses eksfoliasi rutin untuk membuatnya terlihat sehat dan bercahaya. Tapi ternyata kulit juga membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga proses pergantian sel-sel kulit berlangsung lancar. 

Nah, kita bisa mendapatkan nutrisi untuk kulit secara maksimal dengan menggunakan body serum secara rutin. Produk body serum andalan kita pasti akan membuat kulit bebas kusam dan tampak glowing.

Meminimalkan Resiko Perubahan Warna Kulit
Nggak banyak dari kita menyadari kalau warna kulit bisa mengalami perubahan karena berbagai faktor, yaitu seperti pertambahan usia dan berbagai penyakit kulit yang nggak ditangani serius.

Resiko perubahan warna kulit bisa diminimalisir jika rajin menggunakan body serum. Manfaat body serum yang kaya nutrisi akan membantu mempertahankan warna kulit alami biar nggak kelihatan kusam.

Jadi nih buat teman-teman yang sering beraktivitas di ruangan ber-AC cobain juga memakai body serum biar kulitnya tetap terlihat sehat dan glowing gitu.

Sstt, bocorin dong produk body serum favorit kalian?

Comments

  1. Oh banyak juga manfaat body serum ya, bisa melembabkan kulit, memperbaiki kulit secara mendalam, banyak mengandung bahan radioaktif eh maksudnya bahan aktif, bisa meregenerasi kulit dan lainnya.

    Infonya bagus sih, cuma kok belum disebutkan harganya. Apa seharga sekarung beras mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau radioaktif bisa bahaya nanti mas Agus :D
      oya harganya sebenernya tiap brand bervariasi mas Agus, ada yang sekitar 20ribuan bahkan diatas 30ribuan juga ada

      Delete
  2. Waah, aku pikir selama ini cuma face serum aja yang penting, ternyata body serum nggak kalah penting wkwk. Kayaknya aku baru pernah coba 1x dari produk yang ada di minimarket karena waktu itu baru ada brand itu aja yang punya body serum. Kalau sekarang udah lebih banyak brand yang keluarin body serum ya Kak? Kak Inun pernah coba yang mana aja? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhhh dulu aku mikir juga ga perlu banget ini,sama aja gitu pikirku kayak lotion
      aku coba baru nivea hahaha, padahal banyak banget ya brandnya hehe

      Delete
  3. iiih mbaaakkk aku belakangan ini susah banget cari body serum yang okee
    mau ngilangin stretch mark huhu
    biasanya cuma pake lotion aja punya nivea yang botol biru itu enak aluuusss banget
    tapi kok nggak ilang ya stretch mark nya?
    trus aku coba produk lain yang mengandung vit c dan pokoknya di judulnya serum gtu
    eh tetep huhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake bio oil mbak, aku dulu sering baca review juga soal bio oil ini.
      penasaran juga sebenernya aku,, aku juga belum cobain hehehe

      Delete
  4. Aku g pake body serum, cuman wajib banget pakai body lotion dan sedia body butter atau hand cream di tas, soalnya seperti yang kamu ceritain, kita sama-sama kerja di ruang ber-AC dan efek pandemi ini jadi sering cuci tangan dan pakai hand sanitizer, kalau g dilembapin, rasanya kering kerontang nih kulit.
    Merknya sendiri, yang paling sering sih herborist, kalau lagi pingin yang seger-seger pakai body yogurt-nya TBS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhooo kok samaan mba pit, aku juga pake body yogurt
      aku kadang beli body butter yang kemasan kecil, biar bisa dibawa kemana mana dan ngga bikin tas berat. Karena kandungan body butter ini menurutku udah lembut bangett ngett

      Delete
  5. Aku gak pake body serum jadi gak bisa ngasi bocoran body serum favorit. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Aku pakai nivea serum, tapi sekarang udah berpindah ke lain hati "olay"

    Sebenernya nivea juga bagus, cuma aku udah suka produk olay cukup lama..
    Heheee... gak tetep penderian nih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. aha nggak apa mbak feb, aku kadang juga gitu, pendirian ga tetep, apalagi kalau nemu brand baru dan udah cocok gitu, suka berpaling hati hahaha

      Delete
  7. Waahh, aku kudet banget donk ya, sampe baru tahu kalau ada body serum. Selama ini only stick to body lotion. Paling jauh ke body butter. Heheehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku taunya ada body serum awalnya waktu liat di pajangan rak di supermarket mbak
      aku kira apaan itu ya fungsinya, secara garis besar sama seperti lotion juga

      Delete
  8. Body serum yg aku sering liat cuma Nivea sih. Mungkin kalo produk lain yg lebih mahal, ada tapi dijual di counter khusus kali yaaa. Jadi yg prnh aku coba sih Nivea memang mba. Tapi ntah kenapa ga terlalu puas Ama hasilnya. Maksudku, sama aja Ama lotionnya dalam hal melembabkan. Makanya skr aku ga pake lagi, dan ganti yg lain, tapi lotion bukan body serum. Soalnya buatku yg penting bisa melembabkan aja secara kulitku kering. JD kalo ga bisa ngelembapin maksimal, ya udah, bhaaay :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Fanny, menurutku juga hampir sama waktu make body serum sama body lotion.
      mungkin kalau dari segi tekstur, aku lebih ke body butter yang memang lebih pekat dan terlihat perbedaannya sama si lotion

      asal kulit tetep terlihat lembab dan halus sepanjang hari ya mba, yang penting bisa melembapkan apapun produknya

      Delete
  9. Kalau saya baru pakai body lotion aja nih, kadang juga malas hahaha.
    Tapi kalau kaki sih setiap malam pasti make body lotion.

    Seharusnya juga memang wajib diperhatikan ya, bukan cuman kulit wajah aja, tapi kalau kulit tubuh sehat dan kencang, juga kitanya asyik aja moodnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaa hehehe setuju mbak, kalau liat kulit tubuh sendiri sehat gitu, jadinya yang ngeliat meskipun kita sendiri, jadi ikutan seneng gitu.
      ga rugi beli intinya hehehe

      Delete
  10. Lama nggak mampir dimari hehe.. Aku gak pake body serum mba, kalo body lotin kadang2 pake. Mba Inun pakenya merk apa?

    djangki

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaaa, pejuang negatip kudu semangat ya mas isna
      aku serum nivea, tapi juga ga sering sering, masih suka pake lotion juga
      pakenya sesuka hati kadang mas isna.
      kalau sekarang pakai lotion :D

      Delete
  11. Hihi... iyah alhamdulillah udah negatif :-)
    aku pas berjemur gak pake body lotion, alhasil menggelap sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah nggak pake sunscreen mas Isna, pas baca-baca ada beberapa orang yang pake sebelum berjemur, aku mana sempet mikir harus pake sunscreen kalau mau berjemur. Lagian juga ga lama-lama banget dan ikhlas kalau agak hitam dikit, tapi bagus sih jadi cerah wkwkwkwk, menghibur diri sendiri ini ceritanya

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang