Say Hi to Disability : Aku, Kamu dan Mereka Sama

Saya percaya kalau sebagian besar masyarakat kita mempunyai jiwa toleransi yang besar, senang bergotong-royong dan peduli akan nilai-nilai adat budayanya. Dari kecil juga sudah diberi pelajaran untuk saling menghargai sesama apapun kondisinya, karena kita semua bersaudara bukan?

pengertian disabilitas

Nggak terlepas dari fisik kita yang sempurna ataupun kurang sempurna, semuanya adalah sama, sama-sama mempunyai hak dan kewajiban. Begitu pula dengan saudara-saudara saya penyandang disabilitas. Mengingatkan kembali memori teman-teman soal disabilitas nih yang mungkin sedikit terlupakan.


Yuk Kenalan Sama Teman-teman Disabilitas
Pengertian disabilitas yaitu orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga Negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Pengertian ini bersumber dari Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Nggak hanya dari satu undang-undang ini saja yang memberikan pengertian mengenai disabilitas. Menurut Resolusi PBB, penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang tidak mampu menjamin oleh dirinya sendiri, seluruh atau sebagian, kebutuhan individual normal dan/atau kehidupan sosial, sebagai hasil dari kecacatan mereka, baik yang bersifat bawaan maupun tidak, dalam hal kemampuan fisik atau mentalnya.


Jenis-Jenis Penyandang Disabilitas
Menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat, ada tiga jenis Penyandang Disabilitas, apaan aja? Ada yang tahu?

Cacat Fisik
Cacat fisik adalah kecacatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh, antara lain gerak tubuh, penglihatan, pendengaran, dan kemampuan berbicara.

Cacat Mental
Cacat mental adalah kelainan mental dan atau tingkah laku, baik cacat bawaan maupun akibat dari penyakit, antara lain: retardasi mental, gangguan psikiatrik fungsional, alkoholisme, gangguan mental organik dan epilepsi.

Cacat Ganda atau Cacat Fisik dan Mental
Yaitu keadaan seseorang yang menyandang dua jenis kecacatan sekaligus. Apabila yang cacat adalah keduanya maka akan sangat mengganggu penyandang cacatnya.

Asas dan Hak-hak Penyandang Disabilitas 

Ada empat asas yang dapat menjamin kemudahan atau aksesibilitas penyandang disabilitas yang mutlak harus dipenuhi, seperti :

Asas kemudahan, yaitu setiap orang dapat mencapai semua tempat atau bangunan yang bersifat umum dalam suatu lingkungan.
Asas kegunaan, yaitu semua orang dapat mempergunakan semua tempat atau bangunan yang bersifat umum dalam suatu lingkungan. 
Asas keselamatan, yaitu setiap bangunan dalam suatu lingkungan terbangun harus memperhatikan keselamatan bagi semua orang termasuk disabilitas.
Asas kemandirian, yaitu setiap orang harus bisa mencapai dan masuk untuk mempergunakan semua tempat atau bangunan dalam suatu lingkungan dengan tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

Kita Semua Sama
Menurut Undang-Undang Penyandang Disabilitas, mereka memiliki kekuatan hukum yang setara dengan masyarakat Indonesia lainnya. Selain itu, mereka juga berhak mendapatkan perlakuan yang sama dengan warga lain yang tidak memiliki kebutuhan khusus.

pengertian disabilitas

Kalian pasti pernah mendengar atau bahkan melihat sendiri keberadaan teman-teman penyandang disabilitas ini bekerja di sebuah gerai makanan atau café. Bahkan ada café yang sengaja mempekerjakan mereka dan kemampuannya pun nggak perlu diragukan lagi dalam hal melayani konsumen dan mempersiapkan makanannya. Yang jelas mereka sudah dilatih sebelumnya dan memiliki semangat kerja yang besar juga.

Untuk berkomunikasi juga sudah disediakan sebuah informasi sederhana semacam petunjuk penggunaan bahasa isyarat untuk bisa bercakap-cakap dan pesan menu makanan. Saya sendiri pernah mendapatkan seorang driver ojol yang mengaku tuna rungu, untuk memastikan pesanan saya tepat sasaran, dia mengirim pesan melalui sms. Luar biasa sekali ya semangat teman-teman penyandang disabilitas ini. 





12 comments:

  1. Betul mbak Ainun, kita semuanya sama sama makhluk ciptaan Allah SWT, jangan memandang rendah apalagi menghina disabilitas.

    Bagus juga tuh ada cafe yang mempekerjakan disabilitas, di daerah sini juga ada becak motor yang pengemudinya orang disabilitas, tentu saja becak motornya sudah dimodifikasi dulu sesuai keadaan mereka.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas agus, semua berhak bekerja sesuai kemampuan masing-masing. Tukang becak di tempat mas agus masih punya semangat kerja, bagus sekali ini

      Delete
  2. di sini kita bisa lihat, mreka juga ciptaan Tuhan yang sngat istimewa hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya malah ada di antara mereka yang pinter banget, belajarnya ngalah-ngalahi yang non disability

      Delete
  3. Kalau saya biasanya langsung teringat orang tuanya, dan salut sama kesabaran orang tuanya membesarkan mereka.
    Tidaklah mudah membesarkan dan menyemangati anak disabilitas.

    apalagi setelah dewasa, bisa bekerja dan produktif, dibalik itu pasti ada orang tua yang luar biasa, sehingga anaknya bisa tumbuh optimis dan semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku padamu mbak reyy :) bener mbak, aku kalau lewat SLB disini mikir "hebat banget orangtuanya sanggup membesarkan sampe sekolah gini". kudu sabar, telaten dan perhatian.

      kalau anaknya udah sukses, orangtua mana yang nggak ikutan bangga

      Delete
    2. Banget Mba, saya sering banget memikirkan hal demikian kalau pas lagi emosi, lagi capek, kesal.
      Terus buru-buru bersyukur, apa yang saya alami ini belum ada seberapa dengan yang dialami orang tua hebat yang membesarkan anak-anak disability.

      Orang tua seperti mereka, ya kudu melawan kesedihan hatinya, kudu semangat demi menyemangati anaknya.
      Jadi malu banget kalau masih mau ngeluh juga rasanya :(

      Delete
    3. aku pribadi sekarang ngurangin ngeluh mbak, baca berita soal keluarga yang kurang mampu beli makan saja bikin aku mewek

      Delete
  4. Semakin ke sini, semakin banyak perusahaan atau business yang mempekerjakan orang-orang penyandang disabilitas. Karena faktanya, banyak dari mereka yang berkualitas juga meski memiliki sedikit keterbatasan :)

    Dan memang sudah seharusnya kita merangkul mereka ya mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuu sekaliiii sama mbak creameno, kadang nih semangat mereka justru lebih gede daripada aku

      Delete
  5. Hai Ainun, salam kenal.
    Judul tulisan kamu menarik nih. Emang kita semua sama, aku setuju. Tiap orang, baik yang normal maupun yang disable punya nilai plus dan minus-nya masing-masing, dan tentunya kita saling melengkapi satu sama lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kaka dini,
      iya kita semua sama di mata Tuhan, jadi kadang ada rasa "rumput tetangga lebih hijau", coba balik lagi ke diri sendiri dan berkaca. Ohh saya bisanya dan mampunya sampai segini, mereka bisa sampai segitu karena punya kelebihan yang nggak saya miliki. Dicoba berpikir positif saja

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni