Bersantai di Pulau Komodo

Labuan Bajo. Mendengar nama kota ini disebut, pasti yang terlintas dipikiran adalah Pulau Komodo. Yipii, bener banget. Saya dan rombongan menuju ke pelabuhan sekitar jam 8 pagi, maklum waktu itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga kita harus menunggu awak kapal selesai sholat Id.

Tujuan pertama saya adalah Pulau Kelor. Untuk mencapainya dari pelabuhan membutuhkan waktu sekitar 2 jam-an. Rasanya lamaaa sekali, tapi nggak ada bosen-bosennya, lha wong pemandangannya aja ajib. View yang tepat untuk mengambil foto yaitu dengan mendaki bukit. Puas-puasin untuk foto senarsis-narsisnya sebelum kembali turun.
View Pulau Kelor dari puncak bukit
Santai dulu disini
Ayoo renang-renang disini
Berjemur matahari
Perjalanan selanjutnya  yaitu ke Loh Buaya atau Pulau Rinca. Setelah diskusi cukup lama, saya dan rombongan memilih short trek. Tidak jauh dari bagian tiket, dibawah salah satu bangunan terlihat beberapa komodo yang tidak terlalu besar dan tampaknya dia tertidur. Berjalan ke bagian belakang, di dekat penginapan, malah lebih banyak lagi komodonya dengan ukuran yang lebih besar. Ranger mewanti-wanti untuk tidak terlalu dekat mengambil gambar dengan hewan tersebut.
Mau nemuin komodo dulu
Komodonya lagi leyeh-leyeh
Ranger memberi penjelasan soal jalur trekking
Action dulu
Naik ke atas bukit, hamparan rumput kering kekuningan menyegarkan pandangan mata, view di sekitar Pulau Rinca keren banget, takjub melihat pemandangan dari atas bukit. Perfect.
View dari atas Pulau Rinca
Aku terbanggg
Di pertengahan jalan, ranger tiba-tiba menyuruh rombongan saya untuk tidak ramai, karena kita bertemu dengan komodo yang sedang berjalan di lintasan trek. Ternyata si komodo ini menuju ke bawah pohon dan mulai membuat semacam galian untuk dia huni.

Sesuai dengan jalurnya, short trek, tentu saja perjalanan tidak membutuhkan waktu lama, tiba-tiba sudah sampai lagi di tempat pertama saya memulai trekking. Tidak jauh dari tempat pembelian tiket, terdapat gazebo yang menjual souvenir khas Komodo, mengenai harganya, cukup mahal disini.

Perjalanan hari kedua di kepulauan Komodo dilanjutkan menuju Pulau Komodo atau Loh Liang. Saya dan rombongan sempat melihat bayi komodo bertengger di atas pohon  Disini, saya bertemu juga dengan rusa yang berkeliaran bebas di alam. Selanjutnya, saya tiba di Fregata Hill, dari sini kita bisa melihat dermaga Pulau Komodo.

Dermaga Pulau Komodo dari Fregata Hill

Di Pulau Komodo, populasi komodonya lebih banyak dan berkeliaran semaunya, tentu saja Ranger berkali-kali mengingatkan untuk waspada. Berhubung saya capek jalan, saya pun duduk jongkok di bawah pohon sembari memperhatikan teman-teman saya yang sedang asyik memotret hewan-hewan itu. Ehhh tiba-tiba si Ranger lagi-lagi bilang “jangan duduk disitu, nanti tiba-tiba komodonya muncul dari arah belakang nggak tau”. Ya sudah saya kembali berdiri dan berbaur dengan teman-teman yang lain.

Perjalanan berlanjut menuju ke Pink Beach. Akhirnya rasa penasaran akan pantai pink yang terkenal itu terobati juga. Untuk menuju ke daratan, saya dan rombongan harus berenang karena kapal tidak bisa mendekat. Saya pun tidak naik ke atas bukit, karena asik dengan foto-foto, main air dan snorkeling. Pemandangan bawah air di Pantai Pink ini keren banget, harus ke sini lagi.
Pantai Pink dari kejauhan
Puas di Pink Beach, kapal bergerak menuju ke Pulau Kanawa. Di Pulau Kanawa ini tersedia banyak penginapan, kalau mau bangun tenda boleh juga. Saya sempat melihat beberapa turis yang mendirikan tenda. Nggak banyak aktivitas yang saya lakukan disini, snorkeling sudah bosan, jadinya hanya memandang beningnya laut dari gazebo dan bersantai di hammock, beberapa teman saya ada yang memilih untuk menaiki bukit dan melihat keindahan Pulau Kanawa dari atas.

Ngomongin soal Pulau Komodo nggak ada habisnya, tapi kalau hanya sekedar tulisan kayaknya kurang seru. Jadi tunggu apalagi, kemasi barang-barangmu, beli tiket dan meluncur ke Labuan Bajo.

Ayo ke Komodo

Comments

1. Mba Ainun,

Boleh tau waktu berkunjung ke Komodo bulan apa ya?

1. hi ms lukman, waktu aku kesana bulan Agustus

2. waahh.. keren tuh pulau komodo

ReplyDelete
  3. akhirnya bisa comment juga :)

belum kesampaian ke komodo / rinca nih, padahal udah pernah LOB semalam di perairan TN Komodo, cuma ke pulau kalong doang. semoga next ada kesempatan buat main kesini. itu view pulau kelor dari puncak bukit nya kece!

4. Aminn, semoga bisa kembali secepatnya ke Labuan Bajo. Iya kaka, pulau kelor dari atas menakjubkan #tsaahh

5. foto-fotonya bikin ngileeerrrrr :O

Replies
    1. iya mas ikhwan, di labuan bajo maupun komodo viewnya nggak ada yg jelek2. Bikin narsis sis sis

Delete
  6. Lha kog apik! Ini pas kemarau ya?

1. pas bulan agustus ms efenerr, pas ke sana nggak nemuin hujan sih

7. wah lebaran di komodo :D
    yg di dekat komodo itu Pulau Kanawa mbak, klo Kenawa ada di dekat dermaga Pototano Sumbawa, biar ga kebalik,hehe

8. Alamak..
    Saya dari dulu pengen banget ke pulau Komodo mba, tapi blm kesampean, hiks2
    Mudah2an segera ya
    Aamiin..

Salam kenal saya Razi

9. Hai Razi salam kenal balik
    aminnn, mudah2an segera kesana ya. Aku dulu juga gitu kok, ada niat pasti ada jalan. Rajin menabung ya