Belanja Online ? Siapa Takut !!!

6:37 PM

Berbelanja secara online awalnya pasti akan muncul rasa was-was, takut ketipu, saya pun juga merasakan hal seperti itu. Lambat laun tren berbelanja online makin besar, adanya toko-toko yang biasa disebut online shop mulai menjamur. Informasi mengenai belanja online pun saya dapat ketika blogwalking sejak tahun 2009. Hanya saja waktu itu saya lebih senang melihat langsung barang yang akan saya beli seperti datang ke toko, butik maupun mall, sehingga bisa menilai sendiri kualitas barangnya. 

Berhubung semakin lama saya susah mengatur waktu untuk sekedar window shopping, saya pun lebih memilih untuk berbelanja secara online. Terkadang, saat saya ingin membeli buku dan hunting ke Gramedia atau Toga Mas, ternyata buku yang saya cari tidak tersedia. Nggak habis akal dong, saya pun follow twitter penerbit buku-buku tersebut dan mulai searching di website penyedia beragam jenis buku seperti www.kutukutubuku.com. Ada plusnya belanja online di website penyedia buku-buku tersebut, seperti saya sudah bisa baca buku duluan sebelum bukunya beredar di toko buku plus dapat edisi tanda tangan dari penulisnya, seperti saat membeli buku Trinity Traveler edisi IV.
Selanjutnya, saat www.bukukita.com membuka Pre Order buku Benabook, saya pun juga memesannya secara online plus dapat edisi tanda tangan dari si penulis. Kelar membaca beberapa minggu ehh di Gramedia sudah nongol bukunya. Dan yang pasti saya sudah  baca duluan dong.
Buku yang dibeli online
Doyan belanja online pun semakin “menggila”, terutama saat ada promo dari maskapai penerbangan. Yup, sudah setahun lebih saya memilih membeli tiket pesawat langsung ke website resmi maskapai tersebut. Awalnya adalah saat maskapai Citilink membuka tiket promo ke destinasi Banjarmasin, hanya dengan kocek kurang lebih Rp. 150 ribuan saya sudah dapat tiket PP. Dan semakin lama, semakin banyak saja maskapai yang berlomba-lomba merayu pelanggannya dengan promo gilanya, seperti www.airasia.com, dan saya juga nggak mau ketinggalan dengan promo-promo seperti itu. Terkadang memang ada beberapa ketentuan yang diberlakukan oleh suatu maskapai, bahwa promo penerbangan hanya berlaku untuk pembelian secara langsung di websitenya. Meskipun tidak berlaku saat promo, saya juga masih tetap melakukan transaksi online di website www.merpati.co.id baru-baru ini. 

Transaksi online lain yang pernah saya lakukan yaitu saat melakukan pemesanan hostel via www.hostelworld.com, dengan adanya website seperti ini mempermudah saya untuk booking kamar hostel agar pada saat datang di lokasi tujuan tidak perlu direpotkan lagi dengan mencari penginapan. 

Transaksi pembayaran online shop juga semakin dipermudah, calon konsumen diberi pilihan untuk melakukan pembayaran via transfer ATM ke nomor rekening dari website yang bersangkutan bisa juga dengan internet banking. Untungnya selama ini saya bertransaksi online pun tidak pernah mengalami kendala yang besar, asal berbelanja di website resmi suatu toko dan terpecaya, kita nggak perlu takut ketipu, kalau perlu baca testimony dari pembeli lain yang sudah belanja di website tersebut. Belanja online pun menjadi mudah, kapan dan di mana saja.




2 comments:

  1. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway.

    Yes! Tercatat sebagai peserta :D

    ReplyDelete
  2. Sebagai konsumen, kita mesti pandai2 memanfaatkan promo2 yang ditawarkan :D

    Terima kasih sudah ikutan Arr Rian Giveaway ya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

Powered by Blogger.