Melaka : Love at The First Sight


Melaka, destinasi wisata yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage City. Untuk menuju kesana sebenarnya cukup mudah. Hanya saja waktu saya kesana, petunjuk yang saya jadikan acuan terlalu banyak, baik itu dari  baca buku maupun blogging kesana-kemari, alhasil rute pun mondar-mandir. Sekali lagi terima kasih buat blog mbak Noerazkha, Mas Fahmi dan Mas Ari. Dari LCCT saya masih naik Skybus menuju KL Sentral (RM 9), dari sini masih ribet bertanya jalur ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) yaitu dengan Komuter. Terminal TBS sendiri bersih, mirip mall, meskipun antri berderet-deret waktu beli tiket, tidak terlalu panas dan gerah. Kalau saya lihat ke peta lagi, ternyata cukup makan waktu dengan mondar-mandir itu tadi.  Dan sebenarnya ada bus langsung dari LCCT ke Melaka. 

Bus menuju Melaka
Antrian yang cetar membahana
Perjalanan selama 2 jam dari TBS – Terminal Melaka Sentral terasa sangat cepat. Dengan harga tiket bis Konsortium (RM 11) dan formasi tempat duduknya 2-1. Cukup nyaman dan tidak terlalu penuh dan bis berangkat sesuai dengan jadwalnya. Sepanjang perjalanan, saya mengisinya dengan tidur. Sesampainya di terminal Melaka Sentral, kondisi cuaca sedang tidak bersahabat alias turun hujan. Dari terminal Melaka ke penginapan di Lorong Hang Jebat, saya dan tiga sahabat mbolang memutuskan untuk naik taksi saja (RM 20) dibagi berempat. Jatuhnya tidak terlalu mahal per orangnya. Kenapa memilih taksi ? Karena kita bosan sudah berkali-kali ganti naik bis dari awal perjalanan di LCCT dan ingin segera merebahkan tubuh di penginapan walaupun hanya sebentar plus wajah sudah tampak kuyu. Memasuki kawasan Jonker Street jalanan tidak terlalu lebar dan sempit. Cukup makan waktu juga untuk berputar-putar menuju Lorong Hang Jebat. Sesampainya di depan penginapan Voyage Cottage kita turun. Kaget !! Ya, karena hostel yang saya pesan di hostelworld.com fotonya tidak sebagus yang saya lihat saat itu. Ini aslinya tampak dari luar keren. Ternyata memang bukan itu penginapan saya, manajemennya saja yang jadi satu.
  
Explore kawasan Stadthyus pada saat itu diluar perkiraan saya, turis terlihat memadati kawasan tersebut. Ternyata di Malaysia sedang libur Imlek. Hari pertama di Melaka saya mengexplore :
  • St. Francis Xavier, gereja tua di daerah Melaka. Bangunannya bergaya kolonial yang masih   dipertahankan sampai saat ini. Berjalan terus menyusuri Melaka River sampai menemukan gedung Merah / Stadthyus
  • Kawasan Stadtyus. Di area ini terdapat Christ Church Melaka, terdapat aturan untuk tidak mengambil gambar di dalam gereja. Di depan gereja ini terdapat air mancur dan taman yang teduh buat sekedar nongkrong. Berjalan terus saya menemukan seperti reruntuhan benteng dan meriamnya yang masih berdiri kokoh ditempatnya dan disebelahnya terdapat Kincir Air Raksasa ( Kincir Air Kesultanan Melayu Melaka )
  • Menyusuri jalanan di Melaka, kembali saya menemukan Muzium Jabatan Kastam Diraja Malaysia dan disebelahnya terdapat Muzium Samudra.  

Melaka River





Muzium Samudra


Enjoy the night life at Melaka River
        
Saya pun memilih menghabiskan sore hari dengan nongkrong disini sebelum akhirnya memutuskan untuk mengexplore kawasan Jonker Street. 

Comments

  1. Dear Mbak Ainun,
    1. menurut anda mana yang lebih bagus dan menarik antara P.Penang atau Malaka.
    2. Tiket kereta Penang Hill (PP) digunakan untuk hari yang sama atau bisa digunakan untuk hari berikutnya

    Terima kasih untuk berbagi cerita dan jawaban atas pertanyaan saya.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas atau Mbak ya?
      1. Kalo menurut aku Melaka dan Penang sama bagusnya. Krn sama-sama masuk ke Unesco World Herritage. Banyak bangunan2 kuno/tua yg masih bagus
      2. Tiket penang hill nya hanya bisa digunakan dalam waktu satu hari saja

      Delete
  2. Halo mba..
    Saya juga ada rencana menginap di voyage cottage..
    Apakah hostel tsb oke mba.?
    Kebetulan sy mencari hostel yg berada di pinggirsungai melaka..apakah di hostel ini terdapat teras yang menghdp ke sungai?

    Satu lagi pertanyaan mba..saya menuju melaka dari genting..apakh mba tau..transportasi apa yang dapat kami gunakan..?
    Terima kasih mba ainun :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang