Pulau Merah "Surga Tersembunyi di Banyuwangi"


Saya tidak menyangka kalau di Banyuwangi terdapat lokasi wisata bernama Pulau Merah, ini baru pertama kalinya saya mendengar nama itu meskipun berkali-kali ke Banyuwangi. Lokasi wisata ini masuk dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran. Dari Desa Sumbermulyo, perjalanan masih dilanjutkan kurang lebih 30 menit, dengan kondisi jalan yang lumayan membuat badan pegal di dalam mobil. Di depan jalan masuk terlihat beberapa mobil di depan saya berhenti di pos penjagaan, agak aneh juga masuk ke pantai harus melewati penjagaan petugas ”seketat itu”. Dan ternyata konon di sana terdapat lokasi penambangan emas. Sehingga, setiap siapa saja yang masuk ke tepat wisata itu akan diperiksa oleh petugas jaga.  Dan untuk menuju ke lokasi penambangan emas terdapat jalan yang berbeda dengan jalan menuju Pulau Merah. 


Kondisi di Pulau Merah ini masih alami, tidak banyak pengunjung yang datang kesana, waktu itu hanya rombongan saya dan 2 mobil yang datang bersamaan dengan saya. Warung-warung penjual makanan juga tidak banyak, hanya 2 warung saja serta kawasan rumah warga, sepertinya bukan rumah warga yang berada di dalam kawasan Pulau Merah melainkan seperti rumah petugas Dinas terkait. 





Ombak disini cukup besar, karena garis pantai ini jadi satu dengan Pantai Plengkung Banyuwangi yang sangat dikagumi oleh surfer mancanegara. Pada saat liburan pengunjung yang mengunjungi Pulau Merah ini terbilang sedikit, hal yang menjadi faktor utamanya adalah akses untuk menuju ke sana. Sekedar untuk melepas kepenatan, berwisata ke Pulau Merah bisa menjadi alternatif liburan yang murah meriah.

Comments

  1. wahhhhhhhhhhhhhhhhhh ini bener2 pink kayak pink beach di komodo?
    penasaran aku... dari banyuwangi pasti nggak ada angkutan umum ya? *pake nanya, hahaha*

    ReplyDelete
  2. jauh masuknya mas. waktu aku ke sana jalannya rusak. sekarang sdh baik denger dari orang banyuwangi sih. angkutan enggak ada hehe. Kalo dibandingin sama pink beach mending pink beach :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyuwangi punya mirip2 pink beach, btw yg surfing di plengkung banyak ngak ???? kata nya ombak nya bisa 7 lapis

    ReplyDelete
  4. Kalau masih sepi, apa nggak serem ?

    ReplyDelete
  5. sekarang udah nggak sepi lagi di daerah situ, kecuali malem2 di pantai sendirian hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang