[REVIEW] Wake Up Homestay Yogyakarta

Banyak sekali tujuan destinasi untuk sekedar menghabiskan liburan singkat di akhir tahun. Sama seperti yang saya lakukan, sehari sebelum libur akhir tahun, ”otak” saya mendadak mengajak untuk liburan ke Yogyakarta. Hanya berbekal tiket kereta api yang dibeli malam sebelumnya, saya melenggang kangkung dengan kereta Eksekutif Argo Wilis tujuan Surabaya – Yogyakarta yang hanya ditempuh dalam waktu 4 jam saja.

Kesalahan yang saya lakukan adalah tidak melakukan booking sama sekali mengenai penginapannya. Alhasil, sesampainya disana muter-muter naik becak buat nyari hotel dan hampir semua hotel penuh, terutama yang berada di lokasi strategis Malioboro. Dan karena nggak ada perjanjian sebelumnya dengan tukang becaknya, saya kena tarif yang lumayan menohok hahaha.

Ketika melintasi Jalan Sosrowijayan, tepatnya di ujung jalan yang bukan bertepatan langsung dengan Malioboro, pandangan saya langsung tertuju pada bangunan minimalis bernuansa hijau dengan tulisan di dinding kaca ”Wake Up Homestay”. 
Sofa di Lobby yang nyaman banget
Meja Resepsionis
Tampak Depan
Segera saya masuk dan menemui resepsionis di lobby.
” Siang, apa ada kamar yang masih kosong? ” tanya saya pada mas-mas Jawa yang kalem itu
” Masih ” jawabnya ramah
Si Mas mulai menerangkan bahwa type kamar yang ada di Wake Up Homestay berkonsep dorm dan shared bath room.
” Wahhh asik nih ” pikir saya
Tanpa ba bi bu lagi, saya langsung pesan 1 bed di Female Dorm yang berisikan 4 bed.

Yang membuat saya terkesan dengan Homestay ini, bersih banget dari lobby sampai ke lantai 2 maupun 3. Desain interiornya modern dan tertata apik dengan tambahan lukisan di salah satu dindingnya. Di Lobby terdapat satu meja kecil dengan teko listrik dan wadah roti tawar yang digunakan tamu hostel untuk breakfast. Dekorasi yang minimalis layaknya hostel-hostel di Luar Negeri.
Persediaan untuk breakfast tamu hostel

Terus breakfast-nya ? Ya seperti hostel umumnya, hostel ini menyediakan roti dengan beragam rasa selai dan pilihan minuman teh maupun kopi.

Female Dorm tempat saya tidur berada di lantai 2. Ukurannya memang tidak terlalu luas, tapi nggak menjadi masalah buat saya. Tiap tamu mendapat fasilitas kunci loker yang berada di samping tempat tidur, handuk dan gantungan baju. Sedangkan di masing-masing bed terdapat colokan listrik yang bebas mau digunakan sepuas hati. Harga yang ditawarkan yaitu sebesar 175K. Harga yang cukup bersahabat.
Bunk Bed

Lampu baca dan colokan listrik ada di tiap-tiap bed
Selain Female Dorm, terdapat juga Private Room yang bisa diisi hingga 6 orang dengan harga 750K. Kalau datang beramai-ramai shared cost-nya nggak terlalu mahal juga kan?
AC di kamar pun menyala dengan sangat baik dan sukses membuat saya dan teman sekamar kedinginan. It works.

Bagaimana dengan Bath Room ?
Bath room terdapat di tiap lantai dan dibedakan antara cowok dan cewek #yaiyalah. Shower room dan toilet pun terpisah dengan jumlah 3 room yang pastinya nggak akan bikin tamu hostel mengantri cukup lama dan yang penting bersih.
Wastafel

Wastafel lengkap dengan Hand Soap

Shower Room

Di Hostel ini juga terdapat rooftop yang nantinya digunakan buat sekedar duduk-duduk manis dan bercengkrama dengan tamu hostel yang lain, karena penasaran saya pun naik ke rooftop. Sayangnya saat saya menginap disana, masih dalam tahap renovasi.
View dari Rooftop
Area Rooftop yang masih direnovasi
Yang saya suka selain hostelnya yang nyaman dan bersih adalah staffnya yang  friendly dan menyenangkan untuk diajak sharing soal tempat wisata di sekitar Yogyakarta. Buat yang nyari suasana beda dari hotel-hotel lainnya, Wake Up Homestay bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik.


Wake Up Homestay
Jl. Gandekan Lor No. 44
Yogyakarta
Phone : (0274) 514762
Twitter : @wakeuphomestay
Web : www.wakeuphomestay.com

Comments

  1. wah! asik banget dekor nya.
    cukup segar dan anak muda banget ya, keren deh ini wake up homestay :))
    dan sepertinya sangat nyaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Jeverson, dekornya bikin nyaman dan betah :)

      Delete
  2. kelihatan nyaman home staynya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Keke, nyaman banget kok penginapannya

      Delete
  3. makin banyak ya penginapan yang nyaman dan jadi pilihan di Jogja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas efenerr, bener itu. saking banyaknya bingung mau nginep dimana. pengen dicobain semua

      Delete
  4. Bersih dan rapi. Apalagi shower roomnya. Bahkan cuma 175K, Itu yg penting sih :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang